Friday, 28 March 2014

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan



سم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh


Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan - Pada kali ini saya akan menuis artikel manfaat buah apel bagi kesehatan dan kecantikan. Anda pasti pernah mendengar ungkapan "an apple a day keeps the doctor away". Ungkapan ini mempunyai arti bhwa dengan rajing megonsumsi apel dalam sehari mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat sehingga Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit.




Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan




Untuk mengonsumsi apel dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari memakannya langsung, dicampaur dalam bahan makanan, hingga yang paling populer adalah dengan dibuat jus.
 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Apel mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan diantaranya sebagai berikut seperti dilansir oleh Third Age.

Kesehatan gigi
Buah apel dapat mencegah terjadinya keropos pada gigi. Karena pada saat Anda menguyah dan menggigit apel dapat merangsang produksi air liur dalam mulut.

Sistem kekebalan tubuh
Kandungan antioksidan yang disebut quercetin pada buah apel mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ketika Anda sedang depresi. Ini merupakan temuan terbaru dalam sebuah penelitian.

Sistem pencernaan
Buah apel banyak mengandung serat yang mampu mengatasi masalah pada sistem pencernaan, seperti diare dan konstipasi. Hal ini karena serat dalam buah apel mampu menyerap air dalam usus dan mambuat sistem pencernaan lancar.

Diabetes
Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa jika seorang wanita mengonsumsi buah apel setidaknya 1 buah dalam sehari mempunyai kesempatan terhindar dari terkenanya diabetes tipe 2 sebesar 28% dari pada wanita yang tidak mengonsumsi apel. Hal ini karena apel dapat mengotrol tingkat gula dalam darah.

Risiko Alzheimer
Buah apel mempu mecegah penuaan pada otak, hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian pada seekor tikus. Tikus dalam penelitian yang mengosumsi jus apel menunjuakan tes yang lebih dalam kemampuan  kognitif.

Katarak
Dalam sebuah penelitian jangka panjang orang yang sering mengonsusi buah apel memiliki resiko terkena katarak 10-15 persen lebih sedikit dari pada yang tidak megonsumsi.

Kanker
Dalam sebuah penelitian di Cornell University telah menunjukan beberapa senyawa salah satunya  bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker liver, payau darah dan usus besar. Penelitian sebelumya menunjukan bahwa ekstrak buah apel mempu menurunkan jumlah sel kanker pada tikus.

Dilansir oleh Daily Health Post

Mencegah serangan jantung dan stroke
Buah apel dapat mencegah terjadinya serangan penyakit jantung dan stroke. Buah apel mampu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah hingga 23%. Dan tidak ada efek samping yang ditimbulkan seperti halnya mengonsumsi obat kimia.

Meningkatkan kemampuan mengingat
University of Massachusetts Lowell telah melakukan terhadap buah apel. Dengan mengonsumsi apel dapat meningkatkan produksi senyawa yang mampu menjadi penghubung antar sel otak yang disebut acetylcholine. Acetylcholine merupakan hormon yang mempunyai banyak peran diantaranya membantu otak membangun struktur baru yang pada gilirannya akan membantu otak lebih mudah untuk mengingat. Selain itu, zat mampu mencegah penurunan kemampuan mental pada orang yang sudah lanjut usia.

Dilansir dari indiatimes.com.

Meningkatkan penglihatan
Dalam bauh apel terdapat vitamin A yang melimpah yang dapat memabantu meningkatkan kesehatan mata serta pengelihatan Anda.

Menyediakan cadangan energi
Jus apel mempunyai nutisi yang melimpah diantaranya folat vitamin A, vitamin C, vitamin E,  dan vitamin K. Yang dapat membuat tubuh Anda berenergi.

Menurunkan resiko demensia
Dengan rutin minum jus apel dapat menurunkan resiko demensia pada hari tua. Selain itu jus apel juga dapat memperlambat penuaan pada otak dan membantu otak Anda untuk tetap tajam.

Manfaat buah apel untuk kecantikan


Membantu dalam menurunkan berat badan
Buah apel dapat membantu Anda dalam penuruna berat badan, Anda cukup mengonsusi jus apel 1 kali dalam sehari. Karena buah apel tidak mempunyai kandungan kalori, lemak dan dapat menurunkan tingkat kolestrol jahat.

Mengurangi keriput
Buah apel dapat mengurangi paradangan dan keriput pada wajah, selain itu buah apel dapat digunakan untuk membersihkan wajah. Cara pemakaiannya juga cukup mudah. Parut 1 buah apel dan kemudian gunakan sebagai masker dan diamkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal gunakan secara rutin.

Mencegah kulit berminyak dan jerawat.
Gunakan buah apel sebagai masker dangan mencampurnya dengan madu, gunakan selama 10 menit dan kemudian bilas dangan air dingin.

Mengurangi kantung mata.
Untuk mengurangi kantung mata caranya campurkan 2 sendok sari apel dengan parutan kentang, dan kemudian oleskan pada kantung mata, biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas sampai bersih.

Inilah manfaat buah apel bagi kesehatan dan kecantikan. Apel adalah buah yang mudah didapatkan dan terjangkau. Jadi, tak ada salahnya mulai membiasakan diri mengonsumsi buah ini setiap hari.

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

2 komentar:

  1. Saya sangat suka apel!

    Mari berkunjung juga ke bairuindra(.)blogspot(.)com/ tks ya :)

    ReplyDelete
  2. Ok sama-sama, terimaksih juga atas kunjungannya

    ReplyDelete