Monday, 6 January 2014

Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Olahraga


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Olahraga - Setelah olahraga, biasanya kita malas mandi karena tubuh masih berkeringat. Setelah melakukan aktifitas olahraga tubuh terasa lelah dan panas sehingga banyak yang memilih beristirahat terlebih dulu lalu untuk lupa mandi. Padahal mandi setelah olahraga sangat bermanfaat untuk tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dan keuntungan mandi air dingin setelah olahraga, seperti dilansir oleh Health Me Up (04/01).


Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Olahraga

Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Olahraga



Dapat Mengurangi lemak
Peneliti membuktikan mandi air dingin setelah berolahraga metabolisme meningkat hingga 550%. Hal ini dikarena tubuh menyesuaikan dengan suhu air. Hal hasil kalori dalam tubuh akan terbakar untuk menjaga tubuh agar tetap hangat. Oleh karena itu, mandi air dingin setelah olahraga dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh dalam jumlah yang lebih banyak. 


Masalah kebersihan
Melakukan aktifitas olahraga pasti tuuh akan berkeringat. hal ini pertanda bahwa Anda berlahraga efektif. Meski keringat memberikan merupakan hal yang bagus saat olahraga, akan tetapi keringat dapat membuat tubuh Anda kotor dan bau. Mandi secepatnya merupakan cara yang paling baik untuk membersihkan tubuh Anda dari kotoran dan kuman. Dengan begitu tubuh Anda dapat bersih.Dapat Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat lain dari mandi air dingin setelah berlahraga adalah meningkatkan suplai antioksidan yang kuat bernama glutathione pada tubuh. glutathione merupakan jenis antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Penyembuhan otot
Peneliti membuktikan mandi air dingin setelah berolahraga dapat mempercepat proses penyembuhan pada otot dan mengurangi rasa sakit pada otot. Sebagian besar orang yang mengalami nyeri pada tubuh setelah berolahraga. Hak ini bisa dicegah dan diredakan dengan cara mandi air dingin seusai berolahraga. Dan bisa membuat tubuh Anda segar diesok harinya.

Itulah manfaat mandi air dingin seusai olahraga. Jadi jangan bermalas-malasan untuk mandi setelah olahraga. Terimakasih, namun sebelum madi tunggu sampai keringat kering dulu, karena kalau badan masih berkeringat itu artinya suhu tubuh Anda masih panas, dan dapat membahayakankesehatan apabila mandi masih dalam keadaa berkeeringat karena dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Olahraga

0 komentar:

Post a Comment