Saturday, 18 January 2014

6 Hal yang harus diketahui tentang ginjal manusia


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

6 Hal yang harus diketahui tentang ginjal manusia - Ginjal adalah alat ekskresi yang berbentuk seperti kacang, ginjal terdapat pada mahluk hidup bertulang belakang termasuk manusia merupakan mahluk bertulang belakang, ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran (terutama urea) dari darah lalu membuangnya bersama dengan urine. Ginjal manusia terletak di bagian belakang perut, ginjal ini terletak bagian kiri dan kanan tulang belakang.



6 Hal yang harus diketahui tentang ginjal manusia
Berikut adalah hal yang harus Anda ketahui tentang organ tubuh yang berbentuk seperti kacang ini.

6 Hal yang harus diketahui tentang ginjal manusia


Letak ginjal
Seperti yang telah saya jelaskan diatas ginjal terletak di belakang rongga perut di atas pinggang. Bagian bawah tidak ginjal tidak terlindungi namun bagin belakan ginjal dilindungi oleh tulang rusuk. Anda dapad mengetahui letak ginjal dengn meletakkan tangan Anda di pinggang, posisi ibu jari akan menunjukan posisi ginjal.Kesehatan ginjal
Fungsi adalah menyaring darah dari racun yang ada dalam tubuh. Oleh kerena itu kesehatan ginjal sangat rentan bagi pecandu rokok. Merokok bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah besar dan dapat mengurangi suplai darah ke ginjal. Hal  juga akan mengurangi pasokan oksigen pada ginjal dan membuat fungsi ginjal menurun.

Jumlah darah yang disaring ganjil
Setiap harinya ginjal menyaring 180 liter darah (pada orang dewasa). Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rancun dalam darah.

Makanan yang baik untuk ginjal
Kacang hijau, Nanas, dan kopi merupakan makanan yang memiliki kadar kalium yang rendah. Kalium merupakan mineral yang terkandung dalam sebagian besar makanan, namun sayang mineral ini tidak baik untuk ginjal.

Penyebab utama masalah ginjal
Diabetes merupakan penyebab utama penyakit ginjal presentasenya sekitar 50%. Hal ini terjadi karena protein albumin yang berfungsi menjaga ginjal keluar melalui urin.

Kebiasaan utama perusak kesehatan ginjal
Kebiasaan utama perusak ginjal diantaranya merokok dan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dengan jumlah besar yang dapat  mengganggu proses penyaringan di dalam ginjal.

Inilah   6 Hal yang harus diketahui tentang ginjal manusia. Selain itu hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah menjaga kesehatan ginjal sebab ginjal yang rusak akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Terimaksih semoga bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Hal yang harus diketahui tentang ginjal manusia

0 komentar:

Post a Comment