Ini Dia Manfaat Sayur Rimbang Yang Luar Biasa

Manfaat Sayur Rimbang - Rimbang memiliki rasa yang pahit dan banyak anak-anak yang tidak menyukai. Sehingga hanya orang dewasa saja yang mengonsumsinya.

[caption id="attachment_2216" align="aligncenter" width="975"]Manfaat Sayur Rimbang By Karya sendiri, GFDL, https://id.wikipedia.org/w/index.php?curid=489211[/caption]

Buah rimbang memiliki ukuran yang kecil dan mirip dengan terong, rimbang juga dikenal dengan sebutan Turkey Berry atau mini Eggplant.

Rimbang termasuk tanaman semak kecil yang dapat tumbuh hingga 5 meter namun kebanyakan hanya 2 meter saja, tanaman ini hampir semua bagiannya memiliki duri.

Rimbang memiliki panjang daun 17-20 cm dengan lebar 4-18 cm, bunga rimbang memiliki jumlah yang banyak dengan bentuk seperti bintang dan berwarna putih sedikit kekuningan.

Rimbang dapat tumbuh liar dihutan dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 1600 Meter DPL dan banyak terdapat di Indonesia.

Rimbang akan memberi manfaat yang optimal jika dikonsumsi langsung, lain halnya jika sudah dimasak akan mengurangi manfaat dari buah rimbang tersebut. Berikut manfaat buah rimbang yang luar biasa.


  1. Buah Rimbang Unutk Mata Minus. Buah rimbang mengandung Vitamin A yang sangat baik untuk keseharan mata. Agar manfaanya lebih terasa konsumsi buah ini secara langsung (tanpa dimasak) bisa dijadikan sebagai lalapan sebanyak 3-4 buah sehari.

  2. Mengatasi Rasa bengkak akibat benturan atau pukulan suatu benda

  3. Mengatasi sakit lambung

  4. Mengobati jantung yang berdebar-debar.

  5. Mengatasi sakit lambung

  6. Mengatasi gangguan menstruasi. Seperti haid tidak teratur

  7. Menyembuhkan batuk

  8. Menambah nafsu makan

  9. Memperlancar peredaran darah

  10. Mencairkan darah yang beku

  11. Sebagai antioksidan, ini dikarenakan buah rimbang mengandung Vitamin C


Buah rimbang memiliki kembaran yaitu leuca. Bedanya leunca tidak memiliki bulu sedangakan rimbang terdapat bulu.

Ketika dimasak leunca akan berubah menjadi ungu kehitaman dengan biji yang banyak di dalamnya dan kulitnya nampak mengkilap sengat berbeda dengan rimbang.

Sumber: mildaini.com

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Dia Manfaat Sayur Rimbang Yang Luar Biasa