Kepala Sering Pusing Gejala Penyebab dan Pengobatan

Kepala Sering Pusing Gejala Penyebab dan Pengobatan - Meskipun pusing bukanlah tergolong penyakit yang dapat menganjam jiwa, namun jika terjadi terlalu sering dapat mengganggu aktifitas sehari hari. Rasa pusing memberikan efek berputar-putar atau yang biasa disebut dengan vertigo. Jika pada saat Anda bermain game misalnya seperti game PB, GTA, game - game perang atau game -game perang lainnya, ini bisa jadi diesebabkan oleh mata anda mengalami gangguan yaitu mata silindris. Pengobatan untuk mengatasi pusing sangatlah beragam tergantung penyababnya. Pusing memiliki Suatu Gejala, Dan berikut Gejalanya seperti yang dijelaskan di halosehat.com:

Kepala Sering Pusing Gejala Penyebab dan Pengobatan


Gejala Kapala Pusing
Rasa pusing paling sering ditandai dengan hal-hal berikut ini:

• Ingin pingsan
• Perasaan Berputar - putar (vertigo)
• Dada terasa nyeri
• Hilangnya keseimbangan
• Sakit kepala yang berat, dan sensasi mengambang.

Jika Gejala gejala tersebut disertai dengan hal hal berikut, Anda dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter:

1. Pengelihatan kabur
2. Leher terasa kaku
3. Mengalami cedera kepala yang sisgnifikan
4. Pendengaran terganggu secara tiba-tiba
5. Sulit berbicara
6. Kaki dan tangan lemah
7. Kesadaran menurun
8. Sering terjatuh atau kesulitan pada saat berjalan
9. Dada sakit atau nyeri
10. Detak jantung semakin cepat, atau pun melambat.

Kepala Sering Pusing Gejala Penyebab dan Pengobatan

Pusing Atau sakit kepala dapat disebabkan oleh kondisi tubuh yang terganggu, namun pusing juga dapat disebabkan oleh kondisi atau kegiatan tertentu. Dan berikut efek dan penyabab kepala sering pusing:

Vertigo
Vertigo atau sensasi berputar-putar yang bisa terjadi pada saat Anda mengalami pusing. Vertigo merupakan gangguan yang biasanya terjadi sebagai hasil perubahan mendadak atau sementara dari aktifitas struktur keseimbangan yang terdapat pada telinga bagian dalam (Sistem vestibular) atau pada sambuangan struktur keseimbangan otak.

Gangguan ini dapat menimbulkan sensasi gerakan pada penderita. Apabila sudah cukup parah vertigo dapat memberikan efek mual pada penderita bukan hanya mual saja namuan bisa muntah dan mengganggu keseimbangan juga. Vertigo bisanya tidak berlangsung lama. Adapun hal-hal yang dapat menyababkan vertigo adalah sebabai berikut:

• Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)
Ini merupakan penyebab umum dari vertigo. Dimana penerita merasakan seperti perubahan posisi kepala. Hal ini biasanya terjadi pada saat tiduran atau pada saat pagi hari

• Peradangan Pada Telinga Bagian Dalam
Orang yang mengalami peradangan telinga bagian dalam (vestibula neuritis akut) Ini bisanya akan mengalami suatau gejala seperti vertigo yang dapat dirasakan selama berhari-hari dan disertai, mual, muntah dan masalah keseimbangan tubuh yang terganggu. Gangguan telinga bagian dalam ini bisa membuat orang yang menderita harus beristirahat total, walaupun dapat sembuah dengan sendirinya namun dengan perawatan medis sejal dini dapat mempercepat penyembuhan.

• Penyakit Meniere
Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan cairan yang berlebih pada telinga bagian dalam. Dan masalah ini dapat menyebabkan vertigo secara tiba-tiba dan dapat berlangsung lama, yang disertai dengan gangguan pendengaran, telinga berdengun, sensasi penuh pada bagian telinga.

• Migrain Vestibular
Migrain merupakan sensasi sakit kepala yang melebihi sakit kepala biasa. Beberapa orang yang mengalami ini biasanya juga akan mengalami vertigo yang bertahan beberapa lama, serta sensitif terhadap cahaya maupun suara.

• Neuroma akustik (schwannoma vestibula)
Ini merupakan gangguan yang ditandai dengan tumbuhnya kanker jinak pada saraf vestibular, yakni saraf yang menghubungkan telinga dengan bagian otak. Gejala yang diakibatkan oleh gangguan tersebut antara lain adalah timbulnya gangguan pendengaran maupun timbulnya tinnitus yang disertai pusing atau pun hilangnya keseimbangan tubuh.

• Penyebab Lain
Vertigo bisa saja menjadi gejala dari penyakit stroke, multiple sclerosis maupun pendarahan otak. Orang yang mengalami hal hal tersebut bisanya akan mengalami beberapa gejala neurologis seperti bicara cadel, mati rasa atau kelemahan, pengelihatan ganda, terganggunya koordianasi anggota badan, atau keseimbangan badan yang terganggu.

2. Perasaan Ingin Pingsan
Rasa pusing kemungkinan besar dapat membuat penderita menjadi merasakan sakit kepala, mual, kelelahan, ataupun kulit menjadi pucat. Hal-hal tersebut dapat disebabkan beberapa hal, berikut hal yang menyababkannya;

• Penurunan Tekanan Darah (Hipotensi Ortostatik).
Hal ini bisanya terjadi pada saat Anda berdiri setelah agak lama duduk.

• Output Darah dari Jantung Tidak Memadai
Aliran darah yang tidak mencukupi dari organ jantung dapat menyababkan kondisi tertentu seperti penyakit otot jantung (kardiomiopati), Gangguan Aritmia(irama jantung), maupun karena penurunan volume dara dalam tubuh.

3. Hilangnya Keseimbangan (disequilibrium)
Hilangnya keseimbangan dapat disebabkan oleh beberapa hal, berikut hal yang dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan tubuh:

• Masalah Telinga dalam (Vestibular)
Kelaian pada telinga bagian dalam yang dapat menyababkan sensasi bergoyang saat berjalan terutama dalam kaadan gelap.

• Gengguan Sensorik
Ini merupakan gangguan hilangnya keseimbangan tubuh yang disebabkan kagagalan visi maupun terjadi kerusakan saraf kaki (neoropati parifer). Hal ini banyak dialami oleh orang dewasa.

• Kondisi Neurologis
Gangguan ini seperti penyakit parkinson dan ataksia cerebellar yang dapat menyababkan keseimbangan tubuh hilang.

• Penggunaan Obat-obatan
Obat-obatan seperti anti kejang, atau obat penenang dapat memberilkan efek kehilangan keseimbanga.

4. Sensasi Pusing Lainyya
Gangguan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti yaitu sebagai berikut:

• Penggunaan Obat
Pengguanna Obat-obatan seperti obat penurun tekanan darah tinggi secara berlebihan dapat memberikan efek pusing

• Cemas
Timbulnya kecemasan yang berlebih dapat menyababkan kepanikan ataupun ketakutan yang berlebih

• Anemia
Kurang darah juga merupakan penyebab dari kepala pusing, hal ini ditandai dengan capat lelah dan kulit terlihat pucat

• Gula darah rendah (hipoglikemia)
Gula darah rendah juga dapat menyebabkan kepala menjadi pusing, bisanya ini dialami oleh penderita diabetes yang menggunakan insulin terlalu tinggi. Hal ini juga dapat menyababkan keluarnya keringat yang banyak dan persaan binggung.

• Dehidrasi
Dehidrasi Juga dapat menyebabkan terjadinya pusing pada kepala.

• Infeksi
Infeksi yang dapat menyebabkan pusing adalah infeksi pada telinga bagian dalam.

Diagnosa

Untuk mengatahui penyebab kepala sering pusing biasanya akan dilakukan prosedur sebagai berikut:
1. Pengujian mata - Pengujian mata akan dilakukan untuk mengamati gerakan mata pada saat melihat benda-benda yang bergerak
2. Pengujian posturography - Ini dilakukan untuk menunjukan bagian dari sistem keseimbangan tubuh yang mengalami masalah.
3. Pengujian dengan kursi - Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan kursi yang diputar yang dikendalikan dengam menggunakan komputer.
4. MRI - Hal ini untuk mendapatkan gambar yang lebih rinci tentang kepala dan tubuh pasien.

Pengobatan

Pengobatan pada kepala pusing dilakukan dengan melihat gejala yang ditimbulkan, seperti:

1. Terapi Fisik posisi kepala (canalith reposisi)
Yang biasanya akan memperoleh hasil yang efektif setalah dilakukan terapi sebanyak 1 sampai 2 kali. Terepi ini diterapkan kepada penderita pusing yang disebabkan oleh Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV).

2. Latihan Keseimbangan (rehabilitasi vestibular)
Perawatan ini dilakukan untuk mengobati neuronitis vestibular akut atau labyrinthitis yang bisanya dilakukan kepada orang yang pusing akibat gangguan pada telinga bagian dalam.

3. Diet rendah Garam
Mengurangi resistensi cairan tubuh dengan cara diet rendah garam dengan penggunaan obat diuretik untuk mengatasi pusing yang diakibatkan oleh penyakit meniere.

4. Prosedur Psikoterapi
Ini dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan yang menjadi penyebab pusing.

Pencegahan

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah datangnya rasa pusing diantaranya sebagai berikut:

1. Pada saat hendak bangun dari tidur atau duduk bangunlah secara perlahan
2. Sebelum berdiri setelah bangun tidur duduklah terlebih dahulu
3. Jangan bangun secara tiba-tiba pada saat tidur

Hal-hal tersebut dilakukan untuk menghindari aliran darah yang mendadak keotak, yang dapat menyababkan pusing bahkan dapat menyebabkan kerusakan otak serta stroke.

Komplikasi

Orang yang sering pusing dapat meningkatkan resiko sering jatuh, apalagi pada saat bekendara dengan kendaraan roda 2 maupun mengoprasikan mesin, yang dapat meningkatkan resiko kecelakaan. Demikianlah Kepala Sering Pusing Gejala Penyebab dan Pengobatan semoga dapat bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kepala Sering Pusing Gejala Penyebab dan Pengobatan