Cara Mencegah Batuk Secara Alami

Cara Mencegah Batuk Secara Alami - Batuk merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi dan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari. Batuk dapat menyerang siapapun dan tanpa pandang usia. Batuk secara umum terbagi menjadi dua yaitu batuk kering dan batuk berdahak.


Batuk Kering - Merupakan batuk yang tidak disertai dahak, dan seringkali batuk ini disertai suara yang tajam dan rasa sakit pada tenggorokan.


Batuk Berdahak - Merupakan batuk yang disertai dengan cairan atau dahak/slime, dan biasanya diawali atau disertai dengan flu.



Penyebab Batuk


Batuk dapat disebabkan oleh banyak hal, dan setiap orang bisa berbada faktor yang menyababkannya. Berikut beberapa penyebab batuk:




  • Infeksi Tenggorokan

  • Tersedak

  • Asap roko

  • Polutan dan

  • Alergen Di udara

  • Gangguan sistem pernafasan

  • Gorengan

  • Permen

  • Tertular dari orang lain


Cara Mencegah Batuk Secara Alami


Itulah beberapa penyebab batuk yang umumnya terjadi, namun perlu diketahui masih banyak hal yang dapat menyebabkan batuk dan hal tersebut tergantung dengan kondisi tubuh seseorang. Semakin baik kekebalan tubuh orang tersebut maka semakin baik pula ketahan tubuh terhadap suatu penyakit termasuk batuk. Untuk mencegah batuk menyerang ada beberapa cara yang dapat dilakukan, terutama jika Anda sudah mengetahui faktor yang meyebabkan Anda bantuk. Berikut hal yang dapat Anda lakukan untun mencegah batuk Secara alami seperti yang dijelaskan di halosehat.com:



Cara Mencegah Batuk Secara Alami


1. Hidari Asap Rokok dan polutan Lainya
Untuk menhindari batuk Anda dapat mejahui asam rokok, atau jika Anda perokok Anda harus segera berhenti merokok, bukan hanya asap rokok saja yang harus dihindari namun polutan lainya juga harus dihindari seperti asap pembakaran sampah, asap kendaraan bermotor dan asap lainnya.


2. Jika Mengalami Gejala tenggorokan kering segera minum obat
Obat yang dapat Anda minium adalah obat alami seperti wedang jahe atau yang lainya. Batuk biasanya diawali dengan rasa gatal dan kering pada tenggorokan, maka jika hal tersebut telah Anda alami segeralah minum obat. Jika tidak langsung ditangani dapat berlanjut menjadi batuk.


3. Kurangi makanan yang telalu banyak menggunakan pemanis, gorengan dan minuman dingin
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan batuk adalah makanan yang sering kita konsumsi setiap hari. Dan yang paling sering adalah gorengan, makanan yang terlalu manis dan juga makanan atau minuman dingin.Oleh sebab itu Anda harus mengurangi makanan dan minuman tersebut, terutama untuk anda yang sering batuk setelah mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut.


4. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi terutama vitamin C, rajin berolahraga, cukupi istirahat. Selain itu berpuasa paling tidak 2 kali dalam seminggu atau 3 kali dalam sebulan juga dapat membantu memperkuat sistem imun. Jika kekebalan tubuh Anda baik maka macam-macam penyakit tidak mudah untuk menyerang Anda terutama, flu batuk dan lainnya.


5. Gunakan Masker Saat berkendara roda 2
Pada saat mengendari motor atau sepeda gunakan masker terutama dikota-kota bersar, untuk mencegah polusi udara terhirup pada saat bernafas. Selain itu masker juga berguna untuk mencegah terhirupnya virus, kuman dan bakteri yang berterbangan diudara yang dapat meneyababkan berbagai masalah kesehatan termasuk batuk.


6. Cukupi Asupan Air Putih
Air putih juga memiliki peran dalam mepertahankan diri dari bebagai macam pernyakit. Karena air dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang memiliki manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu minum air putih dapat membantu dalam pencegahan terjadinya iritasi dan radang pada tenggorokan yang disebabkan oleh tenggorokan yang kering.


Demikianlah Cara Mencegah Batuk Secara Alami, air putih sangat efektif untuk mencegah datangnya batuk. Minumlah air putih 6 - 8 gelas sehari atau disesuikan dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mencegah Batuk Secara Alami