10 Tanda Akan Melahirkan Sudah Dekat


 


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ 

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh


10 Tanda Akan Melahirkan Sudah Dekat - Tanda melahirkan seorang anak pertama dan kedua sebenarnya sama. Tanda-tanda ini akan dirasakan para ibu hamil ketika sudah mendekati waktu kelahiran yang pada waktu norma yaitu 9 bulan 10 hari, namun terkadang dapat lebih cepat. Seperti apa tanda persalinan jika sudah dekat, Berikut tandanya seperti yang dilansir dari blogging.

10 Tanda Akan Melahirkan Sudah Dekat


1. Kondisi psikologis berubah

Wanita hamil yang sudah mendekati kelahiran biasanya emosinya menjadi tidak stabil, keinginan untuk menyendiri, atau gejolak  energi berlebihan. Hal tersebut adalah hal yang wajar karena untuk melahirkan seorang anak apalagi anak pertama membutuhkan kesiapan mental pula.

2. Perubahan bentuk tubuh

Hormon menjelang kelahiran dapat membuat bentuk tubuh menjadi berubah, yang dapat memperlebar tulang kemaluan dan melunakan tulang panggul untuk mempermudan jalan untuk sang bayi. Payu darapun akan menjadi membesar karena adanya produksi ASI.


3. Sakit di daerah panggul dan tulang belakang

Rasa nyeri akan muncul pada daerah panggul dan tulang belakang, rasa nyeri ini akan muncul menjelang kelahiran dan akan terasa sengat menyekitkan. Ini disebabkan oleh pergeseran dan [ergerakan janin yang menekan tulang belakang.

4. Lebih sering buang air kecil

Pada saat perut sudah semakin besar, akan menyebabkan sering buang air kecil. Ini disebabkan karena kandung kemih tertekan oleh kepala janin yang sudah berada pada pintu rahim yang menyebabkan rangsangan untuk buang air kecil.


5. Kepala bayi bergeser ke bawah

Pergerakan ini dapat dirasakan karena perut bagian atas akan kosong. Janin bergerak menuju pintu rahim karena sudah dekat dengan waktu persalinan.

6. Sering mengalami kontraksi

Bukan hanya pada proses melajirkan saja, ibu hamil akan mengalami kontraksi menjelang hari persalianan. Kontraksi terjadi dengan durasi waktu yang cukup renggang, biasanya 6 jam sekali dan akan semakin cepat dari waktu kewaktu. Jika sudah kontraksi 10 menit sekali segera bawa ke dokter.

7. Muncul flek

Pada pakaian ibu khususnya bagian bawah akan terdapat flek seperti lendir bercampur darah. Pada mulanya berwarna sedikit coklat, kemudian coklat muda, hingga akhirnya berwarna seperti darah.

8. Perut terasa mengeras

Ini diakibatkan karena sanga bayi turun menuju pinti rahim yang menyebabkan rasa mulas, rasa mulas tersebut merupakan penyebab perut mengeras.

9. Ketuban pecah
Hal ini tidak dialami semua wanira yang akan melahirkan. Rasanya seperti buang air kecil namun cairan yang keluar sebenarnya berasal dari pintu rahin. Jika hal ini terjadi segeralah bawa kedokter karena waktu melahirkan sudah dekat.

10. Pembukaan

Pembukaan mulai berjalan pada saat kepala bayi sudah berada pada pintu rahim, yang secara umum bukaan satu sampai pada melahirkan. Bukaan naik satu tingkat sekitar per2 jam sekali.


Inilah 10 tanda akan melahirkan sudah dekat. Terkadang sang ibu merasa bingung seperti rasa mulas yang sebagai tanda akan melahirkan atau mulas biasa. Jika rasa mulas ini terasa beriringan ini merupakan tanda bayi sedang berjalan menuju pintu rahin. Kesiapan mental juga sangat dibutuhkan saat menjelang kelahiran agar kelahiran menjadi lancar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Tanda Akan Melahirkan Sudah Dekat