Saturday, 19 March 2016

Penyebab Tifus dan Gejalanya

Penyebab Tifus dan Gejalanya - Penyakit tifus merupakan penyakit yang sering terjadi di Indonesia, Baik orang dewasa maupun anak -anak juga dapat terserang penyakit tifus. Penyakit ini dapat membuat tubuh menjadi sangat lemas dan terkadang disertai nyeri pada perut. Penyakit ini dapat berlangsung selama satu minggu bahkan lebih dan harus istirahat total.


Tifus juga dapat menyababka penderita terserang penyakit lain seperti ginjal, liver dan lain sebagainya yang dapat memperparah keadaan. Diketahui tifus ada dua jenis yaitu tifus dalam keadaan demam tifoid yang disebakkan oleh bakteri bakteri Salmonella eterica. Dan yang kedua adalah Ricktessia yang disebabkan oleh bakteri genus ricktessia yang disebarkan oleh kutu. Dan Di Indonesia sendiri yang sering terjadi adalah Demam tifoid.



Penyebab Tifus dan Gejalanya


Penyebab Tifus dan Gejalanya



Dampak Penyakit Tifus


Tipus merupakan salah satu penyakit yang barat yang berbahaya jika tidak mendapatkan pertolongan medis. Penderita tifus rata-rata mencapai 2,5 juta pertahunnya. Medline Plus mengungkapkan bahwa Afrika, Asia dan Amerika Latin memiliki peluang besar terserang penyakit tifus. Dan inilah dampat buruk dari penyakit tifus jika tidak segera mendapatkan pertolongan;


• Hilangnya nafsu makan (Anoreksia)
• Mudah lelah dan mudah terkena anemia
• Peradangan pada organ tubuh
• Dapat menyebabkan usus berlubang
• Halusinasi, Paranoid dalam waktu yang lama
• Terjadi pendarahan gastrointestinal



Gejala Penyakit Tifus



Tifus merupakan penyakit yang mudah menular. Oleh sebab itu untuk mengurangi resiko penyakit tifus kita harus tahu gejala atau ciri-ciri yang ditunjukan dari penyakit tifus ini. Berikut gejalanya:


• Pertama demam tinggi
• Seminggu kemudian Disertai dengan pusing dan nyeri pada dada.
• Biasanya muncul bercak pada tangan dan tubuh
• Hingga 2 minggu demam tak kunjung turun


Jika sudah terjadi gejala tersebut segeralah bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan oleh dokter. Dan biasanya dokter akan menyarankan untuk rawat inap hingga sembuh total.



Penyebab Penyakit tifus


Tifus dapat disebabkan berbagai macam faktor, namun penyebab tifus adalah bakteri thypi. Bakteri ini dapat masuk kedalam tubuh dikarenakan kebiasa buruk yang dapat kita lakukan sengaja ataupun tidak sengaja. Berikut hal hal yang dapat menyebabkan penyakit tifus


1. Makanan Yang tidak Bersih
Makanan yang tidak bersih atau tidak higienis merupakan penyebab utama penyakit tifus. Bakteri thypi biasanya terdapat dalam makanan yang tidak bersih dan kemudian Anda makan. Bukan hanya makanan namum minuman juga dapat menjadi perantara masuknya bakteri ini.


2. Peralatan Makan Yang Tidak Bersih
Walaupun makanan yang dikonsumsi bersih, namun peralatan yang digunakan tidak bersih juga dapat menybabkan tifus. Karena bakteri tersebut juga dapat bersarang pada peralatan makan seperti sendok, piring dan lain sebagainya.


3. Lingkungan Yang Kumuh
Bakteri Thypi dapat berkembang cepat pada lingkungan yang kumuh. Sampah yang tidak membusuk dan tidak dibuang berhari - hari juga dapat menjadi tempat perkembang biakan bakteri ini. Apalagi pada saat musim hujan.


4. Kekebalan Tubuh Yang menurun
Bukan hanya faktor external saja yang dapat menyababkan sakit tifus namun faktor dari dalam atau internal juga dapat menyababkan Anda terserang bebagai penyakit seperti tifus. Faktor internal itu adalah sistem kekbalan tubuh Anda yang menurun. Untuk itu Anda harus menjaga agar kekebalan tubuh anda stabil. Dengan rajin mengkonsumsi sayuran dan buah- buahan.



Cara Menghindarinya


Semua jenis penyakit dapat dihindari temasuk tifius, tinggal kita mau melakukannya atau tidak, untuk menghindari suatu penyakit kita harus tahu dahulu faktor yang menjadi penyebab, nah diatas sudah dijelaskan hal hal yang menjadi faktor penyakit tifus. Berikut cara menghindari penyakit tifus


• Jaga kebersihan bahan masakan dan masakan dirumah Anda.
• Sebisa mungkin makan masakan sendiri, kalaupun harus makan diluar pilihlah tempat makan yang bersih
• Jaga peralatan makan agar selalu bersih
• Bersihkan lingkungan tempat Anda tinggal
• Istirahat yang cukup
• Konsumsi makanan yang sehat
• Rajin Olahraga.


Demikianlah Penyebab Tifus dan Gejalanya, mencegah datangnya penyaki lebih utama dari pada mengobati, namun jika sudah terserang suatu penyakit kita harus segera mengatasinya agar tidak terjadi dengan hal hal yang tidak diinginkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Tifus dan Gejalanya

0 komentar:

Post a Comment