Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah - Pada kali ini saya akan menulis artikel tentang khasiat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Di dunia telah ditemukan kurang lebih 1300 jenis jeruk. Namun dari sekian banyak jeruk yang telah ditemukan jeruk nipis atau limau nipis  yang memmiliki banyak manfaat untuk manusia terutama untuk kesehatan dan kecantikan.

Dari segi kesehatan, jeruk nipis kerapkali digunakan untuk ramuan tradisional untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti obat batuk, amandel, penyakit kuning, sembelit dan lain-lain. Sedangkan manfaat untuk kecantikan antara lain menghilangkan jerawat, memutihkan kulit, menghilangkan komedo, menghilangkan bau badan dan lain sebagainya. Dan sering kali jeruk nipis juga digunakan untuk produk kosmetik.


Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah



Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Buah jeruk nipis kaya akan mineral dan vitamin  yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam 100g jeruk nipis terkandung:protein 0.9 g, kalori 51 kal,karbohidrat 11.4 g, lemak 0.2 g, kalsium 33 mg, mineral 0.5 g,  besi 0.4 mg, fosfor 23 mg, dan asam askorbat 49 mg.

Memutihkan Kulit Wajah
Jeruk nipis dapat digunakan untuk memutihkan kulit wajah, caranya pun cukup mudah yaitu campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit, 100 ml perasan jeruk nipis dan 1 sendok makan susu bubuk, aduk semu bahan hingga menjadi pasta. Gunakan ramuan ini sebagai masker wajah, biarkan selama 20 menit setelah itu bersihkan dengan air hangat.

Menghilangkan Jerawat
Untuk menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis campurkan perasan jeruk nipis dengan air dingin atau hangat lalu diminum. atau dapat juga dengan cara mengoleskannya langsung pada wajah menggunakan kapas agar kulit yang berjerawat tidak terinfeksi. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas.

Merawat Wajah
Jeruk nipis dapat digunakan untuk merawat wajah, caranya pun cukup mudah hanya dengan mengoleskan perasan jeruk nipis pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit lalu bilas sampai bersih. Jika hal ini dilakukan dengan rutin akan membuat kulit Anda menjadi bersih, halus, mengecilkan pori-pori dan putih. Dan jika Anda ingin kulit Anda menjadi kenyal Anda dapat mencampurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur dan oleskan pada wajah, tunggu sampai kering lalu bilasa dengan air hangat sampai bersih.

Menghilangkan Bau Badan
Bau badan memang sangat mengganggu, Namun jangan khawatir bau badan dapat diatasi menggunakan keruk nipis dengan cara oleskan potongan jeruk nipis yang telah diberi kapur sirih pada ketiak sehabis mandi, diamkan selama 5 menit lalu bilas.

Merawat Kesehatan Rambut
Untuk mengatasi ketombe, rambut rontok, berminyak dan sulit diatur menggunakan jeruk nipis caranya hanya dengan membasuh rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan jeruk nipis dan  biarkan 5-10 menit lalu bilas dengan air bersih atau dapat juga menggunakan shampo (dianjurkan).
Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan:
Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis juga mengandung  asam amino (lisin, triptofan), asam sitrat, minyak atsiri ( limonen, sitral,  lemon kamfer, felandren,  gerani-lasetat, kadinen, aktilaldehid, linali-lasetat, nildehid) glikosida, damar,  lemak, kalsium, asam sitrun, belerang,   besi, vitamin B1 dan fosfor,. Sedangkan buah, daun, dan bunganya mengandung minyak terbang.


Melancarkan Pencernaan
kandungan flavonoid dapat meningkatkan produksi asam, empedu,  dan cairan pencernaan. Hal ini membantu fungsi sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan falonoid akan mengeluaran racun dalam tubuh dan menetralkan cairan pencernaan asam. Selain itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita mual, muntah, atau diare.

Mengatasi sembelit
Minum air jeruk nipis dapat mengatasi sembelit, karena jeruk nipis mampu mengengeluarkan racun pada usus. Cara terbaik minum jus jeruk nipis dengan menambahkan sedikit garam kedalam jus.

Mengobati Amandel
Anda pasti belum tau bahwa penyakit amandel bisa disembuhkan dengan jeruk nipis. Caranya cuci 3 jeruk nipis dengan air bersih, potong-potong menjadi bagian kecil kemudian rebus dengan 2 gelas air yang mendidih hingga tersisa 3/4 dan saring, dalam keadaan yang hangat gunakan air tersebut untuk berkumur,lakukan 3-4 kali sehari.

Mengatasi masalah buang air kecil
Jeruk nipis dapat menyembuhkan infeksi kandung kemih karena jeruk nipis memiliki kandungan kalium yang tinggi yang dapat membantu membilas racun dari ginjal dan kndung kemih.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Rajin mengonsumsi jeruk nipis dapat memuat sistem kekebalan tubuh Anda meningkat. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis dapat meningkatkan fungsi jantung sehingga sirkulasi darah menjadi lancar Selain itu, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat memberikan kesehatan pada sistem kekebalan tubuh.

Mengobati Batuk
Jika saat ini Anda terserang batuk, Anda dapat mengobatinya dengan jeruk nipis, caranya pun cukup mudah campurkan perasan air jeruk nipis dengan madu atau kecap lalu diminum atau dengan cara memakannya langsung kupas jeruk nipis cocolkan pada madu atau kecap lalu dimakan lakan hal ini 3 kali sehari setelah makan.

Mengobati penyakit kuning
Kandungan gizi dalam jeruk nipis dapat membantu fungsi hati sehingga dapat mengobati penyakit kuning selain itu jeruk nipis memiliki efek meredakan demam dan penyakit jantung.

Inilah khasiat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah banyak bukan. Nah jika Anda ingin terlihat cantik dan sehat tidak ada salahnya Anda mencoba tips-tips diatas. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah