Sunday, 29 December 2013

8 Makanan Kaya Antioksidan


بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

8 Makanan Kaya Antioksidan - Antioksidan merupakan zat yang bisa mengatasi kerusakan sel yang akibat radikal bebas dalam tubuh. Dengan kata lain, zat antioksidan bisa menetralisir kerusakan sel dan proses oksidasi yang dapat menyebabkan penyakit dan penuaan dini.



walaupun sekarang ini banyak suplemen penambah zat antioksidan yang beredar di masyarakat, akan tetapi  mengonsumsi sayur dan buah adalah hal yang wajib untuk meningkatkan zat antioksidan di dalam tubuh Anda.

Zat ini secara nyata mampu memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi meskipun dalam konsentrasi rendah. Antioksidan juga sesuai didefinisikan sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya Radikal bebas adalah spesies yang tidak stabil karena memiliki elektron yang tidak berpasangan dan mencari pasangan elektron dalam makromolekul biologi. Protein lipida dan DNA dari sel manusia yang sehat merupakan sumber pasangan elektron yang baik. Kondisi oksidasi dapat menyebabkan kerusakan protein dan DNA, kanker, penuaan, dan penyakit lainnya. Komponen kimia yang berperan sebagai antioksidan adalah senyawa golongan fenolik dan polifenolik. Senyawa-senyawa golongan tersebut banyak terdapat dialam, terutama pada tumbuh-tumbuhan, dan memiliki kemampuan untuk menangkap radikal bebas. Antioksidan yang banyak ditemukan pada bahan pangan, antara lain vitamin E, vitamin C, dan karotenoid. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Antioksidan)

Nutrisi ini penting untuk dikonsumsi oleh siapapun, berikut makanan yang kaya akan antioksidan yang bisa dikonsumsi sehari-hari:



8 Makanan Kaya Antioksidan



Buah beri-berian

8 Makanan Kaya Antioksidan
Buah beri-berian seperti raspberry, stroberi, dan blueberry, buah-buahan ini mampu mencegah resiko serangan penyakit jantung karena buah-buahan ini mengandungzat antioksidan yang dikenal dengan anthocyanin.Bawang putih


8 Makanan Kaya Antioksidan

Bawang putih biasa digunakan sebagai bumbu masak, bawang mengandung zat anti biotik alami yang mampu membasmi beberapa bakteri berbahaya. Satu siung bawang putih mengandung vitamin A, B, C, yodium, selenium,  zat besi, kalium, kalsium, magnesium dan seng,.

Tomat

8 Makanan Kaya Antioksidan
Tomat juga merupakan salah satu sumber buah yang banyak mengandung antioksidan yang disebut dengan lycopene.

Paprika

8 Makanan Kaya Antioksidan

Selain kaya akan zat antioksidan, paprika mempunyai kandungan vitamin C, yang lebih bayak dari pada jeruk.

Buah plum

8 Makanan Kaya Antioksidan
Buah plum adalah buah yang sehat karena mengandung antioksidan penting seperti fitokimia.


Melon

8 Makanan Kaya Antioksidan
Melon  mengandung beta karoten, vitamin C,zeaxanthin dan juga antioksidan.


Bayam

8 Makanan Kaya Antioksidan
Bayam mampu menjaga kesehatan mata, karena bayam mengandun zat antioksidan yang disebut lutein. Zat ini membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Teh hijau

8 Makanan Kaya Antioksidan
Teh hijau mampu membakar timbulnya lemak, karena teh hijau mempunyai kandungan polifenol.Inilah 8 makanan kaya antioksidan yang bisa anda konsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan Anda. Terimakasih, semoga bermanfaat.



Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Makanan Kaya Antioksidan

0 komentar:

Post a Comment