Monday, 19 October 2015

15 Tanda Kanker pada Wanita yang Tak Boleh Diabaikan

15 Tanda Kanker pada Wanita yang Tak Boleh Diabaikan - Perubahan tubuh wanita dapat terjadi setiap waktu, dan terkadang perubahan tersebut bisa saja tidak normal dan dapat menjadi pertanda dari kanker. Jadi perhatikanlah perubahan tubuh Anda agar dapat mengetahui apa yang terjadi pada tubuh. Lalu perubahan apa saja yang merupakan dari tanda timbulnya kanker?


15 Tanda Kanker pada Wanita yang Tak Boleh Diabaikan


1. Perubahan Payudara

Pembengkakan pada payudara biasanya merupakan pertanda kanker, namun sebaiknya anda memeriksakan pembengkakan tersebut pada dokter ahli. Berukut ini merupakan perubahan yang memungkinkan terjadinya kanker dengan ciri-ciri:

  • Kerurtan pada kulit.

  • Puting susu tertarik kedalam

  • Adanya cairan pada puting susu

  • Timbul kemerahan pada puting susu dan kulit payudara.


Untuk mengetahui dari gejala tersebut, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan bertanya kepada Anda tentang riwayat kesehatan Anda. dan Anda kemungkinan akan diminta untuk tes seperti tes mammogram atau biopsi dengan cara mengambil sebagian kecil dari jaringan tubuh.


2. Kembung

Kembung dapat dialami oleh siapa saja, Namun menurut Marleen Mayers, MD. Seorang ahli okologi di NYU Langone Medical Center, Jika gejala tidak kumjung sembuh hingga 1 sampai 2 minggu  atau jika terjadi penurunan berat badan atau pendarahan Anda perlu memeriksakannya pada dokter, kembung yang menetap bisa jadi merupakan terjadinya atau gejala kenker Ovarium. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan panggul serta tes darah, dan terkadang USG untuk mengetahui penyebab masalah.

3. Antara Masa Menstruasi

Bila Anda masih dalam masa haid, segera periksakan kedokter jika terjadi suatu keanehan di antara periode haid. Pendarahan merupakan hal yang normal dari siklus haid, Namun jika terjadi diluar siklus datang bulan dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit seperti kanker endomentrium atau kanker dinding rahim.

4. Perubahan Kulit

Perubahan warna, bentuk, ukuran atau terdapat noda pada kulit bisa menjdi pertanda kanker kulit. Segeralah periksa ke dokter untuk memastikan apa yang terjadi, bila perlu minta pemeriksaan biopsi untuk memastikan.

5. Timbulnya darah pada air kencing atau tinja

Jika Anda menemui darah pada air kencing atau tinja, segerahlah periksakan pada dokter, terutama jika berlangsung selama satu atau dua hari.

Berak berdarah dapat juga disebabkan oleh wasir atau ambeien, akan tetapi bisa juga merupakan pertanda kanker usus besar (kolon). Sedangkan kencing berdarah bisa jadi merupakan kanker kandung kemih atau ginjal.

6.  Perubahan pada kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening merupakan salah satu organ tubuh berukuran kecil dan berbentuk seperti kacang. Perubahan pada kelenjar getah bening biasanya disebabkan oleh infeksi. Namun kanker juga dapat menajdi perubahan pada kelenjar getah bening seperti leukemia dan limfoma (Kenker Kelejar Getah bening) yang dapat mebuat bengkak pada kelenker getah bening.


7. Gangguan menelan

Terkadang gangguan menelan tidak terlalu diperhatikan secara khusus, namun jika terjadi secara terus menerus, dan disertai muntah dan penurunan berat badan bisa jadi ini merukakan pertanda kanker tenggorokan atau lambung. dan sebaiknya segera periksa ke dokter.

Pemeriksaan yang dilakukan bisanya adalah pemeriksaan terhadap keluhan dan pemeriksaan tenggorokan dan berium X-Ray. Pada saat tes Barium, anda akan diminta minum laruran khusus yang dapat menyebabkan tenggorokan dan lambung Anda dapat dilihat melalui X-Ray.

8. Penurunan Berat Badan Secara Tiba-tiba

Kebanyakan perempuan mengharapkan penurunan berat badan bagi yang memiliki berat badan diatas normal. Namun jika kehilangan 10 pond atau lebih tanpa melakukan diet atau olahraga hal ini patut di curigai. Penurunan berat badan tidak selalu menunjukan adanya kanker, bisa jadi terjadi kerena stres berlebihan yang dapat mengganggu kelenjar teroid. Namun Kanker lambung dan kanker paru jug dapat menjadi penyebab penurunan berat badan secara mendadak. Begitu juga dengan kanker pankreas. Pemeriksaan yang biasa dilakukan bisanya adalah pemeriksaan darah atau CT-scan.

9. Heartburn

Terlalu banyak makan, stres atau alkohol dapat menjadi panas pada dada. Perubahan pola makan selama seminggu dapat dijadikan hasil evaluasi terhadap gejala yang ada, jika ragu sebaiknya tanyakan langsung pada dokter. Heartburn yang tidak kunjung hilang atau malah semakin memburuk dapat menjadi pertanda kanker lambung, kanker tenggorokan atau kanker ovarium.


10. Perubahan Mulut

Jika Anda perokok, lihatlah perubahan warna putih atau merah cerah dalam mulut Anda bibir Anda. Jika terjadi perubahan bisa jadi merupakan kanker mulut, tanyakan pada dokter ahli kesehatan gigi dan mulut untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan.

11. Demam

Demam yang tidak kuncung sembuh dan tidak dapat diketahui penyebabnya, bisa jadi ini merupakan leukemia atau kenker darah lainnya. Lakukan pemeriksaan dan dokter akan menanyakan riwayat kesehatan Anda secara rinci dan aka melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui penyebabnya.

12. Lelah

Kebanyakan perempuan merasa lelah kerena kehidupan mereka yang tidak bisa tenang. Namun Jika kelelahan tersebut berlebihan dan tidak kunjung reda, bisa jadi ini merupakan pertanada tubuh Anda kurang baik, segeralah periksakan pada dokter untuk melakukan pengecekan.

13. Batuk

Batuk biasanya akan sembuh dalam 2-4minggu, namun jika lebih dari itu Anda tidak boleh mengabaikannya dan segeralah konsultasi kedokter, terutama jika Anda adalah seorang perokok atau memiliki nafas pendek. terlebih lagi jika batuk berdarah yang merupakan tanda umum kanker paru-paru.


14. Nyeri

Nyeri yeng berlangsung secara terus menerus bisa jadi merupakan tanda dari kanker tulang, otak atau kanker yang lain. Segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami hal tersebut.


15. Depresi dan Nyeri pada perut

Tanda ini jarang ditemui, namun hal ini dapat menjadi pertanda dari kanker pankreas.


Demikian 15 Tanda Kanker pada Wanita yang Tak Boleh Diabaikan, Jagalah selalu kesehatan Anda dengan mengkonsumso buah dan sayuran dan juga olahrahga. Dan jangan terlalu sering makan makanan junkfood yangd dapat menyebabkan berbagai penyakit salah satunya kanker. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 15 Tanda Kanker pada Wanita yang Tak Boleh Diabaikan

0 komentar:

Post a Comment