Monday, 7 March 2016

Macam Macam Penyakit Pada Lidah

Macam macam penyakit pada lidah - Lidah merupak organ tubuh yang berfungsi sebagai indra pengacap selain itu lidah juga berguna mambantu dalam berbicara, menalan makanan dan lain sebagainya. Pada saat lidah mengalami masalah dapat mengganggu fungsi dari lidah seperti merasakan makanan atau susah ketika berbicara.


Penyakit pada lidah pada mulanya tidak akan terasa begitu mengganggu, karena masalah tersebut dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari saja. Pada saat lidah bermasalah biasanya menimbulkan bau yang tidak sedap dan hal tersebut dapat mangganggu pada saat berbicara dengan seseorang. Penyakit pada lidah bukan sariawan saja namun masih banyak penyakit lain seperti kanker lidah, fissured tongue, geographic tongue, atropic glossitis, coated tongue dan glossopyrosis.


Macam macam penyakit pada lidah



Macam macam penyakit pada lidah


Kanker lidah
Kanker lidah adalah neoplasma (pertumbuhan jaringan baru yang tidak normal) malignat dan muncul dari epitel mokusa lidah. Kanker lidah biasanya menyerang perokok aktif. Penyebab utama kanker lidah adalah alkohol dan tembakau yang merupakan bahan utama pembuatan rokok. Namun bukan hanya alkohol dan rokok saja yang dapat menyebabkan kenker lidah. Kanker lidah dapat juga disebabkan oleh pemakaian gigi palsu yang tidak dirawat dengan benar, tidak menjaga kebersihan mulut dan radang yang kronis.


Sariawan
Sariawan atau oral candidosis merukapan penyakit pada lidah yang disebabkan oleh infeksi jamur candida albicans pada membran lendir mulut. Sariwan ditandai dengan luka yang berwarna putih yang biasanya terdapat pada dinding mulut dan lidah. Meskipun ini masih tergolong penyakit yang ringan namun sariwan dapat menganggu pada saat makan, kumur, gosok gigi atau pun berbicara.


Geographic tongue
Ini merukakan peradangan pada lidah yang biasanya bersifak kronis dan akan terjadi jika ada masalah dengan saluran pencernaan. Geographic tongue dalam bahasa awam disebut panas dalam yang ditandai dengan bercak pada lidah yang berbentuk seperti pulau yang berwarna merah dan permukaannya lebih licin. Pada kondisi yang lebih parah akan terdapat warna putih pada bagian bawahnya. Biasnya masalah ini dapat disebabkan oleh alergi.


Peradangan pada lidah (Atrophic Glossitis)
Merupakan penyakit lidah yang ditandai dengan hilangnya atau tidak berfungsinya indra perasa, ini disebabkan oleh degenerasi ujung papil (bagian menonjol pada selaput yang berlendir pada bagian atas lidah). Penderita yang mengalami masalah ini lidahnya akan tanpak licin dan mengkilat pada seluruh bagian lidah maupun hanya sebagian. Masalah ini dapat muncul yang disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Dan penyakit ini sering dijumpai pada orang yang anemia.


Lidah berselaput (Coated Tongue)
Penyakit lidah ini merupakan kondisi klinis pada dorsum lidah yang terlihat tertutup lapisan yang pada umuny berwarna putih atau akan menyesuaikan makanan dan minuman yang sedang dikonsumsi. Penyakit ini biasanya dialami oleh orang yang mengalami infaksi, dehidrasi sistemik dan kronis.


Glossopyrosis
Penderita yang mengalami masalah ini akan merasakan perih dan terbakar, namun jika diperiksa secara medis tidak titemukan gejala apapun, pengobatannya dapat dilakukan dengan obat kumur dan dilakukan dengan rutin.


Berikut ciri-ciri lidah jika mengalami masalah dan masalah yang ada pada tubuh yang dapat diketahui dari lidah


Lidah berwarna Putih
Hal ini biasanya merupakan gejala penyakit tifus atau gejala flu atau gangguan perncernaan, dan jika waran lidah tipis-tipis hal ini dapat menjadi pertanda jika tubuh kekurangan darah. Lidah putih juga dapat menjadi tanda dari efek sampig antibiotik, candidiasis, debauch, dehidrasi, Leukoplakia, Keratosis faringis.


Lidah berwarna Kuing
Lidah berwarna kuning dapat menjadi tanda jika lidah terinfeksi bakteri akut. Warna kuning pada lidah juga bisa menjadi tanda jika suhu tubuh tinggi. Warna kuning pada lidah juga dapat disebabkan oleh rokok.


Lidah Berwarna merah
Warna merah pada lidah juga dapat menjadi tanda jika susu tubuh sedang tinggi dan warna merah ini hanya pada ujungnya saja, ini menandakan jantung anda sedang panas. Bila terdapat pada sisi kiri dan kanan menandakan gangguan pada ginjal dan kentung empedu. Dan bila warna merah keunguan ini merupakan tanda adanya panas tubuh yang tinggi dan peredaran darah tidak aktif.


Lidah Berwarna Biru
Hal ini menandakan kedinginan atau darah yang tidak aktif. Dan jika biru keunguan, berarti kondisi penderita lebih parah.


Lidah berwarna ungu
Ini bisa menjadi tanda genre darah tidak lancar atau atau penderita sedang mengalami demam. Jika semua permukan lidah berwarna unngu organ dalam penderita sedang mengalami panas tinggi.


Warna-wana tersebut dapat membantu Anda untuk mengetahui masalah pada tubuh, namun untuk mengatahui lebih pasti harus berkonsultasi dengan ahliny demikianlah macam macam penyakit pada lidah, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam Macam Penyakit Pada Lidah

0 komentar:

Post a Comment