Monday, 14 April 2014

Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya






  بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ 

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh



Penyebab asam urat dan cara mengatasinya - Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, dan penyebab munculnya penyakit ini bisanya disebabkan oleh makanan dan zat purin yang menumpuk pada tubuh merupakan penyebab utamanya. Yang kemudian zat purin tersebut diolah oleh tubuh sehingga menjadi asam urat.



 Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya


 Penyebab asam urat dan cara mengatasinya



Jadi asam urat adalah penyakit yag disebabkan oleh sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi dan umumnya asam urat diderita oleh orang yang sudah lanjut usia. Orang yang menderita asam urat biasanya disertai dengan sakit ginjal, diabetes atau hipertensi. Bila penyakit asam urat dibiarkan saja dapat mengakibatkan terserangnya penyakit batu ginjal dan yang paling parah dapat menyebabkan gagal ginjal.


Pada saat asam urat kambuh rasanya akan nyeri pada persendian terutama jempol kaki selain itu lutut, pergelangan tangan, pergelangan kaki juga akan terasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat.




Ada dua faktor utana yang menyebabkan terserangnya penyakit asam urat yaitu penyebab primer dan penyebab sekunder.

Penyebab Asam Urat Primer - merupakan faktor yang meyebabkan asam urat berasala dari dalam tubuh namun belum dapat diketahui secara pasti. Diguga disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon dalam tubuh dan faktor genetik. Dapat juga disebabkan oleh tidak maksimalnya kerja ginjal dalam menegeluarkan zat asam dari dalam tubuh.

Penyebab Asam Urat Sekunder - merupakan faktor yang disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. makana yang banyak mengandung purin adalah penyebabnya. Produksi asam meningkat karena makanan yang dikonsumsi banyak mengandung purin, Purin merupakan senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel). Purin termasuk dalam kelompk asam amino, unsur pembentuk protein.



Beberapa minuman dan makanan penyebab asam urat  adalah sebagai berikut.

Minuman Manis

Mimuman manis dapat menicu peningkatan produksi asam urat berlebih dalam tubuh. Dalam sebuah percobaan seorang pria yang meminum  fruktosa dapat terkena asma urat, pria tersebut minum fruktosa seitap hari.


Daging Merah

Daging merah dapat memunculkan purin lebih banyak dibandingkan dengan daging putih. Tapi bukan berarti tidak boleh mengonsumsi daging merah, namin jangan berlebihan.

Makanan Laut

Ikan laut seperti ikan hering dan ikan tuna dapat memicu terjadiny asam urat.


Beberapa sayuran yang bisa juga menyebabkan asam urat di antaranya:


  • Kacang-kacangan

  • Makanan mengandung protein tinggi

  • sayuran bayam, buncis, kol, jamur kuping




Berikut cara mengatasi asam urat secara tradisional:

Daun Sirsak


Daun sirsak juga dapat menjadi alternatif pengobatan untuk mengatasi asam urat. Caranya ambil 10 lembar daun sirsak yang hijau dan cukup tua lalu cuci bersih. Kemudian potong-potong daun sirsak lalu rebus dengan air mendidih 2 gelas. Lalu disaring dan ambil airnya saja, minum 2 kali sehari pagi dan malam.



Jahe Merah

Jahe merah terbukti dapat mengurangi peradangan di sendi dan menghancurkan tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Selain itu juga dapat meningkatkan nafsu makan serta dapat memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan.



Inilah penyebab asam urat dan cara megatasinya, asam urat merupakan penyatik yang menyarang persendian. pada saat penyakit ini kambuh akan tarasa sanngat menyakitkan.








Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya

0 komentar:

Post a Comment