9 Kesalahan yang Sering Kamu Lakukan Saat Mencuci Wajah

9 Kesalahan yang Sering Kamu Lakukan Saat Mencuci Wajah - Mencuci wajah merupakan salah satu cara untuk membuat kulit tetap bersih dan cerah. Namun mencuci wajah justru dapat menimbulkan masalah baru jika tidak dilakukan dengan benar, seperti masalah kulit kering, iritasi dan kulit berminyak.  Meskipun terlihat sepele, mencuci wajah harus dilakukan dengan benar agar selain kulit menjadi tapi juga kulit tetap sehat.


Kesalahan yang Sering Kamu Lakukan Saat Mencuci Wajah


Lalu bagaimana cara mencuci wajah dengan benar dan apa saja yang harus Anda hindari? simak berikut seperti yang dilansir dari blog.tokopedia.com


Tidak Mencuci Tangan


Ini merupakan kesalahan yang sering terjadi pada saat hendak mencuci muka. Menuangkan facial wash pada tangan yang tidak dicuci terlebih dahulu lalu mengusapkan  ke wajah tidak akan membuat wajah Anda tidak benar-benar bersih. Sabun muka tersebut akan bercampur dengan bakteri yang ada pada tangan dan kemudian dengan mudah berpindah pada wajah yang dapat menimbulkan masalah pada wajah. Jadi sebelum mencuci wajah cucilah dahulu tangan Anda.


Salah Memilih Facial Wash


Facial wash yang baik adalah facial wash yang dapat menghilangkan kotoran bekas make up dan minyak, tanpa menghilangkan kelembapan kulit wajah dan sel-sel kuli yang masih sehat. Pilihlah facial wash yang cocok dengan kulit wajah kamu. Tidak jarang wanita salah memilih facial wash sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan bahkan iritasi. Untuk Anda yang memiliki kulit wajah berminyak pilihlah facial wash yang mengandung busa dan gel sementatara bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering pilihlah facial wash yang berbentu krim dan mengandung pelembab.


Selain itu hindari facial wash yang mengandung pewangi karena bisa saja produk tersebut mengandung pengharum buatan yang dapat membahayakan kulit wajah Anda, terutama bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif.


Terlalu Sering Mencuci Wajah


Mencuci wajah terlalu sering dapat membahayakan kesehatan kulit Anda, karena akan membuat kulit wajah Anda menjadi kering dan dapat menimbulkan iritasi. Bahkan jika kulit wajah berminyak dapat menyebabkan produksi minyak semakin bertambah. Oleh karena itu cucilah kulit wajah Anda 2 kali sehari "mengguanakan facial wash" pada pagi hari dan malam sebelum tidur.


Kurang Bersih dalam Membilas


Masih banyak wanita yang tidak bersih dalam membilas wajah setelah cuci muka, mungkin terdengar sepele, tetapi ternyata hal ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan juga dapat menimbulkan iritasi pada wajah. Selain itu sisa sabun pada wajah dapat menyumbat pori-pori kulit dan dapat menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu pastikan Anda membilas sisa sabun sampai bersih.

Suhu Air

Suhu air juga dapat mempengaruhi wajah Anda, muncin Anda sering mendengar bahwa air panas dapat membuka pori-pori kulit, sementara air dingin dapat menutup pori-pori kulit. Namun nyatanya hal itu tidaklah benar karena pori-pori kulit tidak memiliki otot yang dapat membuat pori-pori membuka dan menutup. Oleh sebab itu jangan menggunakan air yang terlalu dingin atau air panas untuk mencuci wajah. Air panas dapat menyebabkan kulit menjadi kering sedangkan air dengan suhu dingin dapat merusak pembuluh darah pada wajah. Suhu yang paling baik adalah suhu air yang hangat.

Menggosok Wajah dengan Handuk

Ini merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan setelah mencuci wajah untuk mengeringkan wajah. Hal ini dapat menyebabkan kulit Anda manjadi iritas serta cepat keriput dan dapat menyebabkan kulit menjadi kehilangan elastisitasnya yang dikarenakan oleh tarikan handuk. Cara terbaik untuk mengeringkan wajah adalah dengan menepuk-nepuk secara lembut dengan menggunakan handuk bersih. Selain itu hindari menggunakan handuk yang sama dengan yang digunakan untuk mandi.

Tidak Langsung Menggunakan Pelembab

Setelah selesai memcuci wajah mungkin Anda sering lupa untuk menggunakan pelembab wajah. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Untuk hasil yang maksimal, aplikasikan pelembab pada wajah langsung setelah wajah dicuci dan dikeringkan, jangan menuggu kulit benar-benar kering. Menggunakan pelembab secara langsung dapat membantu penyerapan menjadi maksimal sehingga kelembapan kulit menjadi terjaga.

Menghindari Minyak

Banyak orang yang beranggapan mminyak sebagai salah satu penyebab masalah kulit dan menyumbat pori-pori kulit, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Anggapan seperti ini membaut Anda menjahui produk-produk yang mengandung minyak, termasuk facial wash. Namun ternyata facial Wash yang mengandung minyak dapat memberikan nutrusi yang baik untuk kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pilihlah facial wash yang mengandung minyak alami seperti muinyak almond, minyak biji anggur atau minyak biji matahari yang sehat untuk kesehatan kulit.

Buru-buru Membilas

Setelah facial wash menutupi seluruh wajah jangan terburu-buru untuk membilasnya dengan air. Sebaiknya biarkan beberapa saat sampai sabun pembersih benar-benar mengangkat kotoran dan bakteri pada wajah Anda.

Demikianlah 9 Kesalahan yang Sering Kamu Lakukan Saat Mencuci Wajah. Semoga Bermanfaat.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Kesalahan yang Sering Kamu Lakukan Saat Mencuci Wajah