Monday, 1 December 2014

13 Cara Alami Mengobati Flu, Batuk dan Pilek


13 Cara Alami Mengobati Flu, Batuk dan Pilek - Flu, batuk dan pilek dapat menyerang siapa saja . seperti bayi, anak-anak hingga orang dewasa sekalipun dapat terserang penyekit batuk. Penyakit ini merupakan penyakit yang dapat menular. dan menyerang dapat menyerang pada saat kekebalan tubuh menurun. Batuk dapat disebabkan oleh cuaca terutama pada saat perubahan meusim dari musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya. Batuk juga dapat disebabkan oleh virus disekitar kita.



Penyakit ini sangatlah mengganggu apalagi bila anda bekerja. terlebih lagi bila terjadi pada sang anak, dapat membuat khawati orang tua terutama seorang ibu. Batuk dapat menyerang saraf dan menyebabkan lemas serta sakit kepala. Oleh sebab itu penyakit ini harus segera diatasi. Berikut cara mengatasi batuk pilek mengguanakan obat alami dan tradisional. Beberapa cara dibawah dapat digunakan untuk mengobati batuk pilek pada anak seperti yang dilansir oleh klikcara.com.


13 Cara Alami Mengobati Flu, Batuk dan Pilek



 1  Hembuskan Angin Melalui Lubang Hidung
Pada saat hidung Anda tersumbat Anda akan merasa tersiksa apalagi pada saat Akan tidur. Pada saat ini terjadi tutup lah sebelah hindung Anda dan hembuskan Angin sekuat-kuatnya dari ubang satunya. Lalukan hal yang sama pada lubang hindung sebelah.


 2  Minuman Air Hangat
Air hangat dapat membantu Anda mengatasi flu atau pilek, karena pada saat Anda mengalami penyakit ini banyak cairan yang terbuang melalu ingus dan keringat. Air hangat dapat membantu Anda memenui kebutuhan cairan dan mencegah dehidrasi dan juga melegakan tenggorokan, melegakan hidung mampet. Selain itu air hangat membantu mencairkan lendir.


 3  Berkumur
Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan rempah-rempah seperti jahe, kunyit, garam mineral cuka apel atau kencur dapat membantu melegakan tenggorokan pada saat Ana terserang flu. Lakukan hal ini paling tidak 4 kali sehari. 4  Aroma Mentol
Pada saat Anda terserang flu, batuk dan pilek Anda dapat menghirup aroma mentol seperti balsam, atau minyak kayu putih, hal tersebut dapat membantu melegakan hidungtersumbat dan tengorokan yang terasa galat.

 5  Konsumsi Cabai
Cabai mengandung senyawa kimia yang disebut Capsaicin, senyawa kimia ini dapat membantu secara efektif membersihkan rongga  hidung. pada saat flu menyerang cobalah mengonsumsi sup yang peda untuk membantu meredakannya.

 6  Teh, Jus Jahe dan Madu
Ambil ½ sendok teh jus jahe dengan ½ sendok teh madu, minum tiga kali sehari. .

 7  Bubuk Kunyit dan Madu
Bubuk kuyit dan madu dapat merupakan obat batuk pilek tradisional yang mudah untuk dibuat



  • Siapkan 1 gelas hangat air putih

  • Tambahkan 1-2grm kuyit yang telah disangrai dan dihaluskan

  • Tambahkan Madu secukupnya

  • Minumlah ramuan tradisional ini tiga kali sehari.


 8  Minyak kayu putih, pinus Lavender


  • Siapkan mangku berisi air panas

  • Tambahkan 5-10 tetes pinus, minyak kayu putih, lavender dan minyak pohon teh.

  • Hitup uap dari mangguk dalam-dalam

  •  Hal ini dapat membantu Anda melegakan tengorokan.


  Air Hangat dan Vick VapoRub


  • Siapkan satu baskom air panas,

  • Tambahkan sedikit Vick VapoRub

  • Hirup uapnya pelan-pelan

  • Cara ini akan meringankan flu.


 10  Jus Anggur dan Madu
Secangkir jus anggur dicampur dengan madu akan membantu meringankan batuk.


 11  Konsumsi Rempah-rempah Yang Rasanya Hangat

Rempah-rempah yang memilikirasahangat seperti jahe, sere, kencur dan lain-lain dapat membantu Anda meredakan flu dan batuk. Caraya rebuslah salah satu bahan tersebut lalu minumlah air rebusan tersebut 3 kali sehari.


 12  Konsumsi Buan dan Sayuran

Pada saat flu, batuk dan pilek meyerang kondisi tubuh akan melemah, maka dari itu perbanyaklah mengonsumsi makanan yang banyak megandung vitamin seperti buah dan sayur. hal ini dapat membantu mengembalikan sistem kekebalan tubuh Anda.

 13  Gunakan Aroma Bawang


Bawang merupakan salah satu bumbu masak yang sering digunakan untuk memasak. dan bawang juga merupakan salah satu rempah yang mempuyi banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya mengatasi batuk dan pilek. Caranya, peganglah bawang di bawah lubang hidung dan hiruplah aromanya selama sekitar 5 menit. Silahkan selamat mencoba!


Terima kasih telah membaca 13 Cara Alami Mengobati Flu, Batuk dan Pilek. Semoga artikel diatas dapat menyembuhkan atau mengurang flu dan batuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 13 Cara Alami Mengobati Flu, Batuk dan Pilek

0 komentar:

Post a Comment