Saturday, 30 November 2013

Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah



بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh



Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah - Jantung adalah organ vital setiap mahkluk hidup, jantung berfungsi memompa darah keseluruh tubuh, jantung terketak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan. Untuk menjaga kerja jantung agar tetep optimal kita harus mengonsumsi makanan sehat, dan berikut bebrapa makanan sehat untuk jantung;

Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah

1. Buah beri-berian
Buah beri-berian seperti raspberry, stroberi, dan blueberry, buah-buahan ini mampu mencegah resiko serangan penyakit jantung karena buah-buahan ini mengandungzat antioksidan yang dikenal dengan anthocyanin.


Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah
2. Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh, oleh sebab itu minyak zaitun merupakan  jenis minyak yang sehat. Minyak ini mampu mengontrol kolesterol jahat di dalam tubuh serta meningkatkan kolesterol baik. Sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung.


Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah
3. Nangka
Nangka mampu mencegah resiko penyakit jantung selain itu nangka mampu menurunkan tekanan darah tinggi serta stroke karena nangka mengandung potasium.


Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah
4. Sayuran berdaun
Sayuran berdaun seperti  pok choy, bayam, fenugreek, lobak, dan selada, dapat mengurangi penyakit jantung dan kanker. karena sayuran tersebut rendah lemak, kalori dan akan tingggi serat. Selain itu sayuran berdaun mengandung  magnesium, asam folat,  kalium kalsium, dan mineralyang dapat mengoptimalkan kerja jantung. Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi satu porsi sayuran berdaun dapat menurunkan risiko serangan penyakit jantung sebesar 11 persen.


Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah
5. Oat
Oat bisa menjadi salah satu menu sarapan sehat di pagi hari. Oat  tidak hanya mampu membuat perut menjadi kenyang dan energik akan tetapi oat juga merupakan makanan sehat untuk jantung. Oat mengandung beta glucan yang mudah larut dalam tubuh yang mampu menurunkan kolesterol terutama LDL dalam tubuh.


Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah
6. Gandum murni
Gandum  mengandung zat besi, vitamin E, magnesium serat alami, dan antioksidan oleh sebab itu gandum sangat baik untuk kesehatan jantung.


Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah
7. Kedelai
Kedelai bisa dijadikan makanan pengganti daging merah yang mempuyai kandungan lemak yang tinggi yang dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol jahat dan lemak jenuh pada jantung.


Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah
8. Almond
Almond mngandung vitamin B17, E dan mineral seperti  zat besi, magnesium. Almond merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dalam tubuh.


Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah
9. Anggur merah
Mengkonsumsi anggur dapat berdampak positif pada kesehatan jantung jika tidak berlebih, karena anggur merah mengandung antioksidan yaitu resvaratrol, anggur merah juga mengandung flavonoid.


Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah
10. Cokelat
Cokelat hitam atau dark chocolate merupakan cokelat yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Mengkonsumsi coklat hitam sekitar 150 kalori cokelat yang mengandung 60 persen kandungan cocoa bisa menjadi diet sehat untuk para penderita penyakit jantung.

Inilah 10 makanan sehat untuk jantung yang bisa menjadi pilihan Anda. Terima kasih semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan Sehat Untuk Jantung Lemah

0 komentar:

Post a Comment