Wednesday, 11 June 2014

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan - Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak dimannfaatkan untuk membuat makanan dan juga minuman. Kacang hijau memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, baik untuk penderita orang yang memiliki tingkat kolesetrol tinggi, mencegah kanker payudara, baik untuk penderita diabetes, meredakan gejala menopose dan juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Dan berikut manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh seperti yang dilansir oleh 3 Fat Chicks oleh merdeka.com.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan
1. Kolesterol
Kacang hijau memiliki kadar kolestrol yang rendah dan kaya akan serat sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolestrol tinggi. Serat yang terkndung dalam kacang hjau akan membantu pencernaan dan menurunkan tekanan darah. Disarankan untuk mengonsumsi 10-25 gram perhari.

2. Kanker payudara
Semua jenis kacang-kacangan mengandung protease inhibitor termasuk kacang hijau. Zat ini diketahui dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor pada payudara.

3. Setelah menopause
Kandungan isoflavon dalam kacang hijau berperan dalam mengatur hormon. Isoflavon adalah zat yang dapat meredakan gejala-gejala menopause pada wanita, seperti rasa terbakar dan lainnya. Kacang hijau juga mengandung phytoestrigen yang dapat mencegah osteoporosis yang mengancam wanita setelah menopause.

4. Diabetes
Kacang hijau memiliki tingkat index glycemic (GI) yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes. Kacang hijau dapat mengontrol kadar gula darah alam tubuh. Penelitian menunjukan dengan mengonsumsi kacang hijau selama 5 minggu berturut-turut dapat menurunkan tingkat glukosa dalam darah, glucagon, tingkat urea nitrogen dan C-peptide dalam darah.

5. Protein
Kacang hijau kaya akan protein yakni 3,16 gram protein setiap 1 cangkir. Meski tidak sebanyak daging namun kacang memiliki kadar lemak yang lebih rendah dari pada daging.

Demikianlah manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh. Jadi jangan ragu untuk mengonsusi kacang hijau untuk mendapatkan manfaatnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment