Monday, 30 December 2013

Makanan yang Mengandung Zat Besi


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Makanan yang Mengandung Zat Besi - Zat besi merupakan mineral  yang sangat penting untuk kualitas kesehatan tubuh kita. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia. Selain itu juga zat besi berguna untuk menyimpan dan mentransfer oksigenke seluruh tubuh. Oleh karenanya mengonsumsi makanan yang  kaya akan zat besi berikut sangat dianjurkan, seperti dilansir dari fitnea.com.


Makanan yang Mengandung Zat Besi

Zat besi adalah suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Dalam tubuh manusia zat besi memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel.Untuk mengangkut oksigen, zat besi harus bergabung dengan protein membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot. Bila bergabung dengan protein di dalam sel zat besi membentuk enzim yang berperan di dalam pembentukan energi di dalam sel. (Sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Zat_besi)

Makanan yang Mengandung Zat Besi



1. Makanan laut
Makanan yang berasal dari laut sebagian besar kaya akan zat besi. Makanan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi 40% hingga 100%  zat besi/ hari yang dibutuhkan tubuh kita.

2. Bayam
Bayam merupakan sayuran yang dapat dijadikan sebagai makanan untuk memenuhi kebutuhan zat besi tubuh kita. Selainitu bayam juga mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh Anda.

3. Sereal

Sereal bisa dijadikan sebagai sarapan untuk mengawali hari Anda. Dengan mengonsumsi sereal berarti adna telah memenuhi asupan zat besi unntuk tubuh anda. Selain mengandung zat besi, sereal juga mengandung serat dan vitamin.

4. Hati ayam
Hati ayam merupakan sumber zat besi hewani. Satu ons hati ayam mengandung hampir seperlima zat besi harian yang dibutuhkan tubuh dengan mengonsumsinya maka kebutuhan zat besi Anda telah terpenuhi.

5. Tahu
Tahu merupakan makanan yang murah meriah. Dengan mengonsumsi tahu Anda dapat mencukupi  kebutuhan zat besi harian sebanyak 35%.

Ini lah 5 makanan yang mengandung zat besi, jadi bagi anda yang tidak bisa atau tidak suka mengkonsumsi daging merah dapat menggantinya dengan makanan tersebut. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan yang Mengandung Zat Besi

0 komentar:

Post a Comment