Friday, 15 August 2014

Obat Sakit Perut Karena Haid


Oleh : dr. Hygiene Kumala Sari


obat sakit perut karena haid - Dalam menjalani hidup seorang wanita akan mengalami perubahan fase alami pada tubuh serta masalah akan menyertainya, yakni pada saat mengalami menstruasi pertamanya, mengandung dan melahirkan hingga paling akhir menopause (berhentinya Haid).

 obat sakit perut karena haid

Pada saat haid kebanyakan wanita akan mengeluh kesakitan. Sebernarnya rasa nyeri tersebut merupakan hal yang lumrah dialami oleh setiap wanita, akan tetapi jika rasa yeri tersebut mengganggu aktifitas sehari-hari harus diatasi.


Nyeri pada saat haid dapat digolongkan menjadi dua yaitu nyeri primer dan nyeri skunder. Nyeri haid primer merupakan nyeri yang berhubungan dengan kelainan petologis yang timbul dari panggul dan organ bagian dalam, yang dapat berlangsung selama 2-3 tahun setelah haid pertama dan mancapai batasnya pada saat wanita mencapai usia 15-25 tahun, rasa nyeri akan menurun seiring bertambahnya usia dan akan menghilang setelah melahirkan anak pertama secara alami. Rasa nyeri primer dapat hilang timbul atau dapat juga menetap, dan biasanya raya nyeri muncul 24jam sebellum haid dan berakhir 24-36 jam setelah haid berhenti. Nyeri akan dirasakan bagian bawah perut dan kemudian akan menjalar keperut atau bagian dalam paha. Gejala seperti mual, muntah, cemas, sakit kepala, gelisahm diare perut kembaung dan pinsan dapat menyertai haid.


Bagaimana Nyeri tersebut dapat terjadi? Ada macam-macam teori yang menjelaskan hal tersebut, salah satunya yang paling mendekati adalah, bahwa pada saat menjelang haid tubuh seorang wanita kan menghasilkan zat  prostaglandin. Zat ini mempunyai fungsi membuat dinding rahim berkontrasi dan pembuluh darauh sekitarnya terjepitm (konstriksi) yang menimbulkan iskemia jaraingan.. Intensitas kontraksi berbeda-beda pada setiap wanita dan jika berlebih akan menimbulkan rasa nyeri pada saat mengalmi haid. Selian itu juga zat ini merangsang saraf nyeri pada rahim sehingga dapat menambah rasa nyeri. zat prostaglandin bekerja pada seluruh tubuh, hal inilah mengapa pada saat mentruasi terasa nyeri.


Jika rasa nyeri pada saat haid muncul pada saat Anda berusia labih dair 20 tahun maka hal ini digolongkan nyeri haid skunder, yaitu nyeri yang berhubungan dengan kelainan yang berasal dair panggul dan organ dalam. Nyeri ini biasanya berlangsung selama 2 hari atau lebih pada saat sebelum haid datang dan rasa nyeri akan semakin hebat pada saat haid datang, kemudian akan hilang setelah 2 hari atau lebih setalah haid berhenti. Kelainana yang dapat menimbulkan rasa nyeri Antara lain se bagai berikut.


  • mosters

  • sindroma asherman

  • kelainan kongenital

  • kista ovarii dan tumor

  • penyakit infeksi panggul

  • adenomyosis

  • endometriosis

  • sindroma Allen

  • alat kontrasepsi intra uterin

  • stenosis dan sumbatan vagina

  • sindroma kongesti pelvis

  • myoma uteri

  • polip uteri

  • dll



lalu bagaimana cara mengatasinya?



Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri tersebut dari yang sederhana, pemakaian obat, hingga terapi hormonal.Dan berikut tips untuk mencegah rasa sakit pada saat haid.

  1. Konsumsi Vitamin B6, Vitamin E atau minyak ikan.

  2. Lakukan olah raga ringan, jangan olahraga berat.

  3. Hindari kopi, coklat, dan alkohol, karena makanan dna minuman tersebut dapat meningkatkan kadar estrogen yang dapat memicu lepasnya zat prostaglandin.

  4. Hindari makanan dan minuman bersuhu dingan seperti es cream.

  5. Perbanyak makan buah dan sayur dan makanan rendah lemak.





Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sakit perut saat haid :

  1. Minum air hangat yang mengandung kalsium tinggi.

  2. Mandi air hangat.

  3. Kompres dengan menggunakan botol yang diisi dengan air panas/hangat pada bagian yang terasa kram.

  4. Ambil posisi menungging hingga rahim tergantung kebawah. Hal ini dapat membantu relaksasi.

  5. Gosok-gosok perut atau pinggang yang terasa sakit.

  6. Tarik Napas dalam-dalam secara perlahan.


Demikianlah Obat sakit perut karena haid, semoga artiketl ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah haid  yang Anda alami.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Obat Sakit Perut Karena Haid

0 komentar:

Post a Comment