Sunday, 6 March 2016

Macam Macam Penyakit Hidung

Macam Macam Penyakit Hidung - Hidung merupakan saluran pernapasan yang berguna untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, hidung juga berfungsi untuk indra penciuman. Hidung bukan hanya itu hidung juga berguna untuk menunjang penampilan.


Macam Macam Penyakit Hidung


Didalam hidung terdapat rambut halus yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk sehingga partikel debu tidak ikut masuk kedalam paru-paru. Hidung memiliki fungsi sebagai resonasi suara. Untuk itu Anda harus selalu menjaga kesehatan hidung agar dapat berfungsi dengan normal. Berikut macam-macam penyakit pada hidung seperti yang dijelaskan di livestrong.com


Deviated Septum
Hidung memiliki sekat yang memisahkan antara dua lubang hidung yang disebut septum. Pada orang normal sekat ini akan membagi dua dengan sama rata besar lubang hidung. Namun pada kasus abnormal sekat ini membagi lubang hidung dengan tidak sama nesar. Pada kasus yang ringan hal ini tidak mempengaruhi pernapasan namun pada tingkat yangs serius dapat mengganggu pernapasan.


Rhintis
Ini merupakan penyakit pada hidung yang disebabkan peradangan dan pembenkakan pada jaringan lendir yang disebut rhintis. Rhintis yang parah biasanya disebabkan oleh virus sedangkan rhintis yang ringan disebabkan oleh alergi. Rhintis memiliki gejala yaitu bersin, hidung tersumbat, mata berair, demam ringan dan batuk. Pengobatan yang dapat dilakukan adalah denga menggunakan humidifer.


Polip
Gangguan penyakit hidung yang satu ini pasti Anda sudah sering mendengarnya atau paling tidak sekali atau dua kali. Polip merupakan penyakit pada hidung berupa pertumbuhan jaringan yang berlebih pada bagian dalam hidung. Dan biasanya terdapat pada bagian hidung bagian atas dan dapat tumbuh membesar. Jika polip dibiarkan saja akan bertambah besar dan dapat mengganggu pernapasan. Penyakit ini ditandangi dengan turunnya daya pemciumnan dan ingusan. Untuk mengobati polip diperlukan operasi agar tidak mengganggu pernapasan.


Tidak hanya itu saja masih ada beberapa penyakit hidung yang lainnya yaitu sebagai berikut:



Macam Macam Penyakit Hidung


Salesma (Cold) dan Influenza (Flu)
Flu merupakan gangguan saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus, yang pada umumnya menyebabkan batus, pilek, sakit pada leher dan sebagian orang akan mengalami panas dan nyeri pada persendian dengan diserti pusing. Pada anak-anak flu dapat disertai dengan mencret ringan. Flu dapat sembuh dengan sendirinya tanpa obat, jika Anda ingin flu segera sembuh anda dapat menggunakan obat alami yaitu sup ayam dan jangan menggunakan obat seperti penicillin, tetracyline, atau antibiotik lainnya karena obat-obatan ini bisa membahayakan tubuh, berikut tisp pada saat terserang flu:




  • Hindari minuman dingan

  • Perbanyak minum air hangat

  • Perbanyak istirahat

  • Perbanyak konsumsi Vit C

  • Makan sop ayam juga dapat membantu penyembuhan flu


Jika flu berlangsung selama lebih dari 1 minggu kemungkian penderita mengalami peradangan pada caang tenggorokan(bronchitis) atau radang paru-paru (penumonia)


Hidung tersumbat/ pilek
Alergi dapat menyebabkan hidung tersumbat atau bahkan pilek. Jika hal ini terjadi pada anak-anak dapat menyababkan infeksi telinga. Dan pada orang dewasa dapat menyababkan sinus atau peradangan yang berlangsung lama. Cara mengatasinya:




  • Gunakan upa panas lalu hirup uap tersebut.

  • Jangan menghembuskan ingus terlalu kuat karana dapat menyababkan infeksi telinga bahkan sinus.


Sinusitis
Sinusitis atau sering juga disebut peradangan sinus yang terjadi pada rongga-rongga dalam tulang yang berhubungan dengan rongga hidung. Sinus akan ditandai dengan:




  • Rasa sakit pada wajah terutama pada seitar mata, terutama pada saat menundukan kepala.

  • Hidung sering tersumbat karena adanya ingus yang kental.

  • Terkandang disertai dengan panas.


Sinus dapat diobati dengan cara tradisional yaitu sebagai berikut;




  • Menghirup Air garam kedalam hidung

  • Letakan kompres pada wajah

  • Mengkomsumsi sop ayam


Hidung merupakan Jalan masuk dan keluarnya O2 dan C02. Menjaga kesehatan hidung memerupakan hal yang penting. Demikianlah macam macam penyakit hidung

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam Macam Penyakit Hidung

0 komentar:

Post a comment