Sunday, 20 March 2016

Bahaya Minum Air Es Bagi Kesehatan

Bahaya Minum Air Es Bagi Kesehatan - Saat hari yang panas, kekrongkongan yang terasa kering, minum air es merupakan suatu kenikmatanyang luar biasa. Namun tahukan Anda, bahwa air es dapat membayakan tubuh?. Minum Air es masih manjadi polemik untuk kesehatan sampai saat ini. Ada yang mengatakan berbahaya, dan ada pula yang mengatakan tidak. Ingin tahu apa saja bahaya minum air es atau air dingin? Simak penjelassan berikut seperti yang dikutip dari halosehat.com:



Bahaya Minum Air Es Bagi Kesehatan


1. Memperlambat Pencnaan
Dalam konsep kedokteran, pencernaan merupakan proses yang membutukkan panas. Untuk memperlancar proses pencernaan dibutuhkan makanan yang masak dan hangat, atau minuman yang hangat. Masuknya air dingin atau air es dapat mengganggu panas dalam organ percernaan tersebut. Hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi tidak nyaman.


Bahaya Minum Air Es Bagi Kesehatan


Dalam konsep kedokteran timur minum air es / air dingina dapat menyababkan ketidak seimbangan dalam tubuh yang dapat menyababkan sakit. Namun ada juga pendapat air es akan mangalami penghangatan secara alami oleh tubuh, sehingga suhu es dapat sesui dengan tubuh.


2. Mempersempit Usus
Kebiasaan mimun es atau air dingin dapat menyebabkan dinding usus menyempit, yang dapat mengganggu proses pencernaan dan penyerapan dalam usus. Air es juga dapat menyababkan partikel partikel makanan yang mengandung minyak, sehingga menyebabkan penumpukan lemak pada bagian usus yang menyebabkan penyempitan pada usus.


3. Perut Buncit
Dalam proses penghangatan air dingin dibutuhkan bantalan lemak-lemak yang ada dalam perut. Dan jika terlalu sering minum air es atau bahkan menjadi kebiasaan makan bantalan lemak yang dibutuhkan semakin banyak. Bantalan lemak dalam perut berasal dari asupan makanan yang kita konsumsi. Dan jika tidak diseimbangi dengan olahraga yang cukup dapat menyababkan perut buncit.


4. Perut Kembung
Air es atau air dingin dapat membuat perut menjadi kembung. Minum es akan membuat kerja perut di dalam perut. Selaput lendir di dalam lanbung akan berkontraksi (mengerut). Dan sekanjutnya otot perut akan kraam atau kejang. Sementara Enzim dan cairan dalam lambung akan bereaksi terhadap air dingin tersebut. Dan timbullah gas dalam perut yang menyababkan kembung (begah).


5. Tidak dianjurkan dimimun sehabis olahraga.
Pada saat olahraga atau baru saja olahraga otot akan tegang, suhu tubuh lebih panas, dan dalam tubuh terjadi proses pembakaran lemak. Ketika air es masuk ke dalam tubuh dalam keadan seperti itu dapat menyababkan perubahan tubuh secara tiba tiba yang dapat menyababkan terganggunya proses metabolisme tubuh.


Hal tersebut dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga aliran darah tidak lancar, bahkan dapat menyebabkan otot menjadi kraam atau kejang perut. Jika hak tersebut juga dapat menyababkan terganggunya proses sirkulasi darah. Pada saat selesai atau saat sedang berolahraga minum air dingin tanpa es merupakan cara yang lebih baik.


6. Pusing
Pusing bukanhanya dapat disebabkan oleh kurang darah, namun minum air es juga dapat menyebabkan pusing juga. Pada saat metabolisme tubuh terganggum, sistem saraf tidak dapat menerima respon perubahan suhu dingan dengan cepat. Organ tubuh yang membutuhkan O2 dan zat lainnya tiba - tiba berkurang pasokannya, termasuk ke otak. Otak tidak mampu beradaptasi dengan cepat sehingga mengakibatkan pusing.


7. Rasa Haus Berlebih
Minum Air dingin bukannya dapat menghilangkan rasa haus, tapi malah sebaliknya, minum air es malah akan menambah rasa haus, dan ketika ditambah air dingin dapat menyababkan ketidak seimbangan tubuh. Air es dapat menyababkan tubuh cepat kehilangan cairan.


8. Otak Membeku
Pernahkan Anda pada saat minum es dan tiba tiba otak terasa seperti membeku?. Dan memang benar minum es dapat menyebabkan hal tersebut. Penelitian tentang pembekuan otak pernah dilakukan dengan sejumlah orang yang diminta minum air es dengan menggunakan sedotan hingga mengenai langit-langit mulut mereka. Aliran darah yang menuju orak kemuduian di monitor, dan dari hasil pengamatan yang dilakukan menemukan bahwa hal tersebut memicu terjadinya peningkatan aliran darah menuju otak. Sensasi ini memicu rasa pusing sesaat atau pembekuan otak.


Pada penderita migrain dan sakit kepala, pembekuan otak berpeluang terjadi. Studi dari Harvard Medical School sebagaiman dikutip dari CBSnew mendapatkan kesimpulan bahwa otak sangat sensitip terhadap suhu.


Demikianlah Bahaya Minum Air Es Bagi Kesehatan. Dokter menyarankan agar minum air dengan suhu kamar, karena hal ini lebih baik dari pada minum es, Terutama jika sehabis makan. Karena jika minum es tubuh akan mengeluarkan energi extra untuk menyeimbangkan air es dengan tubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahaya Minum Air Es Bagi Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment