Saturday, 26 October 2013

10 Cara Mengoptimalkan Nutrisi dan Melindungi Jantung


بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

KesehatanTips kesehatan kali ini akan menyampaikan tentang beberapa memilih makanan yang bernutrisi dan melindungi jantung. Tahukah Anda memilih makanan untuk dimakan dapat berpengaruh pada kesehatan jantung Anda? Dan memilih makanan yang tepat dapat membantu mengontrol tekanan darah dan kadar kolestrol juga. Di sini saya akan membantu Anda memilih makanan  yang bergizi dan lezat untuk membantu menjaga kesehatan Anda.

Selain makanan yang baik untuk kesehatan jantung Anda, makanan tersebut juga harus bisa membantu mengontrol kadar kolestrol darah, tekanan darah, glukosa dan trigliserida, karena itu semua adalah faktor terjadinya penyakit jantung dan ketika hal tersebut tidak seimbang resiko terkena penyakit jantung dapat meningkat.

Untuk kesehatan jantung sangat penting untuk melakukan olahraga, berhenti merokok bagi yang merokok dan memakai obat yang dianjurkan dokter. Makanan yang baik juga bagian yang penting untuk merawat kesehatan jantung Anda. Berikut 10 Cara Mengoptimalkan Nutisi dan Melindungi Jantun.

1. Perhatikan porsi
Jika Anda makanan terlalu banyak mengandung kalori, Anda akna menambah berat badan yang dapat meningkatkan masalah kesehatan jantung. Jika Anda sudah memiliki berat badan yang ideal maka pertahankanlah dengan tetap makan makanan yang sehat dan jika Anda memiliki kelebihan berat badan, cobalah untuk mengurangi jumlah kalori yang anda makan. Minumlah air putih untuk membantu mengontrol kalori Anda.

2. Perbanyak makan buah dan sayur
Meningkatkan asupan buah-buahan dan sayur-sayuran adalah cara yang baik untiuk menjaga kesehatan jantung Anda, karena buah dan sayur tinggi akan vitamin, antioksidan, mineral dan serat, jadi dengan makan sebanyak setengah piring buah dan sayur dapat membantu mengendalikan berat badan Anda.

Makanlah makanan yang kaya akan kalium untuk menjaga tekana darah Anda, contohnya seperti bayam, pepaya, pisang, mangga, ubi jalar, melon dan lain-lain.

3. Pilihlah biji-bijian
Semua biji-bijian menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Biji-bijian seperti beras merah dan gandum mengandung 3 unsur nutrisi penting yaitu vitamin, serat, dan endosperm. biji-bijian tersebut lebih baik dimakan dalam keadaan utuh (tidak dijadikan tepung karena jika dijadikan tepung banyak nutrisi yang terbuang). Makanlah 3-6 ons sehari biji-bijian. Jika Anda bosan dengan gandum utuh atau beras merah anda bisa mencoba yang lain, seperti soba, millet atau barley yang sangat baik untuk Anda yang memiliki kolestrol tinggi, karena bahan-bahan tersebut mengandung serat larut. Sarapan merupakan waktu yang tepat untuk menambah asupan biji-bijian untuk hari Anda.

4. Pilih susu rendah lemak atau bebas lemak
Pilihlah susu yang bebas lemak atau rendah lemak. Jika anda membeli susu lihatlah pada label yang bertuliskan rendah lemak atau bebas lemak. Produk susu yang mengandung lemak jenuh tinggi dan lemak trans  dapat meningkatkan kadar kolestrol.

Mengonsumsi 3 porsi susu rendah lemak dapat membantu melindungi serangan darah tinggi. Jenis susu yang mengandung kalsium, magnesium, kalium, vitamin D dan protein sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

5. Pilih Ikan
Makanlah ikan setidaknya 2 kali seminggu. Ikan salmon atau ikan trout banyak mengandung omega 3 yang dapat menstabilkan tingkat trigliserida dan mengurangi resiko detak jantung yang tidak normal, nikmati ikan dengan cara dipanggang, dibakar, direbus, atau dipepes agar lebih sehat.

Bila tidak dapat menemukan ikan bisa diganti dengan daging rendah lemak atau ayam tanpa kulit.

6. Pilihlah kacang-kacangan.
Mengkonsumsi kacang seperti kacang polong, lentil dapat membantu menurunkan kadar kolestrol. Kacang mengandung serat larutdan kaya akan nutrisi yang dapat membuat jantung lebih sehat.

Kacang mengandung  campuran nutrisi komplek, senyawa tanaman yang bermanfaat, serat dan lemak tak jenuh tunggal dan  tak jenuh ganda. Cobalah makan 4 porsi seminggu untuk makan ini. Tapi ingat kacang merupakan sumber kalori yang terkonsentrasi, jadi nikmati 1/4 cangkir saja alam sehari.

7. Pilih lemak baik
Dalam melakukan diet lemak juga masih dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda memiliki efek positif pada kesehatan Anda. Lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dapat membantu mengurangi kolestrol, trigleserida dalam darah dan menurunkan resiko penyakit jantung. makan yang mengandung lemak tak jenuh diantaranya alpukat, ikan, dan kacang-kacangan, Anda juga bisa mencoba produk yang dibuat dari minyak nabati, seperti salat dan mayones.

Lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kadar kolestrol, sehingga kurangi konsumsi makan yang mengandung lemak jenuh dan trans seperti gorengan dan olahan makanan yang dibuat dengan minyak terhidrogenasi parsial dan biasanya terdapat dalam susu dan daging. lemak jenuh ditemukan dalam makanan seprti keju, makanan penutup, mentega dan daging berlemak.

8. Kurangi sodium
Dengan mengurangi atau tidak menggunakan garam sebenarnya itu hanya mengurangi zat sodium sebesar 5%. Sekitar 75% sodium berasal dari makanan olahan seperti saus, makanan beku, bumu, keju olahan dan makanan penutup yang terbuat dari gandum.

Mengurangi asupan sodium akan membantu menurunkan tekanan darah. Makanlah makanan yang mengandung sodium kurang dari 1.500 mg per hari. Ketika membeli makanan kemasan lihat pada label dan pilihlah yang mengandung 140 mg sodium per porsi atau tanpa garam.

9. Kurangi konsumsi gula
Makanan olahan sering dikemas denga gula. seperti permen, es krim dan produk roti. Gula banyak mengandung kalori yang bisa berakibat buruk terhadap kesehatan jantung.

Diet gula dapat mengurangi kadar trigleserida tinggi. Batasi penggunan gula, disarankan sekitar 100 kalori (6 sendo teh) untuk perempuan dan 150 kalori (9 sendok teh) untuk laki-laki.

10. Hindari/ kurangi alkoho
Untuk yang satu ini harus benar-benar dihindari, walaupun penelitian terbaru menunjukan dengan mengonsumsi alkohol moderat menawarkan beberapa perlindungan terhadp penyakit jantung pada sebagian orang namun hal ini belum jelas.

Namun mengkonsumsi alkohol walaupun hanya sedikit dapat berbahaya dan menyebabkan resiko yang serius. Kelebihan alkohol dapat mengakibatkan meningkatnya tekanan darh tinggi, kadar trigleserida naik dan resiko mengalami struk.


Inilah 10 Cara Mengoptimalkan Nutisi dan Melindungi Jantung  Anda agar tetap sehat, semoga dengan artikel ini anda dapat tetap menjaga kesehatan dan dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan lancar. Terima kasih semoga bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Cara Mengoptimalkan Nutrisi dan Melindungi Jantung

0 komentar:

Post a Comment