20 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil - Buah naga merupakan buah dari jenis golongan kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari negara Meksiko Amerika Tengan dan Amerika Selatan. Namun sekarang telah banyak dibudidayakan di Indonesia, Taiwan, Filipina, Malaysia dan juga Vietnam.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah naga merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi yang tentu saja sengat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dengan nutrisi yang dikandungnya buah naga menjadi salah satu buah yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan salah satunya sangat bermanfaat untuk ibu hamil. berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga:


  1. Vitamin C ( 15 gram )

  2. Karbohidrat ( 9 gram sampai dengan 14 gram )

  3. Folat ( 10 gram )

  4. Karoten ( 0,012 gram )

  5. Serat ( 0,9 gram )

  6. Fosfor ( 36,1 miligram )

  7. Lemak ( 0,61 gram )

  8. Niacin ( 0,430 miligram )

  9. Air ( 83 gram )

  10. Protein ( 0,229 gram )

  11. Zat Besi ( 0,65 miligram )

  12. Fitokimia

  13. Antioksidan tinggi


Buah naga merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk ibu hamil, namun mungkin banyak yang belum tahu. Berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil:

Membentuk Sel Darah Merah


Ibu hamil yang mengalami anemia sebaiknya mengkonsumsi sayura atau buah yang mengandung zat besi. salah satu buah yang mengandung zat besi adalah buah naga, sehingga buah naga merupakan salah satu buah yang tepat untuk mengatasi masalah anemia.

Anemia merupakan salah satu hal yang sering terjadi pada ibu  hamil karena sel darah merah terbagi menjadi dua yaitu untuk ibu itu sendiri dan juga untuk janin yang dikandungnya. Anemia menyebabakan lesu, lemah dan tidak bertenaga. Dampaknya bukan hanya dirasakan oleh ibu hamilnya saja namun janin yang dikandung pun dapat terkena dampaknya.

Sumber Energi


Buah naga dapat memberi energi tambahan pada ibu hamil. setiap 100 gram buah naga yang dikonsumsi ibu mengandung 9 - 14 gram karbohidrat. Sedangkan untuk ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat sebanyak 135 gram per hari.

Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin


Buah naga juga mengandung folat, folat merupakan zat yang dibutuhkan untuk  perkembangan dan pertumbuhan janin. kekurangan asupan folat dapat membayakan janin seperti keguguran dan lainnya.

Melancarkan BAB


Buah naga juga mengandung serat yang sangat bermanfaat untuk perncernaan. Ibu hamil sering mangalami masalah BAB, untuk menghindari masalah tersebut diharuskan mengonsumso makanan yang banya mengandun serat dan salah satunya adalah buah naga.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Vitamin C meruapakan zat yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Pada saat hamil ibu hamil sangat membutuhkan vitamin C agar kekebalan tubuhnya terjaga dan tidak mudah sakit, dengan mengonsumsi buah naga berarti telah memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Membetuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi


Pada buah naga terdapat kandungan kalsium, sehingga dapat membantu dalam pertumbuhan tulang pada janin.

Menangkal Penyakit


Kandungan pada buah naga sepertu protein, potasium dan juga  zat besi membantu tubuh dalam menangkal penyakit.

Menangkal Radikal Bebas


Buah naga mengandung antioksidan sehingga dapat menbantu dalam menangkal radikal bebas, karena radikal bebas merupakan zat yang berbahanya khususnya pada ibu yang sedang hamil yang dapat mempengaruhi janin dan dapat menyebabkan bayi lahir prematur atau bahkan bisa cacat.

Melawan Penyakit


Kandungan fitokimia dalam buah naga juga dapat membantu dalam melawan penyakit seperti flu, batuk dan pilek.

Menyempurnakan Indera Penglihatan Janin


Ibu yang sedang hamil haruslah tercukupi kebutuhan nutrisinya agar tidak mengganggu kehamilannya. Jika ibu hamil sampai kekurang nutrisi dapat menyebabkan mal nutrisi pada bayi yang dilahirkan  dan juga memiliki barat badan yang rendah. Buah naga merupakan buah yang kaya akan nutrisi sehingga cukup baik untuk menjadi pilihan untuk memenuhi nutrisi  yang dibutuhkan.

Menghindari Dehidrasi


Saat hamil wanita akan rentan terhadat dehidrasi, dehidrasi  merupakan hal yang dapat membahanyakan jika tidak segera diatasi. Buah naga meruapakan salah satu buah yang cukup banyak mengandung air sehingga dapat berguna untuk mengindari dehidrasi selama kehamilan.

Menghindarkan Dari Penyakit Tulang


Buah naga mengandung kalsium yang baik untuk tulang. Ibu hamil rentan terhadap oesteoporosis yang sangat berbahaya jika tidak segera diatasi.

Mencegah Kelahiran Prematur


Folat merupakan zat yang dapat memberi manfaat pada janin salat satunya mencegah kelahiran yang prematur.

Menyeimbangkan Metabolisme Sel


Vitamin B1 memiliki peran dalam menyeimbangkan Metabolisme sel, sehingga kesehatan ibuh hamin dan juga janin menjadi terjaga.

Mengembangkan Sistem Syaraf Tulang Belakang


Folat juga memiliki peran dalam mengembangkan  sistem saraf pada tulang belakang janin. Perkembangan saraf harus sesuai dengan umur janin, jika tidak seimbang dapat menyebababkan kelainan pada tulang belakang dan cacat saraf pada tulang belakang.

Menghindari Penyakit Beri-Beri


Selain menyeimbangkan menyeimbangkan Metabolisme sel Vitamin B1 juga memiliki manfaat untuk mencehah penyekit beri-beri. Peyakit beri-beri dapat muncul kapan saja pada ibu hamil.

Menormalkan Tekanan Darah


Ibu hamil yang mengalami hipertensi dapat mengonsumsi buah naga untuk menormalkannya, zat yang berperah dalam hal ini adalah vitamin B. Hipertensi pada ibu hamil dapat menyebabkan komplikasi kehamilan.

Menormalkan Gula Darah


Mengonsumsi buah naga 100 gram perhari dapat membantu untuk menormalkan gula darah dalam tubuh.

Demikianlah Manfaat buah naga untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.

sumber; http://hamil.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil