Monday, 9 September 2013

Pola Makan Sehat Menurut Yin Yang


Pola Makan Sehat Menurut Yin Yang - Di Dunia ini segala sesuatu tercipta dengan dua rupa seperti siang malam, bahagia sedih, suka duka, hidup mati dan masih banyak lagi. Konsep keseimbangan ini telah ada sejak zaman dahulu dan dalam masyarakat Cina khususnya yang menganut aliran Tau konsep ini disebut dengan Yin Yang, Yin memiliki arti gelap, pasif, dingin, lemah atau bisa diartikan sebagai segala unsur negatif di alam. Sedangkan Yang memiliki arti terang, aktif panas, kuat atau dapat diartikan sebagai unsur positif di alam. Konsep Yin dan Yang ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti pengobatan, seni bela diri cara hidup dan pola makan. Kali ini saya akan menulis tentang pola makan sehat menurut Yin Yang.

Pola Makan Sehat Menurut Yin Yang
Tidak hanya didunia fasion setiap tahunnya pola makanan sehat juga selalalu mengalami perubahan pada 2011 lalu pola makan sehat yang berbahan segar serta berkalori rendah menjadi pilihan utama berdasarkan berita salah satu saluran TV dunia ada tren makanan yang marak pada tahun 2011 diantaranya: Makanan berkaleng, aplikasi makanan di ponsel, penghitung nilai gizi, mendukung petani lokal, makanan segar tiap hari, mencoba makanan baru hingga makanan yang bisa membuat awet muda. Tren makanan juga beda disetiap negara di Inggris misalnya pola makan diluar atau direstoran serta dilakukan sambil jalan menjadi pilaihan tahun 2011. Di Indonesia sendiri pada tahun ini tren makan hampir sama seperti tahun 2011 yaitu lebih mengutamakan kekhasan atau makanan tradisional. Menasuki tahun 2012 tren pola makanan kembali bergeser, para peneliti kesehatan dari Institute Vibren Living telah menyelidiki tren kesehatan macrobiotik. Menurut bahasa Yunani macrobiotik artinya umur panjang. Walau macrobiotik adalah sebuah pendekatan untuk kesehatan yang didasarkan pada konsumsi Yin dan Yang atau pola makan bergizi penuh semangat serta seimbang, pengikut setia pada diet macrobiotik percaya bahwa makan berkerja secara harmonis unntuk menyetel kembali enegi alami dalam tubuh, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Umumnya diet ini rendah lemak dan tinggi serat dengan penekanan pada buah-buahan musiman, organik, sayuran, biji-bijan protein nabati dan daging terbatas, berikut sejumlah rangkuman pola makan sehat menurut Yin Yang:


Pola makanan sehat menurut Yin Yang selalu melihat makanan dari asal usulnya serta bagaimana mereka tumbuh. Apakah makanan itu tumbuh di atas atau di bawah tanah. Ini akan menentukan natrium atau kalium yamg terkandumg dalam makanan tersebut makanan yang masuk dalam kelompok Yin kaya kalium serta dianggap dingin dan bergizi unntuk tubuh, bahan atau sumber makanan ini biasanya tumbuh diatas tanah. Makana dingin bisa dilihat dari warnanya yang putih. Sedangkan makanan Yang lebih tinggi sodium sehingga dianggap hangat dan kering untuk tubuh. Makanan ini biasanya tumbuh dibawah tanah dan bisa dilihat dari warnanya yang merah, kuning, orange atau gelap. Sementara itu buah-buahan yang memiliki energi Yin Yang adalah mentimun, bagian pangkalnya mengandung Yang sedangkan laiinya terutama yang berwarna putih mengandung Yin. Mentimun dianggap bermanfaat menjaga kesetabilan hormon tiroid, berbeda dengan semangka bagian berwarna merahnya mengandung energi Yin sedangkan bagian putihnya mengandung energi Yang agar mendapatkan unsur Yin Yang secara sempurna maka hendaknya dimakan secara bersamaan. Semangka merupakan makanan bermanfaat untuk prostat. Air kelapa juga masuk unsur Yin Yang karena memiliki kandungan ineral tinggi. Air kelapa yang segar dapat membersikan racun-racun yang ada pada darah.


Selain jenis serta asal usul makana cara memasak dan penyajian juga turut menentukan. Cara memasak Yin dilakukan dengan cara dikukus atau direbus. Jenis makanan yang masuk katagori ini adalah buah-buahan, sayuran, legung, serta kerang-kerangan. Sedangkan cara memasak yang kebanyakan digoreng atau dengan mengunakan minyak dan makanan yang masuk dalam jenis ini adalah daging, ikan, tomat, serta cabai. Sementara itu makanan yang dianggap memiliki netral untuk tubuh adalah beras, pasta, sayuran, legung, kentang, gula putih, serta madu. Waktu penyajian makanan Yin adalah pada tengah malam sampai pukul 06.00 atau pada waktu menuju waktu yang dan paling tepat pada musim dingin, gugur, dan hujan sedangkan Yang disajikan pada pukul 06.00 sampai pukul 12.00 dan. paling tepat pada musim semi, panas atau kemarau. Sementara pada pukul 12.00 siang sampai 06.00 sore makanan yang disajikan adalah Yang menuju Yin.


Makanan Yin dan Yang juga dikaitkan dengan elemen alam, pertama elemen api yaitu makan yang memiliki rasa pahit dan energi ekspansif seperti kesedihan dan duka cita elemen ini bisa mempengaruhi jantung dan usus kecil, kemudiaan elemem bumi adalah makanan yang memiliki rasa manis dan rendah kalori, makanan yang masuk dalam elemen ini mempengaruhi limpa dan jantung. Selanjutnya elemen logam yang karakter rasanya pedas dan menghasilkan energi kesedihan dan harapan, makanan ini mempunyai efek pada paru-paru dan usus besar. Elemem air memiliki rasa asin dan energi mengambang seperti rasa takut. Ginjal dan kandung kemih dipengaruhi makanan ini. Terakhir adalah elemen kayu yang memiliki rasa asam dan energi naik seperti kemarahan dan kebaikan hati dan kandung empedu dipengaruhi elemen ini.


Saat mengonsumsi makanan hendaknya memperhatikan keseimbangan Yin dan Yang, jika kelebian salah satunya dapat berakibat tidak baik pada tubuh, seperti misalnya terlalu banyak memakan daging terus menerus atau sayuran. Jika kita sering makan makanan katagori tertentu maka asupan gizinya tidak akan seimbang. Seperti daging yang digoreng akan membuat tubuh kelebihan lemak jenuh yang dapat membahayakan jantung. Sebaliknya jika makan makanan yang direbus saja makan akan membuat tubuh kekurangan lemak. Contoh saat mengonsumsi steak yang masuk kategori yang sebaiknya diseimbangkan dengan semangkuk sayuran rebus yang dibumbui remapah-rempah atau salat hijau. Jika mengikuti pola makanan Ying Yang dapat mengurangi penggunaan obat kimia. Diet sesuai golongan darahpun menggunakan prinsip Yin Yang misalnya Golongan darah O mempunyai unsur Yin lebih kuat kerenanya perlu lebih banyak mengonsumsi makanan berenergi Yang. Sedangkan Golongan darah A dikatakan mempunyai unsur Yang lebih Kuat karenanya perlu lebihh banyak mengonsumsi makanan berebergi Yin. Demikianlah pola makanan sehat menurut Yin Yang semoga bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pola Makan Sehat Menurut Yin Yang

0 komentar:

Post a Comment