Cara Mengatasi Sakit Kepala Vertigo Dengan Cepat

Cara Mengatasi Sakit Kepala Vertigo Dengan Cepat - Vertigo mungkin masih terdengar asing oleh sebagian orang, namun sebenarnya mungkin Anda pernah mengalaminya. Vertigo sendiri berasal dari Bahasa Yunani yang berasal dari kata vetere  yang artinya berputar. Vertigo atau orang sering menyebutnya dengan pusing berputar atau ada juga yang menyebut dengan pusing tujuh keliling. Orang yang mengalami vertigo akan merasakan benda yang ada disekitar seakan-akan berputar atau melanyang.


Cara Mengatasi Sakit Kepala Vertigo Dengan Cepat


Vertigo terbagi menjadi 4 jenis yaitu vertigo direk/vestibuler, Vertigo indirek/nonvertibuer, vertigo peripheral dan vertigo sentral. Untuk lebih jelas mengenai jenis-jenis vertigo tersebut simak penjelasan berikut seperti yang dilansir dari Inkesehatan


Vertigo peripheral  


Veritigo ini disebabkan oleh disfungsi perifer sampai pada bagian batang otak. Vertigo ini biasanya juga dosertai dengan gangguan pada pendengaran. yang lebih tepatnya pada saluran  kanalis semisirkulalis. Saluran ini berfungsi untuk mengontrol keseimbangan tubuh. Gejalanya sebagai berikut:




  • Merasa lebih lelah

  • Stamina menurun

  • Pandangan menjadi gelap

  • Kehilangan keseimbagan

  • Otak terasa sakit

  • Mual-muntah

  • Sulit berkonsentrasi

  • Sensitif terhadap cahaya dan suara bising.


Vertigo sentral


Vertigo sental merupakan vertigo yang terjadi pada otak sentral. Vertigo ini biasanya terjadi sesuatu yang tidak normal pada keseimbangan pada otak. Banyak penderita vertigo ini biasanya tidak menyadari jika ia mengalami vertigo sentral. Berikut gejala yang ditimbulkan




  • Koordinasi hilang

  • Mual dan muntah

  • Tubuh terasa mual dan muntah

  • Sakit kepala yang sangat parah

  • Pengelihatan pada suatu benda menjadi ganda

  • Sukar untuk menelan makanan

  • Adanya kelumpuhan pada otot wajah

  • Kesadaran mulai terganggu.


Vertigo vestibuler


Vertigo vestibuler ini merupakan vertigo  yang menyerang saraf vetribulokoklear sehingga penderita yang mengalaminya akan melihat benda benda disekelilingnya seakan-akan naik turun layaknya sedang naik kapal. Gejala pada vertigo ini hampir tidak ada, hanya pendirita akan melihat benda seakan-akan naik turun.


Vertigo non-vestibuler


Vertigo ini disebabkan oleh system regulator keseimbangan, penyebab lain adalah kealahan pada proses informasi pada system saraf pusat. Gejalanya adalah pusing, sakit kepala serasa kosong dan pandangan menjadi gelap.


Cara Mengatasi Sakit Kepala Vertigo Dengan CepatCara Mengatasi Sakit Kepala Vertigo Dengan Cepat



Cara Mengobati Sakit Vertigo


Untuk mengangami penyakit vertigo haruslah sesuia dengan faktor yang meyebabkan vertigo. Jika vertigo yang terjadi pada Anda disebabkan oleh Benign parpxysmal Positional Vertigo (BPPV) maka cara termudah adalah dengan mengerakan kepala, hal ini bertujuan untuk memindahkan deposit kalsium untuk dipindahkan ke telinga dalam dari saluran semisirkularis.


Terapi khusus untuk merehabilitasi vestibular juga disarankan. Dengan rehabilitasi verbular ini Anda akan diajak untuk melakukan serangkaian latihan khusu untuk meminimalisir pusing. Salah satu penyebab dari vertigo ini adalah pada bagian telinga, yang disebabkan oleh bakteri, maka oabt tetes untuk dapat dicoba. Mengosumsi gram juga disarankan untuk penderita vertigo jika vertigo disebabkan oleh penyakit meniere. Langkah terakhir adalah dengan berkonsultasi dengan dokter.


Jika Anda tidak ingin mengalami penyakit vertigo lagi Anda dapat melaulakan hal-hal berikut ini




  1.  Jangan terlalu sering membungkuk saat membawa barang

  2. Saat tidur usahakan  posisi kepala lebih tinggi

  3. Saat bangan tidur, bangunlah secara perlahan, dan jangan bangan terlalu cepat, setelah bangun duduklah terlebih dahulu.

  4. Gerakan Kepala Anda dengan hati-hati, terutama pada saat menghadap keatas

  5. Jaga kesehatan tubuh.


Baca Juga: http: cara mengatasi sakit kepala migrain dengan obat alami

Demikianlah Cara Mengatasi Sakit Kepala Vertigo Dengan Cepat. Semoga dengan informasi ini Anda dapat mengatasi atau menghindari penyakit vertigo.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Sakit Kepala Vertigo Dengan Cepat