Saturday, 19 March 2016

Bahaya Kurang Minum Air Putih Untuk Kesehatan

Bahaya Kurang Minum Air Putih Untuk Kesehatan - Kerurangan cairan dalam tubuh dapat memberikan dapak buruk untuk kesehatan. Cairan merupakan komponen utama dalam tubuh, caira memiliki banyak peran dalam tubuh diantaranya menjaga suhu tubuh, membantu dalam membersikan racun dalam tubuh, dan lain sebagainya. Untuk memenuhi asupan cairan adalah dengam minum air dan dapat juga mengonsumsi makanan yang mengandung air, seperti buah semangka, sop dan lain sebagainya. Jika tubuh kekurangan cairan dapat mengakibkan hal yang dapat merugikan tubuh dan berikut akibat dari kurangnya minum air seperti yang dijelaskan di halosehat.com


1. Kekurangan cairan dan garam
Kurang minum air dapat menyebabkan kuranganya kadar garam dalam tubuh dan juga cairan dalam tubuh. Jika hal ini terjadi pada tubuh Anda makan fungsi dari organ - oragan tubuh dapat terganggu yang dapat menyababkan gejala ringan hingga berbahaya.


Bahaya Kurang Minum Air Putih Untuk Kesehatan


2. Dehidrasi
Dehidrasi dapat terjadi jika seseorang tidak mengonsumsi air terutama air putih dalam waktu lama, atau tidak mengonsumsi air pada waktu melakukan aktifitas yang berat misalnya olehraga, bekerja berat atau yang lainnya. Dehidrasi merupakan kondisi dimana cairan tubuh tidak tercukupi. Seiring berjalannya waktu proses penuaan dapat menurunkan rasa haus sehingga hal ini bayak terjadi pada orang tua. Dehidrasi memiliki gejala yaitu kuit kering, nafsi makan hilang, cemas, sakit kepala hingga lemas.


3. Beberapa Gejala hingga kematian
Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan tertutama air putih yang dapat menyababkan hal hal berikut:


• Pusing
• Mulut dan tenggorokan kering
• Kelaparan
• Panas
• Warna Urine Gelap
• Sakit kepala
• Haus
• Mengantuk
• Jantung berdetak tidak beraturan
• Halausinasi hingga kematian.


4. Dapat menyababkan gangguan pada otak
Dehidrasi dapat menyababkan seseorang mengalami gangguan pada fungsi otak, seperti hilangnya konsentrasi, mudah lupa dan hal lainnya. Ini diakibatkan kurangnya pasokan O2 pada otak, karena salah satu fungsi air adalah mengedarkan oksigen keseluruh tubuh. Kekurangan O2 pada otak dapat mengakibatkan perkembangan sel tidak aktif sehingga menciut dan akhirnya seseorang akan menjadi kehilangan konsentrasi, lemot, telmi dan menjadi pelulpa.


5. Lapisan Perut Rusak
Masalah pencernaan seperti sembelitm mulas merupakan suatu masalah yang sering terjadi pada sesorang. Untuk mengatasi hal tersebut minum air putih merupakan solusi pertama yang dapat dilakukan. Dengan cairang yang cukup dinding perut dapat mempertahankan ketebalanny, namun jika kekurangan dapat merusak dinding perut. Jika hal ini berlangsung lama dapat mengakibatkan kerusakan yang parah.


6. Radang Sendi
Kurangnya cairan dalam tubuh juga dapat mengakibatkan radang pada sendi, cairan pada tulang rawan pada umumya adalah sebanyak 85%, jika asupan air cukup maka tulang rawan akan tetap halus dan membuat pergerakan menjadi mudah kerena tetap terlumasi hingga dapat mengurangi nyeri karena arthritis. Dan bila cairan dalam tulang rawan kurang maka dapat mengakibatkan gesakan yang besar dan mengakibatkan fungsi sendi akan menurun dan dapat menimbulkan radng sendi.


7. Tekanan Darah tinggi.
Jika seseorang terlalu banyak minum air putih dapat menyebabakan tekanan darah rendah beda halnya jika kekurangan yang dapat menyababkan tekanan darah tinggi. Ini disebabkan karena pembuluh kapiler tertutup , sehingga jantung berkerja denan keras untuk memompa darah keseluruh tubuh. Dan akhirnya membuat pergerakan darah menjadi terbatas. Selain itu, jika pembatasan aliran darah terjadi pada ginjal karena kekurangan, yang dapat menyababkan tekanan darah tinggi yang disebabkan reaksi yang diberikan terhadap pembuluh darah dan arteri.


8. Kondisi Kulit Menjadi Buruk
Kekurangan air dapat juga berdampak buruk pada kulit. Hal ini terjadi karena resistesi dan fungsi enzim tidak mampu bekerja dengan baik sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar akibat struktur lapisan kulit luarnya memburuk.


9. Masalah pada Ginjal
Kekurangan air dapat menyababkan kerja ginjal menjadi lebih keras sehingga dapat menyababkan masalah pada ginjal. Untuk menghindari hal tesebut cukupilah kebutuhan air dalam tubuh Anda, dan pada saat Anda merasa haus segeralah untuk minum.


10. Infeksi Kandung Kemih
Kurang minum juga dapat menyababkan terinfeksinya kandung kemih. Dan gejalanya dapat berupa suhu badan yang meningkat, tidak dapat menahan buang air kecil, nyeri pada tulang kemaluan, nyeri pada saat buang air kecil. Dan jika sudah parah pada saat buang air kecil dapat mengeluarkan darah. Dengan minum air yang cukup dapat membantu mengeluarkan bakteri dalam saluran kemih sehingga dapat mengurangi resiko terkena infeksi kandung kemih.


11. Berat badan bertambah
Kurang minum air juga dapat menyebabkan bertambahnya berat badan, terlebih jika dibaringi dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak. Oleh sebab itu kebutuhan air harus tercukupi agar metabolisme tubuh dapat berfungsi dengan normal.



Fungsi Air Putih Untuk Tubuh


Tubuh Manusi Terdiri dari 60% cairan untuk orang dewasa dan 80% untuk anak - anak. Bahkan dengan jumlah air yang mendominan ini, tidak mimun air selama tiga hari dapat membuat manusia kekurangan air bahkan meninggal. Air memiliki fungsi yang vital dalam tubuh berikut fungsinya:


• Mengatur Suhu tubuh
• membantu ginjal dan hati untuk melarutkan sisa metabolisme
• Membawa oksigen dan nutrisi pada seluruh jaringan sel
• membantu dalam melarutkan mineral
Demikianlah Bahaya Kurang Minum Air Putih semoga bermanfaat. Cukupilah kebutuhan cairan Anda dengan minum air putih sesui dengan kebutuhan Anda, dan jangan berlebihan karena dapat membahanyaka tubuh juga, dan berikut bahaya terlalu banyak minum air.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahaya Kurang Minum Air Putih Untuk Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment