Dampak Negatif Kerugian Merokok


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Dampak Negatif Kerugian Merokok - Para perokok pasti mengetahui apa berbahaya merokok bagi kesehatan mereka. Akan tetapi walaupun mengetahui apa bahayanya, tetap saja mereka masih merokok. Seperti dilansir dari huffingtonpost.com, di bawah ini meupakan dampak negatif atau kerugia yang belum diketahui oleh para perokok mengapa mereka harus berhenti merokok mulai dari sekarang.

Dampak Negatif Kerugian Merokok
Dampak Negatif Kerugian Merokok



Nikotin yang Anda konsumsi lebih banyak dari yang Anda pikirkan
Penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health menunjukan bahwa kandungan nikotin pada setiap batang rokok naik sekitar 11% antara tahun 1997-2005. Selain itu rokok jenis mild ternyata mengandung kadar nikotin yang lebih tinggi daripada rokok biasa.

Anak Anda kemungkinan akan merokok juga
Jika Anda adalah seorang perokok dan Anda mempunyai anak, maka kemungkinan anak Anda mengikuti Anda merokok sangatlah besar. Dari sebuah penelitian yang dipublikasikan di Pediatrics menunjukan sekitar 23-29% anak perokok dipengaruhi oleh kebiasaan merokok orang tuanya. Hal ini terjadi karena dari kecil anak sudah melihat orang tuanya merokok dan itu merupakan kebiasaan  yang normal untuk dilakukan.

Anda 'membakar' banyak uang
Jika dalam sehari Anda membeli rokok 1 bungkus seharga Rp 12.000 maka kalikan saja dalam 1 bulan berapa banyak uang yang Anada bakar.

Merokok dapat melemahkan tubuh Anda
Akibat dari merokok akan merampas hampir seluruh O2 yang ada dalam sirkulasi darah yang menuju ke organ tubuh seperti jantung, paru-paru dan jantung, dan hal ini menyebabkan melemahnya sistem kardiovaskular  sehingga berdampak pada kinerja oto tubuh.

Rokok menyerang sistem kekebalan tubuh Anda
Kandungan bahan kimia dalam asap rokok dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan sel darah putih yang berfungsi sebagai imun tubuh. Ini bukan saja perokok aktif yang mengalaminya namun perokok pasif juga mempunyai peluang yang sama, jadi untuk para perokok jangan merugikan orang yang Anda cintai yang tidak merokok.

Anda berkontribusi dalam menciptakan kejahatan
Merokok dapat memicu penjualan rokok secara ilegal, penjualan tembakau secara ilegal hal ini dilakukan utuk menghindari pajak yang mahal dan berakibat pada korupsi yang dilakukan oleh para oknum pemerintah hal ini berdasarkan laporan WHO, bahwa sekitar 12-33% persen rokok dijual di pasar gelap.

Merusak kesehatan lingkungan
Asap rokok dapat menempel pada sofa, karpet, baju, ataupaun benda lain yang ada disekeliling Anda dan ini akan meninggalkan residu racun yang tidak baik jika terhirup. Selain itu juda dapat menjadi zat karsinogenik yang membahayakan anak-anak.

Merokok bukan hanya membahayak dirai Anda sebagai peokok namun juga membahayakan  kesehatan orang yang menghisap asap rokok yang Anda buang. Oleh karena itu jangan ragu untuk mencoba menghentikan kecanduan dari merokok. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dampak Negatif Kerugian Merokok