Sunday, 25 May 2014

Mengenal Kegunaan dan Manfaat Air Mata


Mengenal Kegunaan dan Manfaat Air Mata - Pada saat mengekspresikan kesedihan, kebahagiaan dan terharu biasanya orang akan mengeluarkan air mata. Walau sebagian orang menganggap hal tersebut adalah hal yang cengeng. Namun Orang yang meluapkan emosinya dengan menangis dan mengeluarka air mata akan lebih sehat. Dari pada menahan emosi karena malu mengeluarkan air mata, lebih baik sebaliknya. Menahan emosi hanya akam membuat tingkat stres naik, tekanan darah tinggi mengencang dan sakit kepala. Jangan melu menangis karena air mata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.. Berikut manfaaat air mata bagi kesehatan pada saat Anda menangis sedih.

Mengenal Kegunaan dan Manfaat Air Mata

1. Baik untuk kesehatan.

Air mata mengandung enzim lysozym cukup kuat untuk membunuh bakteri yang ada dalam mata. Lysozym mampu membunuh bakteri sekitar 90-95% hanya dalam 5 menit.


2. Menyebabkan relaks.

Sesaat setalah Anda menangis Anda akan merasa rileks dan dapat menyelesaikan masalah dengan tenang, jadi biarkan masalah mengalis keluar dari fikiran Anda bersama air mata.


3. Membantu penglihatan

Air mata dapat membantu mempertajam penglihatan. Air mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur.
4. Mengeluarkan racun

Ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa penelitian tentang fungsi air mata. Dan dia menemukan bahwa air mata yang keluar yang disebabkan oleh luapan emosi mengandung racun. Tapi jangan salah, air mata tersebut membawa racun keluar dari tubuh melalui mata.


5. Meningkatkan mood

Pada saat seseorang selesai menangis tingkat depresi orang tersebut akan turun dan mootnya akan naik. Air mata yang dihasilkan karena luapan emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna untuk meregulasi metabolisme tubuh dibadingkan dengan air mata yang keluar karena iritasi.

 

6. Ekspresi cinta.

Ada banyak kata yang tak bisa melukiskan betapa besarnya rasa cinta, namun air mata dapat menggambarkan itu semua.


7. Menghilangkan stres.

Perasan tertekan dan kesediahan yang mendalam. menangis dapat menghilangkan semuanya. Menangislah sepuas Anda hingga tekanan didada terasa ringan dan menghilangkan stres.


8. Menghentikan pertengkaran.

Anda bingung bagaimana menghentikan pertengkaran dengan pasangan Anda? Air mata adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat lelaki luluh dan berhenti berargumentasi.


9. Mencari simpati.

Ya, ini memang salah satu manfaat air mata yang bisa Anda dapatkan. Simpati biasanya akan timbul bila Anda meneteskan air mata.


Nah itulah 9 manfaat air mata pada saat Anda menangis. Anda pernah merasakannya juga, bukan?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Kegunaan dan Manfaat Air Mata

0 komentar:

Post a Comment