Thursday, 20 February 2014

Pengertian Manfaat Daun Sirih Hijau


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh


Pengertian Manfaat Daun Sirih Hijau - Daun Sirih atau dalam bahasa latin Piper betle merupakan jenis tumbuhan yang tumbuh merambat. Daun dan buahnya dapat dimakan bersama kapur, pinang dan gambir. Sirih dapat digunakan untuk obat. (fitofarmaka).


 Pengertian Manfaat Daun Sirih Hijau


Minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol),  pati, seskuiterpen, gula, diatase, dan zat samak dan chavicol yang mempunyai kemampuan mematikan kuman, antioksidasi dan  anti jamur, fungisida. Sirih Dapat juga menghilangkan bau badan yang ditimbulkan oleh candawan dan bakteri. Selain itu daun sirih mempunyai sifat menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit dan gangguan pada pencernaan. Daun sirih juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, menghentikan pendarahan dan hemostatik.


Daun sirih dikenal dengan berbagai macam nama diantaranya Betel, Betelhe, Vitele (Portugal), Betel (Perancis),  Seureuh (Sunda), Suruh, Sedah (Jawa),dan Ju jiang (China).


Tanaman daun sirih dapat tumbuh hingga 15 meter. Batang siring berwarna bebentuk bulat, beruas, berwarna hijau dan pada ruasnya tumbuh akar. Daunnya berbentuk jantung dan tunggal tumbuh berselang-seling, berbentuk runcing, bertangkai, dan mempunyai aroma yang sedap jika diremas.


Selain manfaat-manfaat yang telah saya sebutkan diatas, daun sirih juga bermanfaat menyembuhkan macam-macam penyakit diantaranya mimisan, diare, sakit gigi, alergi, bronkitis, keputihan dan sifilis. Dan berikut cara penggunaannya untuk menyembuhkan masalah yang telah saya sebutkan diatas: 




Pengertian Manfaat Daun Sirih Hijau



Mimisan (Keluar darah dari hidung)
Sediakan satu (1) lembar daun sirih lalu gulung dan tekan hingga kelur minyaknya kemudian gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah.


Diare
Sediakan daun sirih 4-6 lembar, satu (1) sendok minyk kelapa, dan 6 biji lada, tumbuk semua bahan sampai halus, lalu gosokan tumbukan tersebut pada perut. Ulangi hal ini sampai sembuh.


Sakit gigi
Rebus daun sirih dengan satu gelas air sampai mendidih lalu biarkan sampai dingin. Gunakan rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur, lakun sampai sembuh. Atau sediakan 2 lembar daun sirih lalu remas bersama garam secukupnya lalu seduh campuran tersebut dengan air panas aduk sampai larut biarkan sampai dingin dan gunakan untuk berkumur.


Alergi. 
Sediakan 6 lembar daun sirih, 1,5 sendok minyak kayu putih, 1 potong jahe kuning. Tumbuk semua bahan hingga halus secara bersamaan, setelah halus gosokan pada bagian yang terkena Alergi (gatal).


Bronkhitis 
Sediakan 7 lembar daun sirih dan  satu (1) potong gula batu. Rajang haalus daun sirih, lalu rebus bersama gula batu dengan 2 gelas air hingga mendidih. saring rebusan biarkan dingin minum 3 kali sehari masing-masing 3 sendok makan.


Keputihan
Siapkan 7-10 lembar daun sirih lalu rebus dengan 2m5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat gunakan untuk membersihkan  dan membasuh.


Sifilis. 
Sediakan 25-39 lembar daun sirihbersama tangkainya, garam dapur secukupnya dan 1/4 kg gula aren. Rebus semua bahan denga 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Diminum 3 kali 1 hari secara terus menerus.


Inilah pengertian manfaat daun sirih hijau yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat terimakasih. (berbagai sumber/ri)


Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Manfaat Daun Sirih Hijau

0 komentar:

Post a Comment