Manfaat Sayur Warna Ungu Yang Luar Biasa

Manfaat Sayur Warna Ungu  - Sayur dan buah berwarna ungu memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Warna ungu pada buah dan sayur ini berasal dari fitokimia yang memiliki manfaat melindungi tubuh dari berbagau macam serangan penyakit, seorti infeksi riangan hinngga kanker.

Manfaat Sayur Warna Ungu Yang Luar BiasaManfaat Sayur Warna Ungu Yang Luar Biasa

Dibalik warna yang menarik terdapat berbagai macam manfaat untuk tubuh, seperti yang dikutip dari Dailymail.co.uk, ketahui manfaat makanan berearna ungu untuk kesehatan.

Menurunkan Resiko Kanker


Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2010 di Universuty of Porto, kandungan antitosanin pada buah blueberry bisa mencegah pertumbuhan kanker payudara. Bahkan menurut NC State University, Buah ini juga dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker prostat.

Kemudian pada tahun 2014, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Chengdu Medical Collage di China menemukan antisianin pada beras hitam juga memiliki efek yang sama terhadap kanker.

Sementara berdasarkan penelitian yang dilakukan di Ohio State University Menemukan makanan yang paling ampuh untuk melawan kanker usus besar adalah jagung ungu.

Melawan Penuaan Dini

Sayur dan buah yang memilliki warna Ungu kaya akan antosianin yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan memiliki manfaat dalam menangkal radiakal bebas dan memberi efek anti-penuaan ketika sering terpapar sinar matahari.

Sinar matahari dapat merusak kolagen dikulit sehingga dapat menyebabkan keriput.

Manfaat antosianin juga telah dibuktikan melalui sebuah peneitian yang dilakukanpada tahun 2009. Penelitian Menyebutkan, Antosianin dapat menunda penuaan dan meyehatkan kulit.

Mencegah Obesitas

Sayuran dan buah-buahan yang memiliki warna ungu merupakan makanan yang tidak tinggi kalori. peneliti di Jepang tahun 2007 pernah mempublikasikan penelitaina antosianin dan efeknya terhadap tubuh.

Penelitian ini dilakukan pada tikus, pada tikus yang tidak mendapatkan antosianin memiliki berat badan yang berlebih.

Selain itu sebuah penelitian kedua pada tahun lalu juga menemukan tikus yang rajin makan ubi jalar ungu, mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak dibanding yang tidak makan.

Antosianin pada ubi jalar ungu dinilai dapat mengontrol leptin, yaitu hormon hyang membuat seseorang makan lebih banyak.

Menguatkan Otak

Sebuah penelitian membuktikan kembali manfaat sayuran dan buah berwarna ungu. Pada kali ini penelitian menemukan bahwa sayura dan buah berwarna ungu dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Penelitian ini telah dipublikasi pada jurnal Annals of Neurology, yang melibatkan 16.000 orang dalam penelitiannya. Antosianin itu pula yang meningkatkan kekuatan otak.

Melindungi Jantung

Antosianin dapat juge melindungi otot jantung dan pembuluh darah dari kerusakan oksidatif.

Kandungan utama dalam makanan berwarna ungu ini dapat memabantu dalam meremajakan kardiovaskular dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak.

Hal ini telah dibuktikan dalan studi selama 18 tahun yang telah diterbitkan pada tahun 2013.

Penelitian menemukan, wanita yang mengonsumsi tiga porsi atau lebih makanan berwarna ungu dalam satu minggu memiliki resiko lebih rendah terhadap serangan jantung  sebanyak 32%.

 

Sumber : health.kompas.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Sayur Warna Ungu Yang Luar Biasa