Wednesday, 14 August 2019

10 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Nanas - Seperti halnya buah lain nanas juga merupakan buah yang kaya akan manfaat untuk tubuh. Buah nanas memiliki rasa yang segar, manis dan sedikit asam. Nanas memiliki serat yang sangat baik untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Apakah nanas hanya memiliki mafaat yang telah disebut diatas, tentu saja tidak, masih banyak lagi manfaat dari mengokonsumsi nanas, berikut penjelasaannya:

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

1. Melawan Radikal Bebas

Nanas kaya akan vitamin C, seperti yang kita tahu vitamin C sangat bermanfaat dalam melawan radikal bebas dan mencegah masuk kedalam tubuh yang dapat menyebabkan gangguan pada kuli dan juga organ dalam.

Mengkonsusi nanas dapat membantu mencegah radikal bebas, sehingga kemungkinan terjadi kerusakan pada tubuh dapat di minimalisir dan juga dapat mencegah mutasi sel.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Potasium pada terkandung dalam nanas yang dapat menyeimbangkan kandungan air pada tubuh. Kandungan air dapat kacau jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung sodium atau garam. Penyeimbangan air dalam tubuh dapat mengindarkan resiko hipertensi.

Vitamin C juga dapat mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah seperti penebalan atau penymbatan akibat kolesterol.

3. Membantu Menurunkan Kadar Lemak

Buah nanas mengandung gula alami yang tubuh. Nanas dapat menjadi alternatif cemilan manis yang dapat membuat perut lebih kenyang. nanas juga dapat membuat pembakaran lemak dalam tubuh berjalan lebih lancar.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C dan serat juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan atioksidan  akan memicu tubuh selalu siaga terhadap berbagai serangan seperti serangan bakteri, jamur dan virus. Nanas segar juga dapat mencegah flu, dan saat cuaca panas tubuh akan selalu segar dan sehat.

5. Membuat Tulang Lebih Sehat

 Nanas mengandung senyawa mangan yangs sangat baik untuk kesehatan tulang dan juga tendo dari otot yang mengelilinginya.

6. Menyehatkan Mata

Selain Vitamin C, nanas juga mengandung Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

7. Mencegah Terbentuknya Sel Kanker

Radikal bebas dapat menyebabkan terjadinya kanker, radikal bebas dapat berupa asap rokok yang mengandung racun atau partikel bahaya lainnya. Partikel tersebut biasanya dapat memicu terjadinya abnormalitas  pada sel sehingga kanker terbentuk.

8. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang telah disebutkan diatas, dengan rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti nanas dapat membuat pencernaan lebih sehat dan lancar.

9. Mengobati Arthritis

Khasiat buah nanas mampu mengurangi radang sendi dan otot, terutama yang berkaitan dengan radang sendi. Ini mengandung enzim proteolitik langka yang disebut bromelain, yang terutama membantu dalam pemecahan protein kompleks dan memiliki efek anti-inflamasi. Boleh saja mengonsumsi suplemen Bromelain atau enzim nanas, tetapi sebaiknya diminum di bawah pengawasan medis.

10. Mengontrol Diabetes

Buah nanas mengandung banyak serat, adalah makanan yang bagus untuk penderita diabetes. Bagi mereka yang menderita diabetes tipe 1, ini akan membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah tinggi. Pada penderita diabetes tipe 2, itu menghasilkan peningkatan gula darah, insulin, dan tingkat lipid. Namun, ada sejumlah gula yang hadir, jadi batasi asupan Anda untuk menghindari efek buruk.

Nah, itulah Khasiat buah nanas yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Semoga bisa digunakan sebagai rujukan ya, Teman Sehat!


 
 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

0 komentar:

Post a comment