Friday, 27 February 2015

Hal Yang dilarang dilakukan Ketika Minum


Hal Yang dilarang dilakukan Ketika Minum -  Minum merupakan kebutuhan pokok setiap mahkluk hidup, baik tumbuhan, manusia, maupun hewan. Pada saat Anda minum ada kebiasaan yang dapat berdapak buruk pada kesehatan Anda, terutma pada saat Anda minum yang masih panas, pasti Anda akan meniupnya ketika hendak meminum, padaha hal tersebut dapat berdapak buruk terhadap kesehatan Anda, tercampurnya Antara H2O dan CO2 akan menghasilkan zat kimia H2CO3 yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Larangan meniup air ketika akan diminum sudah ada sejak zaman Rasulullah Shallallahu  alaihi wasallam. Berikut hadis larangan tersebut



Hal Yang dilarang dilakukan Ketika Minum


Dari Tsumamah bin Abdullah. "Dahulu Anas bin Malik Radhiyallahi Anhu pernah bernafas di dalam benjana (gelas) dua kali atau tiga kali, dan dia mengira Nabi shallallahu alaihi wasallam perbah melakukan itu,"(Bukhari).Dari Abu Qatadah dan bapaknya, rasulullah bersabda “Apabila salah seorang diantara kalian minum, maka janganlah ia bernafas di bejana (gelas), dan jika salah seorang dari kalian kencing maka  janganlah ia memegang dzakar (kemaluannya) dengan tangan kanannya, jika membersihkan maka jangan membersihkan dengan tangan kanannya,”
(HR. Bukhari no. 5630).Para ahli menemukan alasan larangan tersebut. dan mereka mengatakan "Ini merupakan petunjuk indah yang diajarkan oleh nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dalam menyempurnakan akhlak." Dan apabila makan atau minum kemudian tercik ludah dari mulut kita hal tersebut merupakan hal yang kurang sopan. Dan rasulullah adalah penghulunya  seluruh orang-orang yang santun dan pemimpinnya seluruh para pendidik.”

Bernapas merupakan aktivitas menghirup dan mengeluarkan udara melelui salauran pernapasan. Dalam peroses ini udara akan disaring sebelum masuk kedalam tubuh sehingga menjadi bersih. Pada saat menghembuskan nafas udara yang keluar merupakan gas karbon diantaranya CO2, yang apabila CO2 ini bertemu dengan H2O (air) akan menghasilkan zat asam (H2CO3) yang dapat menyebabkan penyakit jantung, selain itu nafas yang kita hembuskan bisa saja mengandun berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan tubuh.

Ini merupaka hikmah dari larangan dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Apabila seseorang membiasakan diri minum dengan menghabiskan air dalam satu kali tenggakan, paru-paru akan menyempit dan nafasnya akan berat. Dampaknya kedua paru-parunya akan menekan jantung  sehingga mengalami gagal jantung, kemudian membalik ke hati maka hatinya akan membengkak, kemudian sekujur tubur akan menggembur.

Oleh karena itu, sungguh sangat mulia ajaran dari Rasulullah agar  kita meminum air seteguk demi seteguk (antara dua tegukkan dijeda  dengan nafas), dan meminum air satu gelas dengan tiga kali tegukkan. Sebab hal ini lebih memuaskan rasa dahaga dan lebih menyehatkan tubuh.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hal Yang dilarang dilakukan Ketika Minum

0 komentar:

Post a Comment