10 Ciri Ciri Kurang Tidur

10 Ciri Ciri Kurang Tidur - Sebagai manusia yang nomal tidur merupakan kebutuhan utama, tidur dilakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk dan lelah setelah beraktifitas seharian. Tidur juga berguna memuluhkan tenaga untuk melanjutkan aktifitas keesokan harinya.



Waktu Tidur Yang Cukup


Tidur merupakan proses alami yang dialami oleh tubuh, pada saat tubuh mulai lelah otak akan mengirimkan siyal untuk beristirahat salah satunya dengan cara tidur. Untuk usia remaja hingga dewasa waktu tidur yang dibutuhkan pada malam hari antara 6 - 8 jam. Jika kekurangan tidur dapat menyababkan efek - efek negatif pada tubuh.


Ciri Ciri Kurang Tidur


Untuk orang yang sireng kurang tidur akan memperlihatkan ciri- ciri yang cukup terlihat, dari segi prilaku maupun kondisi tubuh. Berikut ciri-ciri orang yang kurang tidur seperti yang dijelaskan di halosehat.com


1. Mudah Lelah
Ini merupakan salah satu ciri yang akan dialami oleh orang yang kurang tidur. Orang yang kurang tidur cenderung mudah lelah dan letih untuk menjalankan aktifitas. Hal ini dikarenakan tubuh tidak beristirahat dengan cukup pada malam hari. Untuk mengatasi hal ini Anda disarankan untuk melakukan hal hal berikut:


• Minum Air putih sebayak 2 gelas setelah bangun tidur dan ketika akan beraktifitas (Kecuali jika Anda sedang puasa)
• Tidur siang paling tidak 30 menit disiang hari
• Sarapan dengan makanan rendah kalori dan karbohodrat, namun tinggi serat dan protein seperti gandum utuh yang kaya akan serat.


2. Pada Siang Hari Mudah mengantuk
Orang yang kurang tidur akan lebih mudah mengantuk pada siang hari, meskipun tidak melakukan aktifitas yang berat. Orang yang kurang tidur pada saat duduk diam bisa jadi mangantuk yang berat.


3. Konsentrasi Menurun
Tidur bukan hanya berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh namun organ - organ lain seprti otak, pada saat tidur pun otak masih bekerja. Kurang tidur dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi dalam menjalankan aktifitas hal ini dapat membahayakan jika Anda berkendara. Untuk meminilalisasi hal ini Anda dapat melakukan hal hal berikut:


• Melakukan Relaksasi, seperti menghirup udara segar atau pijatan
• Minum Air putih yang cukup.


4. Sering Lapar
Hal ini disebabkan oleh naiknya hormon gherlin, yang memiliki fungsi memicu lapar. Hal ini tentu merugikan walaupun sudah sarapan dan hanya melakukan sedikit aktifitas namun perut mudah menjadi lapar. Dan akhirnya Anda akan banyak makan dan dapat menyababkan kegemukan kecuali untuk Anda yang memiliki tubuh kurus abadi,


5. Mood Yang Berubah - ubah
Orang yang kurang tidur biasanya memiliki mood yang tidak setabil. Sehingga jika ada masalah kecil bisa membuat emosi naik. Untuk mangatasi hal tersebut Anda dapat beristirahat sejenak dengan memejamkan mata paling tiddak 15 - 30 menit.


6. Sensitif
Selain merupakan kepribadian dari seseorang, sensitif juga merupakan ciri-ciri orang yang kurang tidur. Pada saat seseorang kurang tidur maka ia akan bangun dengan perasaan tidak enak, tidak segar, dan lelah.


7. Masalah Pada Kemampuan Kognitif
Kurang tidur dapat mengganggu kerja otak dan dapat menyababkan hal hal berikut:
• Telmi
• Mudah Lupa
• Sering salah dalam mengambil keputusan
• Sulit Menerrima Informasi
• Sering melamun
• Kadang kalau diajak bicara tidak nyambung
Hal ini disebabkan kurangnya konsentrasi atau konsentrasi menurun, Untuk mengurangi atau mengatasi hal tersebut Anda dapat melakukan hal hal berikut ini:


• Minum Suplemen untuk daya ingat
• Tidur siang paling tidak 30 menit
• Minum Air putih


8. Kantung mata
Kantung meta merupakan salah satu ciri-ciri orang yang kurang tidur dan merupakan ciri fisik yang terlihat sangat jelas yang diakibatkan kurangnya istirahat pada malam hari. Semakin lama orang kurang tiddur makan akan semakin tebal pula kantung mata yang terbentuk. Hal ini tentu dapat mengganggu penampilan.


9. Mata Sering kali memerah (Mata letih atau mata sakit)
Ini merupakan ciri kurang tidur yang sering terlihat pada orang yang kurang tidur, dan biasanya akan dosertai dengan mata yang letih, sakit dan berat.


10. Wajah terlihat lesu dan pucat
Pada saat seseorang kurang tidur atau kurang istirahat dapat menimbulkan wajah yang terlihat lesu dan pucat. Untuk mangatasi hal ini Anda dapat melakukan hal hal berikut:


• Cuci muka, terutama pada saat mata terasa berat
• Minum Air putih
• Mandi pagi
• Sarapan dengan makanan yang rendah kalori


Meskipun kurang tidur menimbulkan efek negati namun masih banyak orang yang sangat sibuk dengan pekerjaannya sehingga menyebabkan kurangnya waktu untuk beristirahat. Namun Ada juga orang yang tidak memiliki banyak aktifitas sengaja mengurangi waktu tidur untuk bergadang atau dapat juga orang tersebut mengalami insomnia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Ciri Ciri Kurang Tidur