Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya - Sakit kepala dapat terjadi pada siapa saja, baik sakit kepala belakang, sakit kepala sebelah, Sakit kepala vertigo atau sakit kepala semuanya. Nah pada kali ini canselam.com akan membahas khusus sakit kepala sebelah kiri. Sakit kepala apapun jenisnya sangatlah mengganggu aktifitas Anda. Sakit Kepala sebelah kiri kemungkinan disebabkan oleh migrain, sinusitis, aneurisma, sakit kepala cluster, sakit kepala tenggang lainnya dan lain sebagainya. Dengan mengetahui penyebabnya tentu akan mudah untuk mengatasinya. Berikut penyebab sakit kepala sebelah kiri dan cara mengatasinya seperti dilansir dari mediskus.com.


Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya



Sakit Kepala Migrain


Sakit kepala migrain terjadi adanya peyempitan dan pelebaran (bergantian) pembuluh darah pada otak, hal ini dapat menimbulkan rasa sakit pada kepala yang mungkit terasa berdenyut. Sering kali rasa sakit akan hanya terjadi pada salah satu sisi kepala baik kiti maupun sebelah kanan. Migrain merupakan penyebab sakit kepala sebelah yang sering terjadi.


Selain sakit kepala penderita migrain juga akan mengalami mual, muntah, gengguana pengeliahatan dan juga gangguan lainnya. Migrain akan muncul karena stres, bua menyengat, suara bisisng, cahaya yang sangat terang, makanan, alkohol dan lainnya.



Cara Mengatasi Sakit Kepala Vertigo




Sakit kepala sebelah kanan yang disebabkan oleh migrain dapat diatasi dengan cara-cara sebagai berikut atau lebih lengkap baca pada halaman berikut (Cara Mengatasi Sakit Kepala Vertigo Dengan Cepat)



  1. Istirahat. Dengan istirahat yang cukup dapat membantu dalam mengatasi migrain, karena biasanya sakit kepala migrain datang karena kelelahan.

  2. Releksasi. Ketegangan otot juga dapat menyebabkan terjadi nya sakit kepala migrain, untuk itu relekasasi seperti yoga atau yang lainnya dapat membantu dalam mengatasi migrain.

  3. Hindari Pemicu. Hidari pemicu yang dapat membuat Anda menjadi sakit kepala sebelah seperti yang telah disebut diatas.

  4. Olahraga. Olahraga dapat juga membantu mengatasi sakit kepala migrain, seperti membantu mengurangi ketengangan yang mungkin menjadi pemicu migrain.

  5. Kurangi Estrogen. Jika Anda meminum obat yang mengandu esterogen (Termasuk pengganti hormon atau pil  KB). Jika semala penggunaan Obat ini Anda mengalami migrain berkonsultasilah pada dokter.



Sinusitis


Ketika lapisan sinus dalam tulang tengkorak mengalami peradangan atau terinfeksi seperti akibat alergi, maka terjadilah sinusitis. Sinusitis Sering menjadi salah satu penyebab terjadinya migrain atau sakit kepala lain seperti sakit kepala sebelah kanan atau sakit kepala sebelah kiri. Namun tetap masih bisa dibedakan dengan migrain karena gejala migrain tidak sama atau berhubungan dengan sinusitis.


Pengobatan Sakit kepala Sebelah Kiri yang disebabkan Sinusitis


Pengobatan sinusitis dapat dilakukan dengan penggunaan obat antibiotik, antinyeri dan obat radang yang diresepkan oleh dokter. Sedangkan untuk perawatan dirumah bisa dengan cara menjaga kebersihan tangan Anda.



Aneurisma


Aneurisma merupakan penonjolan pada arteri kepala yang mungkin tidak menimbulkan gejala apapun sampai menjadi sangat besar atau bahakan pecah. Hal ini menimbulkan takanan pada otak, maka sakit kepala dapat datang tiba-tiba dan sangat parah. Jika Aneurisma terjadi pada sebelah kiri maka sakit kepala akan terjadi pada sebelah kiri dan sebaliknya.


Pengobatan. Jika aneurisma sampai menyababkan masalah, maka penobatan definitif yang diperlukan biasanya adalah operasi. Atau dokter akan meresepkan obat statin dan menyarankan untuk mengontrol tekanan darah dan jika Anda perokok akan disarankan untuk berhenti merokok.



Cluster Headache


Ini merupakan sakit kepala yang sangat parah dan biasanya dimulai dengan sakit kepala sebelah akan tetapi dapat menyebar kebagian lain seperti bagain belakan, depan dan juga leher belakang. Jika Anda mengalami hal ini makan Anda juga akan mengalami sakit pada mata pada bagian belakang, kelopak mata, air mata akan keluar pada sisi yan terkena, hidung meler / tersumbat serta wajah mengalami pembengkakan pada sisi yang terkena.


Sakit kepala ini juga akan disertai dengan mual, muntah dan sensitif terhapad cahaya dan juga suara bising. Sakit kepala ini dapat datang setiap hari dan juga dapat hilang dengan periode tertentu.


Untuk pengobtan Sakit kelapa ini sama dengan pengobatan sakit kepala migrain yang sudah dijelaskan diatas>



Sakit Kepala Tegang


Tension headache atau sakit kepala tegang sering muncul sebagai nyeri tumpul pada kepala dengan tekanan lokal pada salah satu sisi kepala. Rasa sakit ini juga dapat dirasakan pada leher dan bahu.


Pengobatan Sakit Kepala Tegang


Pengotaban sakit kepala tengang bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi obat anti nyeri seperti parasetamol arau ibuprofen atau obat yang diresepkan dari dokter.


Selain itu Anda Juga dapat melakukan perawatan sebagai berikut:




  • Mengompres pada daerah yang sakit dengan air hangat.

  • Memijat pada kepala dan leher.

  • Akupresur

  • Mengurangi stres

  • Menghindari posisi tubuh monoton, seperti terlalu lama didepan layar tv atau komputer, mengendari mobil dengan perjalanan panjang dan lain sebagainya.


Sakit kepala sebalah kiri dapat disebabkan oleh berbagai hal termasuk trauama pada kepala atau leher, penyakit tertentu seperti Tekanan darah tinggi, heres zoster, masalah jantung, dehidrasi, alergi, pengaruh obat tertentu. Kurang tidur. sakit gigi sebelah kiri, ketegangan atau bahkan karena salah posisi tidur. Jika Anda mengalami hal-hal berikut Sebaiknya segera berkonsultasi kedokter




  1. Sakit kepal sebelah kiri yang disertai dengan demam atau leher kaku.

  2. Kesulitan berbicara, atau kesulitan memahami orang yang berbicara pada Adan.

  3. Pengelihatan terganggu.


Demikianlah Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya, jika Anda sering mengalaminy sebaiknya berkonsultasi pada dokter atau sakit kepala Anda disertai dengan gejala yang telah disebutkan diatas.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya