Tuesday, 15 March 2016

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dan Kering

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dan Kering Secara Cepat - Mungkin semua orang pernah merasakan yang namanya batuk dan harus tahu pula bagaimana cara mengobati batuk berdahak maupun batuk kering. Batuk dapat disebabkan oleh virus influenza atau ada debu yang masuk ketenggorokan Anda. Namun Jika yang menyababkan batuk adalah virus, batuk tersebut dapat berlangung lama dan diperlukan penanganan khusus. Batuk juga dapat disebabkan oleh Alergi, TBC, infeksi saluran pencernaan dan lain sebagainya.


Batuk merupakan kondisi dimana paru-paru sedang melawan infeksi atau sedang mengeluarkan zat asing yang mengganggu salauran pernafasan. Batuk pada umunya terbagi menjadi 2 yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Ada beberapa cara untuk mengatasi batuk berdahak dan kering tersebut. Berikut ini adalah cara mengobati batuk kering dan batuk berdahak seperti yang dijelaskan di halosehat.com



Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dan Kering Secara Cepat


Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dan Kering Secara Cepat n


1. Minum banyak air
Pada saat Anda batuk hal yang pertama yang dilakukan adalah dengan banyak minum air putih, karena pada saat Anda batuk sebagian cairan ikut keluar dari dalam tubuh. Batuk juga dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah. Batuk juga menyababkan Anda akan banyak mengeluarkan keringat, takanan pada perut yang berlebihan sehingga dapat membauat Anda menjadi mual, dan air putih merupakan pertolongan pertama untuk mengatasi batuk.


2. Air Hangat dicampur Madu, Lemon dan Jahe
Ramuan ini dapat digunakan untuk mengobati batuk kering dan meninggalkan rasa gatal pada tenggorokan. Cara membuat ramuan ini




  • Sediakan 1 ruah jahe atau secukupnya

  • Bersihkan jahe

  • Memarkan, Lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih

  • Saring dan tambahkan madu, perasan lemaon

  • Minum ramuna ini 3 kali sehari


Vitamin C yang terkandung dalam lemon berguna untuk meninhkatkan kekebalan tubuh Anda, sedangkan jahe mengandung flavonoid yang berguna untuk membantu melegakan tenggorokan. Sementara madu memberikan berbagai jenis vitamin dan mineral serta antioksidan yang sangat berguna untuk tubuh.


3. Teh dari Akar Manis
Untuk mengobati batuk ringan dan juga flu Anda dapat menggunakan akar manis yang dijadikan teh. Akar manis merupakan tanaman yang sering digunakan untuk bahan pembuatan obat herbal, salah satunya untuk mengobai batuk. Akar manis mengandung zat yang dapat membuat pernafasan menjadi lega dan dapat juga menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan. Nama lain dari akar manis adalah liquorice yang mungkin pernah Anda dengar, yang sering dijadikan permen untuk melegakan tenggorokan. Cara membuat obat batuk dengan akar manis cukup mudah yaitu sebagai berikut:




  • Sediakan akar manis secukupnya

  • Bersikan

  • Lalu rebus dengan satu gelas air sampai mendidih

  • Setelah mendidih angkat dan tunggu sampai hangat

  • Tambahkan madu lalu diminum 2-3 kali sehari.


4. Mandi Uap dengan Air Hangat
Batuk dapat membuat tubuh menjadi lelah dan menguras tenaga cukup banyak, untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mencoba mandi dengan air hangat. Uap air dari air hangat juga dapat membantu mengeluarkan lendir yang terdapat dalam hidung. Cara ini juga baik untuk Anda yang menderita batuk dikarenakan alergi .


5. Minum Madu
Batuk juga dapat diatasi dengan minum madu. Madu banyak mengandung mineral yang sangat berguna untuk tubuh, diantaranya menjaga kekebalan tubuh, sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan lain sebagainya. Untuk mengobati batuk minumlah 1 sendok makan sebelum tidur, madu lebih efektif untuk mengobati anak-anak namun dapat juga diterapkan untuk orang dewasa. Dan gunakanlah madu, untuk Anak balita jangan gunakan madu hutan karena dapat membanhgayakan.


6. Gunakan Permen Pelega tenggorokan
Permen pelega tenggorokan dapat juga dijadikan obat untuk mengatasi batuk, permen yang dapat melegakan tenggorokan Adalah permen yang mengandung akar masin (liquorice ), atau daun mint. Permen yang mengadung bahan tersebut memang ditujukan untuk meleakan tenggorokan.


7. Teh Hijau
Teh hijau dapat digunakan untuk mengatasi rasa lelah yang melanda Anda. Teh hijau juga dapat melegakan pernafasan dan juga meredakan batuk, selain itu teh hijau merupakan bahan minuman yang mengandung Antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas dan juga melawan infaksi dari virus atau bakteri yang menyababkan batuk.


8. Gunakan Uap Balsem
Bila batuk merupakan akibat dari flu, makan Anda dapat menggunakan uap dari balsem atau minyak yang memiliki aroma kuat seperti minyak esensial. Caranya adalah dengan mencampurkan balsem atau minyak dengan air panas dan kemudian hirup udaranya. Atau dengan dapat juga menggunakan kertas atau tisu oleskan dan hirup aromanya.


9. Menghirup Aroma Bawang Putih
Bawang putih merupakan bumbu masak yang dapat juga digunakan untuk mengobati batuk, berikut caranya:




  • Siapkan 2-3 siung bawang putih

  • Iris kecil kecil

  • Masukan kedalam air panas

  • Tutup kepala dengan handuk

  • Hirup uap dari bawang putih.


Uap dari bawang putih tersebut memang tidak terasa nyaman, namun uap tersebut dapat mengatasi batuk yang Anda derita.


10. Konsumsi Makanan Yang Pedas
Makanan yang pedas juga dapat mengobati batuk yang disebabkan oleh flu, cobalah untuk mengobati batuk dengan mengonsusi makanan yang menggunakan cabai atau paprika sebagai bumbunya. Cabai dan paprika dapat membantu melegakan pernafasan, Selain itu cabai juga mengandung antioksidan dan vitamin C dan senyawa flavonoid yang dapat membantu penyembuhan batuk. Cara ini hanya bisa digunakan oleh orang remaja - dewasa.


11. Berkumur dengan Air Garam
Selain dapat meringankan sakit tenggorokan air garam juga dapat digunakan untuk meringankan batuk, cara ini dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Caranya campurkan 1 sendok makan garam dengan 1 gelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur - kumur.


12. Konsumsi Yogurt
Dengan mengonsumsi Yogurt dapat juga mengatasi batuk yang mengganggu. Yogurt mengandung senyawa prebiotik yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang baik dapat mempercepat penyembuhan penyakit batuk.


13. Makan Nanas
Nanas dapat juga dijadikan obat untuk melegakan batuk, nanas menganduk zat aktif yang disebut bromelain yang berguna untuk mengurangi rasa mual, muntah dan batuk. Bromelain juga dapat membantu dalam mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan, Mengkonsumsinya secara langsung akan lebih baik atau dibuat jus juga bisa.


14. Behenti Merokok
Jika Anda seorang perokok maka segeralah untuk berhenti, karena merokok dapat membuat batuk menjadi semakin parah.


15. Minum Wedang jahe
Jehe mangandung zat yang dapat membantu dalam penyembuhan batuk dan juga mengandung zat anti peradangan. Selai itu jahe juga dapat membuat pernafasan Anda menjadi lega. Cara membuat wedang jahe cukup mudah.




  • Pertama siapkan beberapa ruas jahe

  • Cuci bersih lalu memarkan

  • Rebus dengan 2-3 gelas air

  • Tambahkan gula jawa agar lebih nikmat

  • Untuk menambah khasiatnya Anda dapat menambahkan beras kencur, selain khasiatnya yang bertambah

  • rasanya juga akan semakin nikmat.

  • Saring dan minum selagi hangat akan lebih nikmat

  • Dimunum dalam keadaan dingin juga tidak kalah nikmatnya.


16. Makan Sup Ayam
Jika batuk yang Anda derita dikarenakan flu Anda bisa mencoba sup ayam untuk mengobatinya. Sup ayam yang terdiri dari wortrel. Kubis, kentang dan lainnya juga sangat menyehatkan, dengan menambahkan cabai khasiatnya akan bertambah.


17. Minum Jus Anggur
Buah Anggur juga dapat digunakan untuk mengobati batuk secara alami. Anda dapat membautnya menjadi jus Anggur tanpa mengupas kulitnya. Dan jangan campur anggur dengan air, karena akan lebih berkhasiat tanpa dicampur dengan air. Anggur berguna untuk melegakan trenggorokan dan juga mengencerkan dahak, jadi anggur merupakan buah yang dapat menyembuhkan batuk berdahak.


18. Kacang Almond
Kacang Almond juga dapat digunakan untuk mengobati batuk kering. Selain itu kacang almond juga dapat menyehatkan tubuh. Anda dapat mengonsumsiny dalam bentuk pasta/selai yang dapat Anda beli dalam keadaan sudah jadi atau bisa juga membuatnya sendiri dengan cara haluskan beberapa butir kacang almond lalu masak dengan menggunakan mentega. Makanlah pasta kacang almon ini dengan menggunakan roti.


19. Madu dan Adas
Adas juga dapat digunakan untuk mengobati batuk, Adas kering biasany digunakan sebagai bumbu masak, namun kali ini adas akan digunakan untuk mengobati batuk dengan campuran sedikit madu. Caranya sebagai beriut




  • Rebus Adas dengan 1 atau 2 gelas air hingga mendidih

  • Dinginkan dan saring

  • Tuang dalam gelas dan tambahkan madu secukupnya

  • Minum ramuan ini ketika masih hangat


Minuman ini dapat membantu melegakan tenggorokan Anda.


20. Lobak dan Madu
Lobak biasanya digunakan untuk sayuran, namun dapat juga digunakan untuk mengobati batuk berikut caranya:




  • Parut lobak secukupnya

  • Peras dan tambahkan madu kedalam perasan lobak tersebut.

  • Minum Perasan tersebut


Lobak mengandung Antioksidan yang baik untuk tubuh, selain itu lobak + madu juga dapat meningkatkan nasfu makan.


21. Daun kemangi
Selain dapat digunakan untuk lalapan daun kemangi juga dapat digunakan untuk mengobati batuk bardahak. Kemangi dapat memberi efek menyegarkan pada tubuh cara membuat ramuan dengan daun kemangi cukup mudah berikut caranya:




  • Ambil Daun kemangi secukupnya

  • Cuci sampai bersih, keringkan sebentar

  • Tumbuk sampai halus.

  • Oleskan pada dada dan leher


Efek pertama akan terasas panas namuan selanjutnya akan terasa segar.



Tips memilih obat batuk


Sebagian orang ketika terserang batuk tidak langsung mengobatinya, terutama orang dewasa, ketika batuk tak kunjung sembuh dalam waktu yang cukup lama barulah mereka akan mengobatinya, Nah untuk memilih obat batuk Anda harus tahu hal - hal berikut:




  1. Ketehui batuk yang Anda deriata, Batuk berdahak atau batuk Kering atau batuk karena kelelahan

  2. Batuk kering ditandai dengan rasa gatal pada tenggorokan, sakit tenggorokan.

  3. Batuk Basah atau batuk berdahak biasany disertai dengan pilek, keluar dahak pada saat batuk, rasa sakit pada

  4. saat bernafas dan terasa tertekan pada bagian dada.

  5. Baca aturan pakai sebelum minum

  6. Jika batuk tak kunjung sembuh segera konsultasi kedokter, karena hal tersebut bisa saja batuk menahun.


Demikianlah Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dan Kering Secara Cepat Menjaga semoga bermanfaat terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dan Kering

0 komentar:

Post a Comment