Wednesday, 4 December 2013

Ciri-ciri Penyakit Ginjal



بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Ciri-ciri Penyakit Ginjal - Ginjal adalah alat ekskresi yang berbentuk seperti kacang, ginjal terdapat pada mahluk hidup bertulang belakang termasuk manusia merupakan mahluk bertulang belakang, ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran (terutama urea) dari darah lalu membuangnya bersama dengan urine. Ginjal manusia terletak di bagian belakang perut, ginjal ini terletak bagian kiri dan kanan tulang belakang.


Ciri-ciri Penyakit Ginjal


1 dari 9 orang dewasa memiliki resiko terkena penyakit ginjal, namun mereka tidak menyadari akan hal itu. penyakit gijal merupakan penyakit pembunuh secara diam-diam (silent disiase and silent killer). Sehingga ciri-ciri penyakit ginajal sering diabaikan oleh penderitanya dan dianggap hal yang biasa.


Semoga setelah membaca artikel ini bagi kalian yang mempunyai ciri-ciri dibawah dapat menyadarinya dan menganganinya seperti yang seharusnya, dan yang belum mempunyai ciri-cirin di bawah jagalah kesehatan Anda. Inilah ciri-ciri tersebut



Ciri-ciri Penyakit Ginjal



  1. Kesulitan pada saat buang air kecil.

  2. Rasa ingi buang air kecil di tegah malam secara tiba-tiba pada saat terlelap.

  3. Tekanan darah tinggi.

  4. Pembengkakan pada mata, jika pada anak-anak tibul gejala bengkak pada tangan dan kaki

  5. Rasa sakit pada punggung belakang bagian bawah dari tulang rusuk (namun bukan disebabkan adanya suatu peregerakan pada tulang).

  6. Buang air berdarah pada orang yang sudah parah.



Ciri-ciri yang lain:




  1.  Muncul rasa gatal berlebih
    Hal ini terjadi karena ginjal tidak bisa menyring kotoran dalam darah sehingga terjadi penumpukan yang mengakibatkan rasa gatal berlebih. Rasa gatal ini biasanya juga disertai pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti tangan, pergelangan tangan dan lain-lain.

  2. Sakit disekita daerah pinggang
    Orang yang mengalami penyakit batu ginjal akan mengalami sakit pada bagian pinggang. Hal ini terjadi karena batu ginjal terjebak dalam ureter (saluran kencing antara kandung kemih dan ginjal)  rasa sakit akan terasa sangat parah. Rasa sakit awalnya hanya tersa sekali, setelah itu rasa sakait akan berlanju lebih lama dan sering jika tidak segera ditangani.

  3. Tubuh merasa kedinginan
    Anemia dapat menyebabkan Anda kedinginan sepanjang waktu, bahkan ketika cuaca panas selalipun.

  4. Kepala pusing dan sulit konsentrasi
    Hal ini juga disebabkan oleh anemia karena anemia sangat berkaitan erat dengan penyakit ginjal. ini terjadi karena suplai oksigen ke otak kurang yang menyebabkan pusing dan sulit berkonsentrasi.

  5. Sesak Napas
    Ini terjadi karena cairan berlebih akibat tidak berfungsinya ginjal secara normal, sehingga cairan tersebut menutup saluran paru-paru. Kedua Anemia (kekurangan oksigen pembawa sel darah merah) yang mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen dan kehabisan napas.


Itulah bebrapa ciri-ciri penyakit ginjal, semoga setelah membaca artikel ini Anda pebih peduli dengan kesehatan Anda, karena kesehatan sangat berharga, terima kasih semoga bermanfaat.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ciri-ciri Penyakit Ginjal

1 komentar: