Saturday, 18 January 2014

Penyebab Bau Mulut dan Solusinya


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Penyebab Bau Mulut dan Solusinya - Untuk menunjang penampilan, banyak usaha yang dapat dilakukan, salah satunya dengan denagn cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Akan tetapi terkadang car-cara yang telah dilakukan, masih saja menimbulkan masalah, seperti bau napas yang tidak sedap. Apa Penyebab hal tersebut?  simak penjelasan dari drg. Novi Chandrakirana dari Meetdoctor.com berikut ini adalah penyebab terjadinya bau mulut. Menurut beliau, bau mulut (halitosis) dapat disebabkan karena hal-hal di bawah ini:


Penyebab Bau Mulut dan Solusinya

Penyebab Bau Mulut dan Solusinya




  • Terjadi infeksi pada rongga mulut yang meliputi  abses gingiva, periodontitis dan sisa akar yang tidak dicabut

  • Faktor eksternal seperti makan  bawang bombay, bawang putih, minum kopi dan merokok

  • Mulut kering (xerostomia). Ini diakibatkan adanya gangguan kelenjar air liur atau kebiasaan bernafas melalui mulu.

  • Penyakit sistemik seperti diabetes, gangguan pencernaan, gangguan ginjal,  dan asam lambung yang tinggi.

  • Terjadi infeksi saluran pernafasan yaitu  bronchitis, pneumonia dan sinus

  • Kebersihan yang mulut buruk. Seperti adanya plak sisa makanan yang menempel di gigi,  penggunaan gigi palsu yang tidak tepat atau tidak dibersihkan serta tambalan lepas,


inilah Penyebab Bau Mulut dan Solusinya. Selain itu, bau mulut di pagi hari adalah hal yang ini disebut morning mouth, hal ini terjadi karena kelenjar saliva tidak memproduksi air liur saat tidur. Akibatnya mulut menjadi kering dan bakteri di rongga mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap.




Menurut drg. Novi Chandrakirana dari Meetdoctor.com. Berikut cara menghilangkan bau mulut secara alami

Menjaga kebersihan mulut
Anda dapat melakukannya dengan cara menggosok gigi2x sehari setelah sarapan dan sebelum tidur untuk membersihkan mulut dari plak dan sisa makanan. Dan jangan lupa untuk menyikat lidah.
Ganti sikat gigi secara berkala setiap 2sampai 3 bulan. Untuk membersihkan sela-sela gigi gunakanlah benang gigi. Jika Anda memakai gigi palsu, bersihkanlah dan lepas setiap malam.

Periksa gigi
Periksakan gigi pada dokter gig secara teratur 6 bulan sekali. Dokter  akan mengevaluasi kebersihan gigi Anda dan melihat apabila ada periodontitis  atau caries.



Setelah penyebab bau mulut dari bau mulut, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah cara mengatasinya dan menjaga napas tetap segar yang akan dibahas dalam Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Permanen Berikut!. Langsung saja ke TKP

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Bau Mulut dan Solusinya

0 komentar:

Post a Comment