Sunday, 1 December 2013

Macam-macam Penyakit Ginjal Bawaan




بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Macam-macam Penyakit Ginjal Bawaan - Ginjal adalah sepasang organ tubuh yang bentuknya mrip kacang. Fungsi utama ginjal adalah menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Ginjal manusia terletak di bagian belakang perut, ginjal ini terletak bagian kiri dan kanan tulang belakang. Setiap harinya, Ginjal anda memproses sekitar 189 Liter darah untuk diproses dan dipilah menjadi sekitar 1.89 liter zat zat sisa dan air. Zat sisa dan air ini kemudian menjadi air seni. Kali ini saya akan menuliskan macam-macam penyakit ginjal bawaan:


Macam-macam Penyakit Ginjal Bawaan


1. Asidosis tubulus renalis
Asidosis tubulus renalis adalah penyakit ginjal renal khususnya pada bagian tubulus renalis-nya. Menurut sejumlah literarut ilmiah penyakit ini termasuk jenis penyaikt langka dengan manifestasi klinis yang tidak spesifik sehingga diagnosis sering terlambat. Pada penderita penyakit ini tubulus renalis tidak dapat berfungsi dengan normal, sehingga hanay sedikit asam yang dibuang bersama urine, akibatnya timbul penumpukan asam pada darah, yang menyebabkan asidosis, yakni tingkat keasaman diatas normal.


2. Congenital hydronephrosis
Congenital hydronephrosis adalah dilasi abnormal pelvis renal dan kaliks satu atau kedua ginjal dan disebabkan oleh obstruksi aliran urin dalam traktus genitourinari. Walaupun mungkin obstruksi parsial dan hidronefrosis pada awalnya tidak menimbulkan gejala, tekanan yang terbentuk di balik area obstruksi akhirnya menyebabkan disfungsi renal simtomatik (menimbulkan gejala).




3. Congenital obstruction of urinary tract
Terjadi pada level tubulus di ginjal samoai ke urethra, penyakit ini mudah trjad pada wanita (tumor pelvis), sedangkan pada pria (prostate), penderita diabetes militus, penderita limfadenopati, nefrolitiasi atau retensi urin fungsional akibat obat, gangguan neurologis dan refluks.


4. Duplicate ureter
adalah kondisi bawaan di mana tunas ureter, asal embriologis ureter, membagi (atau muncul dua kali), hal mengakibatkan dua ureter menguras ginjal tunggal. Ini adalah kelainan ginjal yang paling umum, terjadi pada sekitar 1% dari populasi. Tambahan ureter dapat menyebabkan ureterocele, atau ureter ektopik.


5. Ginjal sepatu kuda
merupakan kelainan ginjal yang umum dari fusi anomali gijal. Ginjal sepatu kuda adalah penyatuan kutub-kutub ginjal. mereka berhubbungan melalui istmus yang berupa parenkim ginjal atau berupa jaringan fibrokus (band). Letak penyakit ini lebih rendah dari posisi ginjal normal, dan istmus letaknya setinggi vertebra lumbal 4 – 5


6. Ginjal polycystic
merupakan gangguan pada ginjal dimana kelompok kista berkembang dalam ginjal. Kista adalah kantung bulat non-kanker yang mengandung cairan. penyakit ini tidak hanya terbatas pada ginjal, penyakit ini juga dapat menyebabkan kista dalam hati dan organ lain tubuh.
7. Renal dysplasia
8. Unilateral small kidney


Itulah delapan macam penyakit ginjal bawaan lahir, namun bagi Anda yang menderita salah satu penyakit diatas jangan khawatir karena Insyaallah penyakit Anda dapat disembuhkan. Terimakasih semoga bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam-macam Penyakit Ginjal Bawaan

0 komentar:

Post a Comment