11 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan



11 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan - Blewah merupakan buah yang sering kita jumpai pada saat bulan ramadhan. Buah blewah tidak hanya menyegarkan namun, buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah ini mirip dengan buah melon, yang merupakan buah yang dapat dijumpai di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Buah blewah biasanya dijadikan campuran es buah, dapat juga dikola seperti labu, harganya yang cukup terjangkau, nikmat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bagi orang yang mengonsumsinya. Beriikut manfaat buha blewah untuk kesehatan seperti yang dilansir dari manfaat.co.id

Kandungan di dalam Buah Blewah


Buah blewah kaya akan kandungan gizinya. Buah blewah diketahui memiliki kandungan mineral, vitamin serta serat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan miningkatkan daya tahan tubuh.. Dari The Journal of Food Science meneliti bahwa, 100 gram blewah rata-rata mengandung :

  • Krom - 0,005mg

  • Seng - 0,10mg

  • Vitamin A - 3382IU (mencukupi hingga 68% kebutuhan harian vitamin A tubuh Anda)

  • Vitamin C - 36,7 mg (mencukupi hingga 61% kebutuhan harian )

  • Mineral Kalium - 267 mg (mencukupi hingga 8% kebutuhan harian )

  • Mangan - 0,03 mg

  • Kobalt - 0,003 mg

  • Tembaga - 0,05 mg

  • Magnesium - 12,69 mg


11 Manfaat Buah Blewah untuk KesehatanGambar dari Pixabay.com, oleh: stevepb | CC


Dari kandungan  gizi yang dimiliki buah blewah tersebut, maka buah ini memiliki beberapa manfaat kesehatan tubuh antara lain :

1. Menurunkan Berat Badan
Blewah mengandung kalori dan gula yang cukup rendah, Oleh sebab itu buah blewah baik dikonsumsi saat menjalani diet, sekaligus untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan Vitamin C, kalium dan potasium pada blewah dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah, selain itu buah blewah tidak mengandung kolesterol sama sekali. Oleh karen itu blewah sangat aman untuk orang yang memiliki masalah dengan kolesterol dan masalah tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan Kolesterol
Dengan kandungan Vitamin C-nya yang tinggi, buah blewah dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga kesehatan kardiovaskular dapat terjaga. Vitamin C juga dapat mencegah pembekuan darah dan dapat mengurangi dinding kapiler.

4. Mencegah Penyakit Jantung
Buah blewah memiliki manfaat yang luar biasa, salah satuny adalah mencegah penyakit jantung. bahkan dapat menjaga kesehatan paru-paru dan pebuluh darah. RDA (Recomended Dietary Allowance) sendiri menyarankan agar mengonsumsi betakaroten, sekitar 5-6mg perhari unutuk menjaga kesehatan jantung.

5. Mencegah Resiko Kanker
Kanker rahim dapat terjadi dikarenakan kekurangan betakaroten, Vitamin C dan asam folet, Namun dengan mengonsumsi buah blewah ini kebutuhan akan zt-zat tersebut dapat terpenuhi dan dapat menghindarkan para wanita dari kanker rahim.

6. Mengatasi Insomnia
Jika Anda mengalami jinsomnia buah blewah merupakan buah yang tepat untuk mengatasinya. Buah ini memiliki sifat sedatif yang dimana sifat ini sangat berguna untuk penderita insomnia. Selain itu, manfaat coklat juga memberikan efek ketenangan yang akan memudahkan tidur.

7. Mengatasi Maag
Buah blewah berguna untuk mengatasi sakit maag, jika disajikan dalam bentuk jus.

8. Menjaga Kesehatan Mata
Buah blewah menandunng Vitamin A yang sangat berguna untuk kesehatah mata yang merupakan indra pengelihatan yang sangat penting. Selain itu Vitamin A dapat mengangkal radikal bebas akibat udara yang tercemar.

9. Memelihara Kesehatan Kulit
KOmbinasi Antara Vitamin C dan A pada buah blewah dapat memberikan efek kesehatan pada kulit, yang berguna untuk mencegah penuaan dini. Apabila Vitamin C tersebut Mampu membantu sistesis kolagen. Seperti yang diketahui. Seperti yang diketahui, radikal bebas tidak pernah berhenti menyerang kulit kita. Karenanya vitamin A, C, dan E dibutuhkan sebagai penangkalnya. Buah blewah mengandung semua vitamin anti radikal tersebut.

10. Menyehatkan Janin
Asam folat yang terkandung dalam buah blewah bukan hanya dapat mencegah kanker rahim pada wanita, namun juga sangat berguna untuk janin. Buah blewah bermanfaat memberi kesahatan pada janin, membantu menjaga dan memproduksi sel-sel baru yang sangat penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.

11. Melancarkan Pencernaan
Mengkonsumsi buah blewah dapat membantu pencernaan dan mampu menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Sebab, buah blewah memiliki kandungan vitamin A dan serat makanan dalam buah tersebut.

Demikianlah 11 manfaat buah blewah untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 11 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan