Thursday, 29 May 2014

Mengatasi Rambut Beruban pada Usia Muda Secara Alami


Mengatasi Rambut Beruban pada Usia Muda Secara Alami - Uban pada umumnya akan muncup pada saat memasuki usia lanjut. Karena semakin tua makan fungsi tubuh akan menurun. Begitu pula dengan melanosid, sel tubuh yang menghasilkan pewarna kulit dan rambut. Tapi terkadang rambut mulai putih pada uisa muda.
Mengatasi Rambut Beruban pada Usia Muda Secara Alami
Menurut About.com  ini disebabkan berbagai faktor, misal gangguan kelenjar tiroid, menopause dini, kekurangan vitamin B12, atau gaya hidup yang tak sehat, seperti pola makan tak seimbang, merokok konsumsi daging, garam, serta produk olahan susu secara berlebihan yang dapat mengakibatkan uban prematur.

Untuk mencegah uban muncup pada usia dini, Anda dapat melakukan perawatan secara alami yang direkomendasikan oleh Ayurveda. Ayurveda merupakan metode pengobatan tradisional India yang menggunakan obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Bahan-bahannya cukup murah dan mudah didapat.

Berikut ini penjelasan khasiat beserta cara pembuatannya seperti dikutip dari Home Remedy Shop dan Boldsky oleh merdeka.com.

1. Jahe
Jahe dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah uban pada usia muda. Caranya campurkan parutan jahe segar, madu dan susu. Aduk bahan tersebut hingga tercampur rata. Pastikan komposisi parutan jahe lebih banyak. Usapkan ramuan tadi pada batang rambut dan kulit kepala secara merata  disertai pijatan lembut pada kulit kepala. diamkan selama 30 menit, lalu bilas samapai bersih. Pada saat mengunakan ramuan ini pastikan tidak ada luka, dan jangan menggaruk kepala pada saat menggunakan ramuna ini.

2. Daun Jambu
Selama ini mungkin Anda mengenal daun jambu sebagai bahan alami untuk meningkatkan produksi trombosit bagi penderita demam berdarah atau mengatasi diare. Namun daun jambu juga dapat digunakan untuk mengatasi uban dan mencegahnya. Caranya haluskan 1 genggan daun jambu biji hingga terbantuk menjadi pasta. Gunakan daun jambu tersebut untuk cream bath. Oleskan pada kulit kepala disertai dengan pijatan lembut agar meresap. Biarkan selama 30 menit setelah itu bilas samapi bersih. Anda dapat melakukan perawatan ini 1 mingu sekali untuk hasil maksimal.

3. Bawang merah
Untuk mehatasi uban dengan bawang merah caranya haluskan bawang merah secukupnya. Kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala disertai dengan pijatan lembut, lalu bungkus kepala. Biarkan selana 30 menit kemudian bilas samapi bersih. Pastiakan Anda tidak mempunyai luka di kepala. Lakukan perawatan ini minimal sebulan sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Teh hitam
Bahan yang mengandung kafein seperti teh dan kopi dapat digunakan untuk mengatasi rambun beruban. Caranya bilas rambut Anda dengan larutan tah atau kopi setiap 2 kali sehari, sertai pijatan pada saat menggunnakannya dan biarkan selama 30 menit lalau bilas.

5. Madu
Madu memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya mengatasi masalah rambut beruban. Caranya gunakan sebagai cream  bath. Anda dapat menambahkan perasan lemon untuk memperkuat antioksidan, lakukan cara ini setelah keramas disertai pijatan lembut bilas rambut setelah 30 menit. Lakuan 1 minggu sekali secara rutin.

6. Minyak kelapa
Cara mengatasi ubang dengan minyak kelapa ini sama dengan cara mengatasi uban dengan madu yakni tambahkan sedikit lemon. Setelah menggunakan cara ini diamkan selama 10 menit lalu bilas. Lakukan perawatan ini secara rutin, minimal tiga hari sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.

7.Susu dan Yogurt
Caranya sama dengan diatas tinggal oleskan susu atau yogutr pada kulit kepala dan rambut dan biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin, paling tidak seminggu dua kali agar hasilnya maksimal.

8. Bunga sepatu
Cara menggunakannya  panaskan sedikit minyak lalu masukan beberapa lembar kelopak bunga sepatu, biarkan kandungan bunga sepatu tercampur dengan minyak samapi berubah warna. Dingikan lalu oleskan ramun ini pada kulit lepala dan rambut, sertai dengan pijatan halus dan biarkan selama 30 menit lalu bilas samapi bersih. Atau Anda bisa menghaluskan beberapa lembar kelopak bunga sepatu dan menggunakannya untuk cream bath. Jika dilakukan dengan rutin perawatan ini akan membuat rambut beruban Anda kembali hitam.

Inilah Cara Mengatasi Rambut Beruban pada Usia Muda Secara Alami, jika Adan mempunyai masalah dengan uban Anda dapat melakukan salah satu perawatan diatas, terimakasih semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengatasi Rambut Beruban pada Usia Muda Secara Alami

0 komentar:

Post a Comment