Sunday, 1 December 2013

Fungsi Gijal Pada Manusia


بسم الله الرحمن الرحيم





Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
Fungsi Gijal Pada Manusia - Ginjal adalah sepasang organ tubuh yang bentuknya mrip kacang. Fungsi utama ginjal adalah menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Ginjal manusia terletak di bagian belakang perut, ginjal ini terletak bagian kiri dan kanan tulang belakang. Setiap harinya, Ginjal anda memproses sekitar 189 Liter darah untuk diproses dan dipilah menjadi sekitar 1.89 liter zat zat sisa dan air. Zat sisa dan air ini kemudian menjadi air seni.

Fungsi Gijal Pada Manusia



  1. Sebagai penyaring
    Ginjal berfungsi sebagai penyaring untuk membersihkan darah. Bagian yang bekerja sebagai penyaring adalah nefron. Tujuannya adalah memisahkan racun dari darah lalu membuangya melalui urine.

  2. Pengatur volume darah
    Ginjal juga berfungsi sebagai pengatur volume darah, hal ini bertujuan agar aliran darah terkontrol jumlahnya, karena jika kekurangan tubuh akan menjadi lemah dan jika kelebihan tubuh tak akan kuat menampung kelebihan darah.

  3. Menjaga Ph darah
    Pengaturan ph darah dilakukan di ginjal hal ini bertujuan agar darah tidak terlalu asam.

  4. Peyaring glukosa, beberapa gizi serta zat di dalam tubuh
    Fungsi lain dari ginjal ini untuk mempertahankan zat yang sangat penting yang dibutuhkan  tubuh dalam darah. Dan mengalirkannya lagi ke seluruh peredaran darah. Pengatur zat yang diseimbangkan ini dapat membantu dalam mengurangi jumlah zat yang berlebihan.

  5. Mengatur keseimbangan Kimia dalam darah
    Kalium darah yang berkurang diserap oleh ginjal sedangkan jika terlalu banyak kalium maka ginjal akan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.


Itulah bebarapa fungsi gijlal pada manusi, organ ini sangatlah penting untuk menopang hidup manusia, dan mahluk hidup bertulang belakang lainnya. Jagalah kesehatan ginjal Anda karena kesehatan adalah hal yang sangat berharga. Terimakasih, semoga bermanfaat.


Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fungsi Gijal Pada Manusia

0 komentar:

Post a Comment