Monday, 3 March 2014

Kumpulan Buah Manggis dan Manfaatnya Untuk Kesehatan


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Kumpulan Buah Manggis dan Manfaatnya Untuk Kesehatan - Buah yang memiliki kulit merah keunguan ini mempunyai rasa  yang nikmat sehingga tak heran banyak orang yang menyukai buah yang satu ini. Buah manggis (Garcinia mangostan) mempunyai bayak maanfaat, selain itu kulitnya pun mempunyai banyakj manfaat bagi kesehatan. Buah manggis berasal dari kepulawan Nusantara. Pohon buah manggis dapat tumbuh hingga setinggi 7- 25 meter. Saat sudah matang kulit buah manggis akan berubah manjadi merah keunguan dan terkadang berwarna kecoklatan, sedangkan buahnya berwarna putih. Buah manggis dalam perdagangan disebut sebagai ratu buah sebagai pasangan durian raja buah. Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia. Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera. Nah inilah sekilas tentang buah manggis dan berikut merupakan manfaat buah manggis untuk kesehatan


Kumpulan Buah Manggis dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kumpulan Buah Manggis dan Manfaatnya Untuk Kesehatan


Mencegah Kanker
Dalam buah manggis terdapat senyawa yang disebut senyawa xamthone atau senyawa anti-kanker yang berguna untuk memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker pada usus besar, dan kanker hati. Senyawa xanthone juga dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab penyakit leukemia.


Menghilangkan Rasa Sakit
Buah manggis juga dapat mengurangi rasa nyeri, ini dibuktikan oleh para ahli dengan beberapa  responden.

Mencegah penyakit jantung
Buah manggis dapat memulihkan elastisitas pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan penyakit jantung. Zat yang berperan dalam pemulihan elastisitas pembuluh darah adalah antimikorbial dan antioksidan yang dimiliki buah tersebut.

Menyembuhkan asma

Buah manggis dapat dijadikan obat alternatif penyakit asma, hal ini dikarenakan buah manggis dapat melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergis.


Menangkal Radikal Bebas Dan Kekebalan Tubuh
Catechins yang terkandung dalam buah manggis ternyata mempunyai manfaat lebih dari pada Vitamin C dan E. catechins dapat menangkal radikal bebas, dan tentunya Anda juga akan mendapatkan cadangan antioksidan alami yang melimpah dari buah manggis.


Mencegah Batu Ginjal
Seseorang yang sering makan buah manggis maka air kencingnya akan lancar dan menjadi sering buang air kencing sehingga dapat terhindar dari batu ginjal. Usahakan makan buah manggis 3 ons/hari.

Menurunkan kolesterol

Zat xanthones yang terdapat dalam buah manggis ternyata juga dapat mengurangi kadar kolestrol dalam darah.

Inilah beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan, jika Anda ingin hidup sehat Anda dapat mengonsumsi buah manggis setiap hari.

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan Buah Manggis dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment