Thursday, 19 June 2014

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan


Manfaat kopi untuk kesehatan - Kopi biasanya dimimun pada pagi hari atau pada saat akan kerja lembur. Sedikit orang yang menganggap bahwa kopi adalah minuman yang menyehatkan. Padahal kpopi memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.
Manfaat kopi untuk kesehatan



Sebuah penelitian yang dilakukan selama 13 tahun pada 402.260 orang yang dilakukan oleh National Cancer Institute menemukan bawha orang yang sering minum kopi memiliki resiko kematian lebih rendah dari pada yang tidak hingga 16%. Meskipun banyak minum kopi memiliki kerugina yakni dapat membuat stres. Dan berikut ini adalah 10 manfaat kopi untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir dari Live Strong oleh merdeka.com.

1. Mencegah batu ginjal -

Penelitain yang dilakukan di Harvars menunjukan bhwa wanita yang rutin mengngonsumsi kopi sebanyak 4 cangkir sehari memiliki resiko terserang batu ginjal lebih 25% lebih kecil. Penelitian yang sama pun telah dilakukan dan menunjukan hasil yang sama.
2. Mencegah depresi
Penelitian yang dilakukan yang telah diterbitkan dalam  Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 menemukan bahwa seorang wanita yang rutin minum kopi sebnyak 3 cangkir perhari memiliki resiko depresi lebih rendah sebanyak 15% sementara yang minum 4 gelas 20%.

3. Kopi baik untuk meningkatkan kerja otak


Kopi dapat meningkatkan ingatan otak Anda dalam jangka panjang dan pendek. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Radiological Society of North America pada tahun 2005, menujukan bahwa orang yang minum 2 cankir kopi berkafein dapat meningkatkan ingatan dan reaksi orang tersebut.

Dan penelitian pada tahun 2007 wanita berumur 65tahun yang minum kopi 3 cangkir sehari memilik daya ingat yang lebih baik dan tidak menunjukan penurunan ingtan dibanding dengan wanita yang minum kopi 1 cangkir dalam 1 hari tapi sayang hal ini tidak berlaku untuk pria.

4. Menurunkan risiko diabetes

lDalam sebuah penelitian peminum kopi memiliki resiko rendah terserang penyakit diabetes tipe 2. Orang yang minum kopi sebanyak 4 cangkir sehari memiliki resiko terserang penyakit diabetes tipe 2 50% lebih rendah. Penelitian Ini telaha diterbitkan pada Journal of Agricultural & Food Chemistry yang diterbitkan pada tahun 2012 bulan Januari.

5. Menurunkan risiko kanker
Dengan rutin mengonsumsi kopi dapat menurunkan resiko serangan penyakit kanker seperti kanke leher, paydara dan menurunkan resiko terserang penyakit yanng berkaitan dengan obesitas, insulin dan estrogen. Penelitian di Swedia menunjukan dengan rutin mengonsumsi kopi sebanyak 2-3 cangkir sehari dapat menurunkan reseiko serangan kanker payudara.

6. Meningkatkan metabolisme 

Kopi dapat membantu Anda menurunkan berat badan atau menjaganya. Penelitian yang dilakukan pada tahaun 2006 menunjukan orang yang mengonsumsi kopi secara rutin memiliki metabolisme yang meningkat terutama pada seorang wanita. Biji kopi hijau diketahui dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

7. Menurunkan risiko penyakit Parkinson
Pada tahun 2000 Journal of the American Medical Association menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi yang mengandung kafein dapat menurunkan resiko terkena parkinson hingga 25% penelitia ini juga telah dilakukan pada tahun 2010.

8. Memiliki zat antioksidan
Salah satu peneliti di Harvard Edward Giovannucci, menyatakan bahwa dengan rutin mengonsumsi kopi  antioksidan dalam tubuh akan meningkat dari pada kebanyakan sayur dan buah. Kopi merupakan sumber antioksidan nomer 1 di Amerika untuk menjalankan program diet.

9. Meningkatkan kinerja 

Kafein diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada saat bekerja. Dalam sebuah penelitianmenunjukan bahwa minum kopi berkefein sebelum berolahraga dapat meningkatkan aktifitas dan lama waktu olahraga..

10. Mencegah gout 

 Pada tahun 2007 dalam sebuah penelitian menemukan pria berusia 40 tahun yang rutin mengonsumsi kopi dapat teehindar dair gout. Gout terjadi pada saat ada peradangan akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Orang yang rutin mimun kopy sebanyak 4 cangkir sehari dapat terhidar dari gout tersebut.

Demikianlah manfaat kopi untuk kesehatan tubuh, jadi jangan ragu untuk mengonsumsi kopi untuk memperolrh manfaatnya, namun jangan sampaiberlebihan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment