Saturday, 19 March 2016

Bahaya Makan Laut Untuk Kesehatan

Bahaya Makan Laut Untuk Kesehatan - Makanan Laut alias Seafood merupakan salah satu makan yang banyak digemari oleh masyarakat, mereka manyukai karena makanan ini rasanya gurih, kaya akana nutrisi dan juga nikmat. Siapa pun akan ketagihan apa bila sudah memakannya keculi bagi orang yang memiliki alergi pada makanan seafood.


Makan laun saat ini cukup mudah diperoleh, dari pasar moderen hingga pasar tradisional menyediakan macam - macam makanan laut, ada yang masih segar dan ada juga yang sudah menjadi ikan asin dan lain sebagainya.



Makanan laut memiliki berbagai jenis seperti lobster, udang, kepiting, ikan tongkol, tuna, ikan teri dan lain sebagainya. Cara mendapatkan makanan laut tersebut bisa dari hasil dari nelayan dan ada juga hasil budidaya.



Manfaat Makanan Laut


Makanan Laut memiki berbagai nurtisi yang dibutuhkan tubuh, dibalik rasanya yang lezat makanan laut memiliki berbagai manfaat, berikut manfaat makanan laut seperti yang dijelaskan di halosehat.com:


1. Protein
Makanan Laut banyak mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga makanan laut sangat baik dikonsumsi oleh anak anak hingga orang dewasa.


2. Omega 3
Seafood mengandung omega 3 yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak, sehingga makanan laut sangat baik untuk perkembanga anak yang dapat meningkatkan kognitif dan kemampuan berfikirnya.


3. Mineral
Seafood kaya akan mineral yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar. Sehingga harga dan kualitas makanan laut lebih tinggi dibanding dengan ikan air tawar.


Nah itulah beberapa manfaat makanan laut untuk tubuh, namun dibalik kelebuihannya makanan laut juga dapat membahayakan kesehatan. Apa sajakah itu. Berikut bahaya seafood untuk kesehatan seperti yang dijelaskan di halosehat.com:



Bahaya Makan Laut Untuk Kesehatan


1. Kolesterol Tinggi
Makanan laut memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi jika dibandinkan dengan hewan darat lainnya dan juga dibandingkan dengan ikan air tawar. Hal ini bisa saja menjadi masalah bagi Anda yang memiliki Kadar kolesterol yang tinggi, setelah mengonsumsi makanan laut, makan kemungkinan kadara kolesterol dalam darah Anda dapat naik. Namun Jika Anda mengonsumsinya dengan jumlah yang wajar dan tidak setiap hari hal ini bisa tidak akan terjadi. Jadi mengolah makanan laut dengan cara dibakar, atau direbus merupakan cara yang lebih baik dari pada digoreng.


2. Merkuri yang Berbahaya
Merkuri bayak terkandung dilaut, merkuri ini biasaya merupakan hasil dari hasil pembuangan limbah pabrik yangh dibuang sembarang oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Atau pun kebocoran bahan bakar dari kapal yang berlayar dilautan. Mekuri ini mengkontaminasi ikan yang ada dilaut dan dapat termakan oleh Anda pada saat mengkonsumsi Seafood. Merkuri ini dapat memberi dampak buruk untuk kesehatan kulit. Dan jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyababkan kanker.


3. Bisa Menjadi Racun Bagi Tubuh
Ya beberapa makanan laut memiliki kandungan racun yang dapat membahayakan tubuh, hal ini dapat terjadi jika seafood tidak diolah dengan benar, seperti cara menyembelih yang salah dan sebagainya. Salah satunya adalah ikan dori, ikan ini jika salah dalam mengolah dapat berubah menjadi racun yang dapat menyababkan kematian mendadak. Jenis yang lain adalah ubur - ubur yang dapat mengganggu kesehatan.


4. Menyebabkan Alergi
Untuk yang satu ini hanya akan tejadi pada sebagian orang saja. Respom alergi makanan laut dapat muncul langsung pada saat memakannya atau beberapa saat setelah memakannya. Biasanya alergi muncul dengan ditandai gatal gatal pada bagian mulut dan lidah. Jika sudah parah dapat menimbulkan ruam, bintik kemerahan dan juga dapat menyebabkan demam tinggi pada penderita.


5. Bakteri Salmonella
Makanan laut terkadang juga mengandung bakteri salmonella yang apabila masuk dalam tubuh dapat menyababkan banyak sekali masalah pada kesehatan. Bakteri salmonella dapat masuk kedalam tubuh jika seafood tidak dimasak dengan benar. Sehingga bakteri tidak mati dan masuk kedalam tubuh saat dikonsumsi.


Tips Mencegah Bahaya Makan Seafood
• Masaklah seafood dengan benar.
• Pastikan makanan laut masih segar dan tidak busuk
• Buang semua bagian seafood yang tidak bisa dimakan
• Jika memungkinkan hindari menggoreng Seafood.


Demikialah Bahaya Makan Laut Untuk Kesehatan, makanan laut merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi jika dikonsumsi dengan wajar dan benar dapat memberi manfaat yang luar biasa untuk tubuh, namun jika dikonsumsi dengan berlebihan dan tidak benar makan dapat menyababkan berbagai masalah untuk tubuh. Jadi konsumsilah makanan laut dengan bijak, bukan hanya makan laut namuan makan lainnya juga harus dikonsumsi dengan sewajarnya. Semoga bermanfaat.


"Banyak Penyakit Bersumber Dari Makanan Yang Kita Makan "

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahaya Makan Laut Untuk Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment