Monday, 1 September 2014

9 Cara Mengatasi Anak Susah Makan


Cara mengatasi anak susah makan - Anak susah makan merupakan masalah yang sering terjadi pada anak-anak dan membuat orang tua mengeluh, terutama ibu. Berbagai cara dilakukan untuk membujuk sang anak namun seolah tak berhasil mengatasi anak susah makan. Bahkan tak jarang ada ibu yang stres menghadapi sang buah hati yang susah hati. Setiap ibu pasti khawatir melihat sang buah hati soal kecukupan gizinya. Pada saat anak berumur 6 bulan, inilah saatnya memberikan makanan padat berdampingan dengan ASI. pada saat inilah Anda harus lebis cermat memperhatikan pola makannya. Mulai dari memberikan sari buah, bubur susu, dan bertahap ke makanan yang bertekstur lebuh padat seperti nasi tim dan seterusnya. Sayangnya proses ini tidak selalu berjalan mulus, dan biasanya hal ini terjadi pada 1 tahun pertamanya dan banyak hal yang menyebabkan anak menjadi susah makan. Masalah yang timbul biasanya berupa penolakan makanan, tidak suka sayur, cuma suka pada satu jenis makanan dan yang lainnya. Kondisi ini membuat ibu manjadi khawatir akan kecukupan gizi sang buah hati kerena masih dalam masa pertumbuhan.


Faktor yang dapat menyebabkan anak susah makan biasanya adalah faktor psikis dan faktor fisik. Faktor psikis meliputi gangguan psikilogi pada anak, seperti masalah rumah tangga yang kurang harmonis, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orang tua atau anak dipakasa menelan makanan yang tidak disukainya. Sedangkan faktor fisik meliputi ganguan percernaan atau tubuh sang anak terinfeksi. Nah untuk mengatais anak yang susah makan Anda dapat melakuakan tips-tips berikut seperti dilansir bidanku.com

 

 9 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

1. Jadikan saat makan menyenangkan

Jangan mengancam, menakut-nakuti atau menghukum anak agar ai mau makan lebih banyak. Ham ini dapat membuat anak menjadi saat makan adalah hal yang tidak menyenangkan, dan hal ini dapat menimbulkan trauma psikologis bagi anak.


2. Sajikan dengan menarik

Sajikan makanan menjadi lebih menarik, dengan penampilan yang menarik dapat membuat anak menjadi mau makan, misalnya dengan menyajikan makanan dengan bentuk tokoh kartun atau binatang lucu.


3. Variasi makanan.


Setelah sajian yang menarik, buatlah beberapa pilihan menu, dan biarkan buah hati memilih makanan yang disukai.


4. Makan teratur

Biasakan sang anak makan dengan waktu teratur, agar sang buah hati terbiasa dengan waktu makan. sama dengan waktu mandi tidur dan lainnya.


5. Coba sajikan makanan dalam porsi kecil.


Lambung sang anak belum mampu menampung makanan terlalu banyak, jadi berikan sang anak dengan porsi kecil dan sedikit demi sedikit.


6. Libatkanlah anak anda untuk menyiapkan makanan.


Dalam membuat makanan untuk anak libatkan anak dalam membuatnya, misalnya dengan meminta tolong mengambil sayur atau buah atau menyiapkan makanan dimeja makan. Selain itu beri conntih unuk mengonsumsi makanan sehat.


7. Beri cemilan sehat

Pada saat sang buah hati memasuki 2 tahun dan mulai aktif biasanya sang buah hati tak mau duduk manis, dan ini memuat anak menjadi susah makan, untuk mensiasatinya berikan cemilan sehat utnk sang buah hati dalam porsi kecil namun beragam, misalnya bola-bola kentgang isi wortel atau yang lainnya.


8. Jangan memaksa dan mengancam ketika membujuk anak untuk makan, hidarkan hal-hal yang dapat mengganggu anak pada saat makan misalnya matikan TV, maink , buku dan yang lainnya.


9. Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan.


Jika sang anak terlalu banyak minum sang anak akan cepat merasa kenyang, dan membuat anak hanya sedikit makannya.



Demikianlah 9 cara mengatasi anak susah makan, semoga tips diatasi mengatasi masalah buah hati Anda. Terimakasih...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

1 komentar:

  1. Halo, Saya ijin meninggalkan jejak ya..
    Kali aja ada yang butuh Kemasan Makanan bisa hubungi saya Irham dari Greenpack :)

    ReplyDelete