Sunday, 14 September 2014

10 Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi


Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi - Sebelit merupakan penyakit susuah buang air besar. Saat sembelit berlangsung selama berhari-hari tentu tidak dapat menyebabkan keracunan makanan yang tidak terbuang melalui prosese metabolisme.

10 Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi


Normalnya buang air besar harus dilakukan setiap hari. Sehingga jika mangalami susah buang ari besar atau sebelit terutama pada bayi haris segera diatasi. Jika bayi tidak buang air besar selama 36 jam itu dapat menjadi gejala jika bayi terkena sembelit dan harus segera diatasi. Berikut cara mengatasi sembelit pada  bayiSeperti seharusnya buang air idealnya harus dilaksanakan setiap hari. Sehingga jika susah buang air sangat perlu bagi sahabat klik cara khawatirkan bayi anda jika telah lebih daripada 36 jam tidak buang air, hal itu tentu saja menjadi gejala bahwa anda terserang sembelit seperti dilansir klikcara.com



 1  Pastikan terlebih dahulu bahwa si kecil memang menderita sembelit pada bayi
Pada saat sikecil rewel dapat disebabkan berbagai alasan. Salah satunya jika mengalami sembelit, ciri-cirinya ritme buang air besar yang tidak teratur, tinja keras dan juga diare. Bayi yang minum ASI jarang terkena sembelit. Sembelit dapat terjadi pada saat sikecil mulai makanan padat. Ciri lain dari sembelit adalah perut bagian bawah yang keras dan juga sakit pada bagian perutnya.

 2  Campurkan susu formula bayi dengan takaran yang tepat.
Susu formula yang terlalu kental dapat juga menyababkan sembleit pada bayi. Ikutilah petunjuk pada kotak susu formula dan hati-hatilah memilih merk, karena setiap bayi memiliki kecocokan berbeda pada susu formula.

 3  Berikan jus prune untuk menyembuhkan sembelit pada bayi
Tambahkan prune pada menu makan sikecil jika sudah memasuku tahap makanan padat. Selain itu juga dapat memberikan langsung jus prune yang dicampur dengan air, jus apel atau jus buah pir. Jika Anda mengetahui makanan yang menyebabkan bayi menjadi sembelit coretlah menu makan tersebut dari daftarnya, dan biasanya makanan yang dapat menyeabkan tinja bayi keras adalah kentang, nasi dan pisang.

 4  Jangan sampai si kecil kekurangan cairan.
Jagalah asupan cairan bayi untu mencegah terjadinya sembelit dan meringankan gejala sembelit pada bayi. Anda dapat memberikan air putih karena air putih baik untuk kesehatan, jika sikecil menolak Anda dapat menambahkan jus apel untuk menambahkan rasa pada air putih.

 5  Pijat perut bayi untuk mengurangi pelebaran usus
Kotoran pada usus bayi dapat menyebabkan pelebaran pada usus dan dapat membuat bayi kesakitan, dan rasa sakit ini dapat membuat sang bayi menahan buang air besar dan dapat memperparah sembelit. Gunakan sedikit minyak zaitun untuk memijat, pijat secara perlahan dan dengan gerakan yang lembut memutar searah jarum jam untuk menguragi sembelit pada bayi.

 6  Tingkatkan asupan serat
Jika bayi sudah masuk pada tahap makanan padat Anda dapat memberikannya bubur sayuran, buah dan gandum utuh untuk mencukupi kebutuhan serat, sehingga pencernaan bayi dapat lancar.

 7  Berikan jenis asupan cairan yang tepat bagi bayi
Jangan berikan bayi minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. karana minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan kekurangan cairan. Berilah bayi minuman yang sehat seperti susu, air putih atau jus untuk mecegah sembelit.

 8  Pengobatan melalui ASI
Bayi dapat merasakan apa yang makan oleh ibunya melaluai ASI yang diminumnya. Jadi ibu yang sedang menyusui harus memperhatikan apa yang dimakan dan cukupi asupan cairan dengan minum air sebayak 5-7 gelas sehari. Obat alami untuk mengatasi sembelit pada bayi juga dapat diberikan dengan cara ibu mengonsumsu jus apel atau jus plum. Anda juga harus mengonsumsi makanan yang berserat seperti buah-buahan dan sayuran.

 9  Latihan kaki
Latih bayi dengan cara membaringkannya dan membuat bayi bergerak menendang-nendang seperti bersepeda. hal ini dapat membanti melonggarkan gesekan pada sluran pencernaan dan baik untuk mengurangi gas.

 10  Obat pencahar alami
Berikan obat pencahar alami pada bayi seperti buah plum yang direndam dalam air panas selama semalam, dan diminumkan pada bayi sebanyak 1 sendok teh. dapt juga diminum dulu  oleh ibu agar pada saat minum ASI bayi juga dapat merasakan manfaatnya. Jika tidak ada buah plum ada dapat mengunakan buah apel yang dicicang, atau buah persik,pir, kacang polong dan bayam juga dapat mengatasi sembelit pada bayi.

Demikianlah 10 cara alami mengatasi sembelit pada bayi, semoga bermanfaat dan semoga bayi Anda cepat sembuh dan sehat selalu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Bayi

0 komentar:

Post a Comment