Saturday, 10 October 2015

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit - Effek rumah kaca menyebabkan cuaca menjadi semakin panas dan berdapak pada kondisi tubuh kita. Diantaranya tubuh cepat lelah, capek, letih dan cepat ngantuk dan lain sebagainya. Mungkin di antara pembaca ada yang merasakan salah satunya. Hal ini dapat dikarenalkan dehidrasi atau dapat juga dapat disebabkan faktor lainnya. Kondisi ini dapat menyebabkan kekebalan tubuh menjadi tidak stabil dan dapat dengan mudah terserang penyakit. Untuk itu Anda harus cerdas untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda terhadap penyakit dan bagi yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah harus meningkatkannya agar tidak mudah terserang penyakit.


Penyakit yang dapat menyerang pada saat sistem kekebalan tubuh menurun diantaranya demam, flu dan berbagai penyakit lainnya. Untuk itu kita harus mencagah hal ini agar tidak terjadi pada tubuh kita, sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari kita.


Dengan kondisi tubuh yang baik Anda dapat menjalankan aktifitas dengan semangat dan dapat menyelesaikan tugas-tugas kuliah atau tugas kantor dengan baik. Nah berikut cara meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit atau meningkatkan kekebalan tubuh yang lemah, seperti yang dilansir dari nilni.com


Puasa


cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit


Cara yang pertama adalah puasa, cara ini merupakan cara yang mudah dan murah, selain dapat menambah kekebalan tubuh dengan puasa fikiran menjadi bersih, dan toxin dalam tubuh dapat dibuang dengan baik.  Bagi Anda yang beraga Islam Anda dapat mencoba puasa senin kamis, atau puasa yang lainnya sesuai dengan yang telah diajarkan Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam.


Perbanyak Minum Air Putih

cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit

Tubuh kita terdiri dari air yang mencapai hingga 70%, sehingga jika tubuh kita kekurangan cairan dapat menyababkan terserang penyakit. Dengan memperbanyak minum air toxind dalam tubuh dapat dengan mudah terbuang. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, migrain dan cepat stres.

Konsumsi Buah dan Sayur


cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah


Makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang lemah adalah buah dan sayuran, Buah dan sayuran mengandung Vitamin yang dibutuhkan Tubuh dan antioksidan yang berperdan menjaga tubuh dari radikal bebas. Unutuk memperoleh hasil yang maksimal Anda dapat mengkonsumsi buah secara langsung atau pada saat memasak sayur tidak boleh terlalu lama. dan hindari makanan junkfood yang merupakn makanan yang dapat mendatangkan berbagai macam penyakit seperti hipertensi, jantung dan lain sebagianya.


Vitamin C


makanan meningkatkan kekebalan tubuh


Vitamin C merupakan vitamin yang berperan untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C dapat berperan sebagai Detoksifikasi alami dalam tubuh, selain itu Vitamin C dapat membantu tubuh dalam melawan berbagai macam bateri berbhaya dan virus. Dengan mengkonsumsi Vitamin C dapat mempercepat penyembuhan pada saat sakit. Buah yang banyak mengandung Banyak Vitamin Diantaranya Buah jambu biji merah, Jeruk, Kiwi dan lain sebaganya.


Bawang putih


cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah


Bawang putih dapat dapat membantu tubuh dapat melawan virus dan bakteri, selain itu bawang putih dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah putih yang berperan melawan kuman penyebab penyakit. Selain itu bawang putih dapat di jadikan obat pada saat flu, dengan cara memakannya langsung atau mencampurkannya dengan mie instan.


Coklat


cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit
Hampir semua orang  suka coklat terutama perempuan, tahukah Anda selain dapat menenangkan pikiran coklat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah agat tidak mudah terserang penyakit. Coklat merupakan Antioksodan Konsentrat. Dengan mengkonsumsi coklat pahit atau coklat rendah gula dapat membuat tubuh menjadi sehat. Dalam sebuah penelitian dengan mengkonsumsi coklat dapat mengurangi resiko penyakit jantung, mengkontrol kadar kolesterol dalam tubuh dan memperbaiki sel darah yang rusak pada penderita diabetes.


Konsumsi Bayam


cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit


Bayam juga dapat berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Banyam mengandung folat yang tinggi yang berperan mecegah kerusakan DNA dan pembuluh darah, sehingga kekebalan tubuh terjaga. Banyam juga mengandung antioksidan yang berguna mencegah tubuh terpapar radikal bebas, Vitamin C dan Nutrisi lainnya.


Konsumsi Brokoli


cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah
Brokoli dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena Kandungan Vitamun A, C dan glutathione. Dalam sebuh penelitian menemukan bahwa brokoli dapat merengsang sistem kekebalan tubuh.


Konsumsi Semangka


cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit


Buah semangka pada umumnya memiliki warna merah namuan ada juga buah sengangka yang berwarna kuning, Buah ini mengandung antioksidan dan glutahione yang tinggi. Glutahione ini dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menghindari infeksi. Buah semangka juga mengandung Vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Antioksidan yang dikandung oleh buah semangka adalah karotenoid.


Rajin Olahraga
olah
Olahraga merupakan cara yang mudah dan murah untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Racun akan ikut terbuang pada saat tubuh mengelurkan keringat. Selain itu dengan berolahraga tubuh menjadi sehat dan bugar.


Olahraga membuat sirkulasi tubuh menjadi lancar, dan dapat menghindarkan dari berbahai macam penyakit berbahaya seperti Penyakit jantung, Darah tinggi, stroke, Diabetes dan lain sebagainya.

Tidur Dengan Cukup
Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit
Ini merupakan salah satu cara yang sebenarnya susah dilakukan untuk sebagian orang, apalagi jika memiliki masalah insomnia, Untuk itu Anda yang memiliki masalah Isomsnia Anda harus mengatasinya dengan cara Berikut "Cara mengatasi Insomnia". Ya tidur dengan cukup yakni 7-8 jam dalam sehari dapat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Kurang tidur dapat menyebabkan mata panda "Cara mengatasi Mata Panda", Kurang darah dan lain sebagainya. Orang yang kurang tidur juga dapat dengan mudah tertular penyakit apabila memiliki kekebalan tubuh yang kurang baik, selain itu juga kurang tidur dapat menyebabkan gangguan emosi sehingga tidak stabil.

Konsumsi Protein
Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit
Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit adalah dengan cara memenuhi kebutuhan tubuh terhadap protein. Apabila kekurang protein dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak stabil sehingga dapat dengan mudah terserang penyakit. Kekurangan protein dapat menyebabkan luka lama sembuh, rambut menjadi mudah rontok, masalah pencernaan, warna kulit berubah, kekurangan cairan dan yang paling parah dapat mengalami kerisakan liver.

Protein dapat diperoleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, telur, susu, kubis, ikan dan lain sebagainya. Protein juga memiliki peran dalam pembentukan sel-sel untuk meningkatkan daya tahan  tubuh.

Hindari Stres
Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit
Jalan macet cuaca panas dapat membuat kita stres. Stres dapat memberi pengaruh buruk terdap kesehatan. Pada saat stres tubuh akan mengeluarkan hormon adrenal dan kortisol. Hormon Adrenal dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. sedangkan kortisol dapat meningkatkan gula darah. stres dapat merusak sistem imun dalam tubuh, Untuk menghindari stres ada dapat melakukan berbagia aktifitas menyenangkan atau berolah raga ringan.

Konsumsi Yogurt
blueberry-791564_640
Mengkonsumso Yogurt secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Yogurt merupakan minuman hasil fermentasi susu yang mengandunh lactobacillus yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat juga melawan kanker dan infeksi.

Yogurt juga dapat berperan meningkatkan jumlah sel darah putih yang memiliki peran melawan infeksi. Sehingga orang yang rajin mengonsumsi yogurt memiliki sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit yang baik.

Probiotik atau strain hidup juga ditemukan dalam Yogurt, yaitu bakteri yang berperan menjaga usus dan saluran pencernaan dari kuman penyebab penyakit.

Hirup Udara Segar
Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit
Jika kamu merasa penat dan sesak cobalah untuk rilex sejenak dan mencari udara segar terbuka. Udara yang terbuka memiliki banyak pasokan O2 yang melimpah, Terlebih lagi jika disekitarnya ditumbuhi pepohonan yang menyejukan sehingga kualitas Oksigen lebih baik dari pada tidak ada pohon sama sekali.

Jika Anda tinggal diperkotaan cobalah seminggu sekali sempatkan jalan-jalan didaerah yanh memiliki banyak pepohonan hijau, seperti di pegununagn atau perkebunan.

Konsumsi Buah Berry

[caption id="attachment_937" align="aligncenter" width="300"]Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit raspberries[/caption]

Buah beri memiliki banyak macan seperti Blueberry, Strowberry, dan lain sebagainya. Buah-buhan ini kaya akan vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam buah berry dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.


Konsumsi Jahe

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit
Jahe merupakan salah satu ramuan yang sudah sejak lama diguanakan untuk pengobatan, jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Anda dapat mengonsusmsinya dalam bentuk wedang jahe. Jahe juga memiliki fungsi menetralisir racun yang ada dalam tubuh, Jahe juga berfungsi sebagai alat pembersih seperti membersihak paru-paru dan saluran pernafasan lainnya.


Konsumsi Jamur
Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit
Jamur yang dapat dikonsumsi salah satunya adalah jamur tiram yang cukup mudah ditemukan dipasar. Jamur tiram memiliki warna putih bersih dan bisa langsung dimasak. Jamur merupakan sumber Vit D.

Dalam sebuah penelitian menemukan peningkatan vitamin D pada tubuh dapat mencegah penyakit Kanker Prostat. Selain itu jamur juga dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Selain dapat berperan sebagai anti bakteri jamur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kadar Vit B-Kompleks, Vit A dan Vit C. Antioksidan yang terkandung dalam jamur juga dapat melindungi sel-sel dan mencegah penyakit kanker yang disebabkan kerusakan sel, selain itu jamur berguna mencegah penuaan dini dan penyakit lain.

Konsumsi Ikan
salmon-774482_640
Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang tidak asing untuk semua orang, terlebih lagi di Indonesi yang merupakan negara kepulauan yang banyak memiliki daerah laut dan danau. Ikan seperti ikan tuna, salmon dan mackerel merupakam ikan yang memiliki Omega-3 asam lemak. Zat ini memiliki fungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kebugaran.

Jika tidak dapat menemukan ikan salmon Anda juga dapat menggantiny dengan ikan air laut atau ikan air tawar yang ada.

Konsumsi Madu

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit
Madu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Madu Memiliki rasa yang manis dan sering dicampur dalam makanan atau minuman dalam mengkonsumsinya. Madu sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu madu dapat membantu mengatasi alergi, Asma dan juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit.


Mengkonsumsi madu setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Konsumsi Kacang Tanah

Rajin Olahraga Olahraga merupakan cara yang mudah dan murah untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Racun akan ikut terbuang pada saat tubuh mengelurkan keringat. Selain itu dengan berolahraga tubuh menjadi sehat dan bugar. Olahraga membuat sirkulasi tubuh menjadi lancar, dan dapat menghindarkan dari berbahai macam penyakit berbahaya seperti Penyakit jantung, Darah tinggi, stroke, Diabetes dan lain sebagainya. Tidur Dengan Cukup Ini merupakan salah satu cara yang sebenarnya susah dilakukan untuk sebagian orang, apalagi jika memiliki masalah insomnia, Untuk itu Anda yang memiliki masalah Isomsnia Anda harus mengatasinya dengan cara Berikut "Cara mengatasi Insomnia". Ya tidur dengan cukup yakni 7-8 jam dalam sehari dapat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Kurang tidur dapat menyebabkan mata panda "Cara mengatasi Mata Panda", Kurang darah dan lain sebagainya. Orang yang kurang tidur juga dapat dengan mudah tertular penyakit apabila memiliki kekebalan tubuh yang kurang baik, selain itu juga kurang tidur dapat menyebabkan gangguan emosi sehingga tidak stabil. Konsumsi Protein Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit adalah dengan cara memenuhi kebutuhan tubuh terhadap protein. Apabila kekurang protein dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak stabil sehingga dapat dengan mudah terserang penyakit. Kekurangan protein dapat menyebabkan luka lama sembuh, rambut menjadi mudah rontok, masalah pencernaan, warna kulit berubah, kekurangan cairan dan yang paling parah dapat mengalami kerisakan liver. Protein dapat diperoleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, telur, susu, kubis, ikan dan lain sebagainya. Protein juga memiliki peran dalam pembentukan sel-sel untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hindari Stres Jalan macet cuaca panas dapat membuat kita stres. Stres dapat memberi pengaruh buruk terdap kesehatan. Pada saat stres tubuh akan mengeluarkan hormon adrenal dan kortisol. Hormon Adrenal dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. sedangkan kortisol dapat meningkatkan gula darah. stres dapat merusak sistem imun dalam tubuh, Untuk menghindari stres ada dapat melakukan berbagia aktifitas menyenangkan atau berolah raga ringan. Konsumsi Yogurt Mengkonsumso Yogurt secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Yogurt merupakan minuman hasil fermentasi susu yang mengandunh lactobacillus yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat juga melawan kanker dan infeksi. Yogurt juga dapat berperan meningkatkan jumlah sel darah putih yang memiliki peran melawan infeksi. Sehingga orang yang rajin mengonsumsi yogurt memiliki sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit yang baik. Probiotik atau strain hidup juga ditemukan dalam Yogurt, yaitu bakteri yang berperan menjaga usus dan saluran pencernaan dari kuman penyebab penyakit. Hirup Udara Segar Jika kamu merasa penat dan sesak cobalah untuk rilex sejenak dan mencari udara segar terbuka. Udara yang terbuka memiliki banyak pasokan O2 yang melimpah, Terlebih lagi jika disekitarnya ditumbuhi pepohonan yang menyejukan sehingga kualitas Oksigen lebih baik dari pada tidak ada pohon sama sekali. Jika Anda tinggal diperkotaan cobalah seminggu sekali sempatkan jalan-jalan didaerah yanh memiliki banyak pepohonan hijau, seperti di pegununagn atau perkebunan. Konsumsi Buah Berry Buah beri memiliki banyak macan seperti Blueberry, Strowberry, dan lain sebagainya. Buah-buhan ini kaya akan vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam buah berry dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Konsumsi Jahe Jahe merupakan salah satu ramuan yang sudah sejak lama diguanakan untuk pengobatan, jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Anda dapat mengonsusmsinya dalam bentuk wedang jahe. Jahe juga memiliki fungsi menetralisir racun yang ada dalam tubuh, Jahe juga berfungsi sebagai alat pembersih seperti membersihak paru-paru dan saluran pernafasan lainnya. Konsumsi Jamur Jamur yang dapat dikonsumsi salah satunya adalah jamur tiram yang cukup mudah ditemukan dipasar. Jamur tiram memiliki warna putih bersih dan bisa langsung dimasak. Jamur merupakan sumber Vit D. Dalam sebuah penelitian menemukan peningkatan vitamin D pada tubuh dapat mencegah penyakit Kanker Prostat. Selain itu jamur juga dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Selain dapat berperan sebagai anti bakteri jamur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kadar Vit B-Kompleks, Vit A dan Vit C. Antioksidan yang terkandung dalam jamur juga dapat melindungi sel-sel dan mencegah penyakit kanker yang disebabkan kerusakan sel, selain itu jamur berguna mencegah penuaan dini dan penyakit lain. Konsumsi Ikan Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang tidak asing untuk semua orang, terlebih lagi di Indonesi yang merupakan negara kepulauan yang banyak memiliki daerah laut dan danau. Ikan seperti ikan tuna, salmon dan mackerel merupakam ikan yang memiliki Omega-3 asam lemak. Zat ini memiliki fungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kebugaran. Jika tidak dapat menemukan ikan salmon Anda juga dapat menggantiny dengan ikan air laut atau ikan air tawar yang ada. Konsumsi Madu Madu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Madu Memiliki rasa yang manis dan sering dicampur dalam makanan atau minuman dalam mengonsumsinya. Madu sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu madu dapat membantu mengatasi alergi, Asma dan juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi madu setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Konsumsi Kacang Tanah Kacang memiliki berbagai nutrisi yang dapat membantu meningkatkan sisem kekebalan tubuh seperti Vitamin A, E, K, B-kompleks, Vosvor, Kalsium, Lemak baik, Zat Besi, protein, Kolin, Lesitin, Omaga 3 dan Zink. Dalam sebuah penelitian menunjukan dengan mengonsumsi kacang tanah dapat mengurangi resiko penyakit kronis. Kandungan Protein dalam kacang tanah pun cukup tinggi dan lebih tinggi dibanding dengan daging, kedelai dan telur
Kacang memiliki berbagai nutrisi yang dapat membantu meningkatkan sisem kekebalan tubuh seperti Vitamin A, E, K, B-kompleks, Vosvor, Kalsium, Lemak baik, Zat Besi, protein, Kolin, Lesitin, Omaga 3 dan Zink.


Dalam sebuah penelitian menunjukan dengan mengonsumsi kacang tanah dapat mengurangi resiko penyakit kronis. Kandungan Protein dalam kacang tanah pun cukup tinggi dan lebih tinggi dibanding dengan daging, kedelai dan telur

Demikianlah Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit semoga bermanfaat.


 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit

0 komentar:

Post a Comment