Tuesday, 22 March 2016

Penyebab Peut Kembung Terus Menerus

Penyebab Peut Kembung Terus Menerus - Gas merupakan salah satu dari hasil metabolisme tubuh. Dan pada saat anda buang gas perut akan terasa nyaman, namun membuat badan menjadi lemas walaupun Anda tidak merasaskannya.


Pada saat Anda tidak bisa buang gas secara alami dapat membuat Anda manjadi kembung yang merupakan masalah dan ini merupakan hal yang umum terjadi, akan mengalami sendawa yang berulang-ulang dan perut terasa tidak nyaman.



Gejala Perut Kembung Berbahaya


Perut Kembung merupakan hal yang sangat umum dan dapat dialami oleh semua orang. Namun jika perut kembung berlangsung lama dan terasa menyakitkan, ini bisa jad masalah kesehatan yang serius. Dan berikut gejala perut kembuang yang bisa menjadi tanda gangguan kesehatan yang serius:


Penyebab Peut Kembung Terus Menerus


• Perut kembung yang disertai rasa sakit dan rasa berputar-putar dalam perut.
• Perut kembung disertai dengan sembelit parah atau diare.
• Nafsu makan berkurang dan berat badan turun drastis
• Fases Berdarah
• Nyeri Sendi, Menggigil, kejang otot dan muntah.


Dalam prosese pencernaan yang dilakukan di lambung dapat menghasilkan hasil sisa berupa fases, selain itu hasil dari pencernaan adalah gas yang terkadang dapat membuat perut menjadi kembung. Namun Kembung memiliki penyebabnya berikut penyebab perut kembung seperti yang dijelaskan di halosehat.com:



Penyebab Peut Kembung Terus Menerus


1. Kurang Laktase
Laktase merupakan zat yang berguna untuk memecah laktosa yang dilakukan di susu halus/ usus kecil. Jika laktosa tidak dipecah maka bakteri dapat membuat fermentasi pada gula, sehingga menghasilkan gas, dan perut menjadi kembung.


2. Banyak Bakteri dalam Usus
Semua jenis makanan tidak dapat dicerna dengan cepat oleh sistem pencernaan kita, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat bertahan cukup lama dalam sistem pencernaan, akibatnya beberapa bakteri melakukan proses fermentasi terhadap makanan tersebut dan timbulah gas yang dapat menyebabkan kembung atau sering bersendawa.


3. Konsumsi Gula Alami
Berbagai jenis makanan yang mengandung gula alami dapat menyababkan perut kembung. Ini dikarenakan sistem pencernaan membuatuh kan bakteri untuk membantu mencerna makanan jenis tersebut. Beberapa jenis makanan yang tinggi akan gula alami;
• Buah (pisang, pir, apel, Melon, pisang dll)
• Sayur (Kembang kol, Kubis, kacang, Bawang, Seledri, dll)
• Produk susu


4. Produk Susu
Setiap orang memiliki sistem pencernaan yang berbeda. Ada yang bisa mencerna produk susu, dan ada juga yang tidak. Untuk Orang yang tidak dapat mencerna produk susu dapat mengakibatkan kembung pada perut yang disebabkan produksi gas yang tinggi. Untuk menghindari hal tersebut kurangi mengkonsumsi produk susu tersebut.


5. Minuman Bersoda
Jika Anda sering mengkonsumsi minuman bersida hal ini dapat menyebabkan perut Anda menjadi kenbung dan sering bersendawa. Karena minuman berseod dapat meningkatkan produksi C02 dalam perut, dan perut biasanya akan bereaksi dengan banyak mengeluakan banyak gas atau bersendawa.


6. Menelan Banyak Udara
Hal ini bisa terjadi jika Anda makan sambil berbicara, maka pada saat Anda menelan makanan banyak udara yang tertelan juga. Makan terlalu cepat juga dapat menyebabkan banyak udara masuk kedalam perut.


7. Masalah Kesehatan
Perut kembung juga dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan yang cukup serius, dan biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut:
• Alergi makanan
• Sembelit
• Alergi Susu
• Gangguan Lambung (Asam lambung, Maag, Gastritis, dll)
• Kekurangan Nutrisi


8. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Sulfur
Makanan yang mengandung sulfur dapat menyebabkan tingginya produksi gas dalam sistem pencernaan, jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung sulfur seperti kunbis, seledri atau bawang maka dapat menyababkan perut Anda menjadi kembung.


9. Cemas dan Stress
Cemas dan stress juga dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Hal ini terjadi karena ketidak setebilan hormon dalam tubuh yang memicu antara otak dan perut.


10. Efek Samping Obat
Pemakaian jenis obat-obatan tertentu juga dapat menyababkan perut menjadi kembung, Obat yang dapat menyebabkan kembung Antara lain, obat maag, obat untuk jamur dalam sistem pencernaan, obat-obatan pencahar dan anti sembelit.



Tips / Cara Mengatasi Perut Kembung


Untuk menghindari terjadinya perut kembung Anda dapat melakukan hal-hal berikut;


• Kurangi mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan fermentasi dalam usus.
• Konsumsi Makanan atau minuman yang mengandung prebiotik
• Rajin berolahraga ringan untuk mendorong metabolisme tubuh.
• Mengkonsumsi ketumbar dan pala dapat mengatasi perut kembung
• Minum minuman dengan campuran the, susu dan jahe dapat juga mengatasi perut kembung.
• Hindari stress.


Atau Anda dapat juga membacanya disini cara mengatasi perut kembung secara alami


Demikianlah Penyebab Peut Kembung Terus Menerus. Perut kembung merupakan hal yang lumrah terjadi. Namun jika ini terjadi bisa sangat mengganggu aktifitas Anda. Untuk itu sebisa mungkin hindari hal-hal yang dapat menyebabkan perut Anda menjadi kembung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Peut Kembung Terus Menerus

0 komentar:

Post a Comment