Sunday, 20 March 2016

Penyebab Sering Mual Setelah Makan

Penyebab Sering Mual Setelah Makan - Sebagai mahluk hidup, makan merupakan kebutuhan utama. Makanan sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya sebagai asupan energi. Asupan makana yang tidak berlebih dapat memberi dampak positif pada tubuh. Saat ini banyak sekali berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi tubuh, seperti buah-buahan, sayura-sayuran, biji-bijiam, umbi-umbian dan lain sebagainya. Namun dalam mengonsumsi makanan banyak hal yang perlu diperhatikan misalnya seperti:


• Tidak makan dengan berlebih
• Makan pelan-pelan (tidak terburu-buru) agar tidak tersedak
• Tidak melewatkan sarapan
• Makan 2-3 kali dalam sehari
• Minum air putih
• Hindari makanan junk food (makanan cepat saji)
• Jangan tidur setelah makan
• Hindari mengkombinasikan makanan yang mengandung lemak, karbohidrat gula dengan jumlah yang banyak dalam satu kali makan
• Makanan 4 sehat 5 sempurna. (opsional)


Penyebab Sering Mual Setelah Makan


Hal tersebut merupakan suatu yang penting untuk diperhatikan agar nutrisi dapat tercukupi. Namun tak jarang pada saat kita sedang makan kita merasakan mual dan perut begah. Hal ini bisa jadi gelaka suatu penyakit atau juga dapat disebabkan oleh faktor lain. Dan berikut yang menyebabkan sering mual setelah makan dan cara mengatasinya seperti dikutip dari halosehat.com:



Penyebab Sering Mual Setelah Makan


1. Alergi pada Suatu jenis makanan.
Alergi makanan dapat menjadi penyabab mual setelah makan makanan tertentu misalnya kacang-kacangan atau seafood. Alergi pada makanan dapat memberikan respon berupa mual, ruam, gatal dan lain sebagainya. Untuk menghindari hal tersebut ketahuilah jenis makanan yang dapat membuat Anda alergi dan hindari makanan tersebut.


2. Keracunan Makan
Keracunan makanan juga dapat memicu timbulnya mual setelah makan, keracunan makanan dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti bahan makanan yang terkontaminasi zat-zat berbahaya, salah dalam mengolah makanan, makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi dan lain sebagainya.


3. Psikosomatis
Psikosomatis merupakan suatu gejala psikolgis yang memiliki efek terhadap munculnya respon fisik seperti mual. Misalnya pada saat seseorang sedang depresi atau stress, pada saat makan otak sedang memikirkan masalah yang membuatnya depresi atau stress tersebut dan akhirnya menyebabkan munculnya gangguan, misalnya mual.


4. Makan terlalu banyak dan atau terlalu cepat
Ini merupakan salah satu yang dapat menyababkan mual pada saat Anda makan atau mual setelah Anda makan. Untuk itu makanlah dengan pelan dan jangan terlalu banyak agar tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan seperti mual atau bahkan tersedak yang dapat menyababkan kematian seperti kasus perlombaan makan yang diadakan salah satu restoran ayam goreng cepat saji di Indonesia pada marat 2015 lalu.


5. Makan sambil bicara
Bukan hanya makan terlalu cepat yang dapat menyababkan mual dan tersedak namum makan sambil berbicara juga dapat menyebabkan mual dan tersedak. Pada saat makan kita haru benar-benar fokus untuk menguyah makanan, makan sambil berbicara bukan hanya dapat menyababkan mual dan tersedak namun dapat menyababkan lidah tergigit juga. Berbicara sambil menguyah makanan juga dapat berdampak pada proses penghalusan makanan tidak berjalan dengan baik, perut menjadi kembung karena banyak udara yang masuk kedalam lambung dan akhirnya perut menjadi kembung serta lambung dapat menghasilkan gas yang terlalu banyak, yang dapat menyababkan mual.


6. Asam Lambung
Mual juga dapat disebabkan oleh orang yang memiliki gangguan asam lambung. Hal ini bukan hanya membuat perut menjadi mual namun juga dapat menyebabkan tenggorokan dan keronngkongan menjadi terasa perih. Hal ini dapat diatasi dengan cara:


• Jangan makan terlalu cepat
• Makan teratur
• Hindari makan pedas, dan makanan yang mengandung asam yang tinggi


7. Kehamilan
Penyebab yang satu ini hanya akan dirasakan kaum Hawa saja, :v karena kaum Adam tidak hamil :3.
Hal ini merupakan respon tubuh yang wajar yang sering terjadi pada ibu yang sedang hamil. Unntuk itu jika Anda atau istri Anda sedang hamil perbanyak makan yang banyak mengandung serat. Dan hindari makanan yang dapat memicu mual seperti makanan yang berbau tajam seperti durian. Dan hindari juga makanan yang pedas.


8. Gejala Munculnya gangguan pada sistem pencernaan
Mual dapat terjadi karena adanya masalah yang muncul pada sistem pencernaan, yang biasanya muncul pada lambung dan juga usus seperti:


• Maag
• Asam lambusng
• Kanker Usus
• Asam lambung
• Infeksi Usus dan Lambung


Demikianlah beberapa Penyebab Sering Mual Setelah Makan. Untuk mencegahnya disarankan untuk menjaga pola makan, makan dengan pelan dan tidak terlalu banyak, dan jaga kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Sering Mual Setelah Makan

0 komentar:

Post a Comment