10 Manfaat Daging Domba Bagi Kesehatan


10 Manfaat Daging Domba Bagi Kesehatan - Domba merupakan hewan yang masih satu family dengan kambing. Domba pun memiliki penampilan yang bebeda dengan kambing yang dapat terlihat dengan jelas. Pada umumya domba memiliki bulu yang tebal, dan bulunya biasa dijadilan benang wol. Domba juga dapat diambil manfaat dagingnga.


Olahan Daging Domba

Di Indonesi olahan daging domba masih kalah dengan olah daging kambing. Hal ini dikarenakan faktor harga dan juga peternak domba di Indonesia masih tergolong sedikit, Namun walaupun demikian olahan daging domba menjadi masakan favorit untuk beberapa rumah makan dan restoran. Biasanya daging domba diolah menjadi :

  1. Sate

  2. Gulai

  3. Kebab

  4. Barebeque (daging domba panggang atau bakar)

  5. Campuran nasi kebuli dan jenis masakan timur tengah lainnya.




10 Manfaat Daging Domba Bagi Kesehatan

Perbedaan Daging Domba dan Daging Kambing


Meskipun olahan daging domba dan kambing relative sama, namun keduanya memiliki sedikit perbedaan. Perbedaan yang paling terlihat adalah strukture dagingnya. Daging kambing memiliki struktur yang alot dan keras sedangkan daging domba sebaliknya lembut dan empuk.



Dilihat dari segi manfaat dan khasiat daging domba dan daging kambing keduanya memiliki kesamaan. Hal ini dikarenakan keduanya mempunyai kandungan gizi yang tidak jauh berbeda. Berikut manfaat daging domba untuk kesehatan seperti yang dilansir dari manfaat.co.id


1. Kandungan Energi Tinggi
Daging domba memiliki asupan energi yang tinggi jika dikonsumsi. hal tersebut dapat dilihat dari kandungan kalorinya yaitu setiap 100grm daging domba memiliki kandungan kalori sebanyak 206kkal, dari kebutuhan kalori harian sebanyak 2000kkal, asupan kalori dapat membantu dalam aktivitas sehari-hari, daya tahan tubuh dan mengurangi terjadinya kelelahan saat berkaktivitas.


2. Protein yang tinggi
Daging merah merupakan sumber protein yang tinggi, salah satunya daging domba yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Setiap 100grm daging domba mengandung sekitar 17,1 gr protein. Dengan kandungan protein yang tinggi dapat membantu anda dalam pembantukan otot, selain itu protein juga bermanfaat untuk


  • Mengikat lemak

  • Memperlancar pencernaan

  • Memberikan energy dan kekuatan bagi tubuh


3. Kalsium yang tinggi
Daging domba juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, Kalsium memiliki manfaat yang cukup penting untuk tubuh manusia terutama untuk kesehatan tulang, setiap 100grm daging domba mengandung 10mg kalsium.


4. Fosfor
Fosfor yang terkandung dalam daging domba cukup tinggi, sama dengan kalsium, fosfor sangat dibutuhkan untuk menjaaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. setiap 100 gr daging domba mengandung 1.91 mg fosfor.


5. Vitamin B1
Daging domba memiliki kandungan Vitamin B1. Disetiap 100grm daging domba mengandung 0,15mg vitamin B1. Walaupun tergolong sedikit kandungan vitamin B1 bermanfaat untuk:



    • Membantu proses oksidasi


    • Menjaga ketahanan dan daya tahan tubuh



 

  • Mencegah terjadinya kulit bersisik dan kulit kerin

  • Membantu menambah energi


 

6. Mencegah terjadinya anemia
Daging domba juga mengandung zat besi yang dapat mengatasi terjadinya anemia yang merupakan suatu kondisi tubuh kekurangan darah, Anemi dapat menyebabkan hal-hal yang tidka diinginkan seperti:


    • 5 L ( Letih, Lemah, Lesu, Lelah, dan Lunglai )


    • Mudah terserang penyakit

    • Sakit kepala



 

  • Tidak bersemangat dalam melakukan aktivita


  • Sering merasa pusing


 

 

 

Daging merah, termasuk daging domba memiliki keunggukan dalam meningkatkan produksi sel darah merah.

7. Selenium
Daging domba juga memiliki kandung selium, selium dapat menghasilkan zat antioksidan dalam tubuh, yang bermnfaat untuk, menangkal radikal bebas, mencegah serangan penyakit tertentu, dan menyehatkan kulit dan organ tubuh.


8. Kandungan vitamin B2
Selain Vitamin B1, daging domba juga mengandung Vitamin B2 atau juga dikenal sebagai riboflavin. yang bermanfaat untuk :



    • Meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh

    • Menjaga kesehatan mata, dan segalanya yang berhubungan dengan indera penglihatan



 

  • Mencegah terjadinya sariawan dan bibir pecah-pecah

  • Menjaga ketahanan dan kesehatan syaraf


 

9. Vitamin B12
Daging domba diketahui juga mengandun Vitamin B12 yang berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh, selain itu vitamin B12 juga bermanfaat untuk :

  • Meningkatkan daya tahan dan kesehatan tubuh

  • Membantu proses pembentukan sel darah merah

  • Mencegah anemia

  • Menjaga kesehatan syaraf


10. Mampu meningkatkan kolestrol baik
Memamb benar daging kambing dan daging domba mengandung kolesterol, namun kolesterol yang terkandung dalam daging domba dan daging kambing marupakan kolesterol baik (HDL). HDL ini mampu menekan dan mencerna lemak dan melawan kolesterol jahat dalam darah.

Demikianlah beberapa manfaat dari daging domba untuk kesehatan yang bisa menjadi referensi kuliner anda, Semoga bermanfat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Manfaat Daging Domba Bagi Kesehatan